Peternakan, Universitas Brawijaya

Peternakan Universitas Brawijaya (Fahri)

Peternakan Universitas Brawijaya (Fahri)

Halo sobat intipers! Aku Fahri dari Peternakan Universitas Brawijaya angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Peternakan Universitas Brawijaya itu seperti apa?

Peternakan itu sesuai dengan namanya, kita belajar tentang penanganan ternak, nutrisi makanan ternak, pengolahan hasil ternak, dan sosial ekonomi di bidang peternakan itu sendiri.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Peternakan Universitas Brawijaya?

Dulu itu sebenernya masuk peternakan masuk SBMPTN, dan ini tuh pilihan ketiga. Pilihan pertama itu Statistika. Dulu ekspektasi saya dan orang pada umumnya berpikir lulusan peternakan hanya bisa jadi peternak, padahal enggak. Peternakan lebih luas dari itu. Kita belajar banyak hal, baik itu teori maupun praktikum di laboratorium atau lapang.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Semester 1 itu masih dasar, banyak mata kuliah yang sebenernya sudah dipelajari saat SMA, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, Biologi, Biokimia. Dari semester 1 udah ada praktikumnya, sampai naik tingkatan praktikum semakin bertambah. Semester 2 ada 8 mata kuliah dan 6 diantaranya praktikum. Di semester 3 itu ada 8 mata kuliah dan semuanya praktikum, bahkan di satu mata kuliah ada 3 praktikum. Praktikumnya itu tentang ulat, kelinci dan lebah yang di semester 3.

Praktikum penyuluhan jadi favorit saya karena praktikumnya ke masyarakat. Dalam praktikum ini kita langsung terjun ke masyarakat, sekalian bisa melatih softskill kita.

 

Ketika praktikum

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Peternakan Universitas Brawijaya?

Ada 4 dan dilaksanakan di semester 6. Jadi mahasiswa itu memilih peminatannya terus diseleksi oleh pihak akademik dan nanti diumumkan. Seleksinya itu dilihat dari gimana kita menempatkan peminatannya, nilai mata kuliah misalnya kalau pilih minat teknologi hasil ternak itu sebisa mungkin nilai di mata kuliah ekologi hasil ternak harus bagus, kalau nilai tidak mencukupi bisa kelempar ke minat lain.

  1. Produksi ternak: berkonsentrasi meneliti suatu ternak. Tentang produksinya dalam rentang waktu tertentu.
  2. Nutrisi dan makanan ternak: berkonsentrasi pada pembuatan pakan ternak maupun pengontrolan pakan yang bernutrisi.
  3. Teknologi hasil ternak: berkonsentrasi pada pembuatan produk alah ternak seperti produk susu, madu dan telur.
  4. Sosial ekonomi peternakan: membahas seputar sosial pada bidang peternakan, misalnya penyuluhan ke peternak serta ekonominya misalnya menghitung biaya tetap suatu perusahaan peternakan.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 jalur, SNMPTN, UTBK dan jalur mandiri. Info tentang jalur mandiri bisa diakses di web UB ya. Penerimaan tiap angkatannya beragam, cuma di angkatan saya itu yang diterima 700 orang dari semua jalur penerimaan.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Pertama, pastinya kita harus mengenali jurusannya dulu. Kedua, jangan sungkan sharing dan bertanya ke kakak tingkat karena dengan begitu kita bisa menambah wawasan dan membuat persiapan kita lebih matang. Lalu, harus belajar memanajemen waktu karena praktikumnya padat apalagi untuk adik adik yang mau ikut organisasi agar semuanya bisa balance.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya, itu bisa bekerja di industri peternakan, jadi petugas penyuluh, wirausaha, peternak mandiri dan masih banyak prospek kerja lainnya.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencananya mulai apply kerja, mulai cari lowongan kerja.

Q&A

  1. Kuliah di Peternakan Universitas Brawijaya asik gak?

Asik banget dik, karena kuliahnya gak hanya di kelas tapi di lab sama di lapangan. Biasanya kalau di lapang itu di laboratorium lapang yang letaknya 10km dari UB. Lalu ada juga di peternakan lebah Kembang Joyo. Kita juga praktikum di rumah potong hewan, ini sedikit unik karena diadakan tengah malam, sekitar jam 10 hingga pagi keesokan harinya.

Kode Konten: C121

Komen dibawah! 2

  1. Nindya

    Hai kak izin bertanya, apa yang harus disiapkan kalau ingin kuliah di fapet ub? Terimakasih kak

  2. Ari

    Hai Nindya, terimakasih atas pertanyaannya. Bagus banget nih pertanyaannya hehe. Apa aja sih harus disiapkan kalau ingin kuliah di fapet ub? Nah, kakak mau ngasih informasi nih kalau di peternakan sendiri tidak hanya belajar tentang teori saja, tapi juga mahasiswa peternakan melakukan praktik di lapangan. Pengalaman kakak saat kuliah dulu kakak pernah praktikum di laboratorium kampus, pernah juga di laboratorium lapang, penyuluhan, bahkan pernah juga kunjungan ke rumah warga yang memiliki usaha ternak. Untuk teori didalam perkuliahan sendiri nantinya akan membahas seputar produksi ternak, nutrisi dan makanan ternak, sosial dan ekonomi bidang peternakan, dan teknologi hasil ternak. Jadi yang harus dipersiapkan adalah mencari tahu terlebih dahulu seluk beluk jurusan peternakan khususnya fapet ub seperti apa. Selain itu bisa baca-baca juga ilmu-ilmu peternakan dari berbagai sumber, baik itu dari buku, internet, jurnal, ataupun media lainnya, sehingga Nindya sudah punya gambaran awal untuk masuk ke jurusan peternakan. Sekian jawaban dari kakak. Terimakasih.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *