Peternakan

Peternakan Universitas Jambi (Tanti)

Peternakan Universitas Jambi (Tanti)

Halo intipers. Salam Kenal. Saya Ariyani Tanti, biasa dipanggil Tanti. Mahasiswi jurusan Peternakan Universitas Jambi (Unja) angkatan 2016. Alhamdulilah, saya baru menyelesaikan masa studi dan sekarang saya ingin berbagi pengalaman selama saya kuliah di jurusan Peternakan. Inilah cerita saya. Check it Out !

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang diperlajari di Peternakan Universitas Jambi?

Sesuai namanya, jurusan yang saya pilih ini membahas tentang dunia peternakan. Mulai dari kamus bahasa peternakan, jenis-jenis ternak, bagian tubuh ternak, makanan ternak, lingkungan ternak, pengolahan hasil ternak, sampai manajemen usaha peternakan. Semua dipelajari secara bertahap pada masing-masing semester yang akan ditempuh selama perkuliahan. Selain teori-teori yang disampaikan oleh para dosen di dalam kelas juga ada kegiatan praktek lapangan/praktikum mengenai teori yang sudah diajarkan. Saat kegiatan praktikum inilah kita dapat melihat, memahami dan melakukan apa yang teori-teori katakan. Biasanya pada kegiatan praktikum kita akan memperoleh hasil yang berbeda dari teori yang ada. Contohnya pada saat praktikum memelihara ayam pedaging sampai umur 35 hari diperoleh bobot badan ayam tersebut 1,3 kg. Sedangkan teori yang ada mengatakan bahwa ayam pedaging umur 35 hari memiliki berat badan 1,5 kg. Mengapa hal itu bisa terjadi ? karena adanya pengaruh dari faktor lain yang berada diluar kendali, seperti faktor genetik.

Anggapan Invalid Tentang Jurusan Peternakan

Banyak anggapan orang yang mengira bahwa jurusan peternakan adalah jurusan yang level bawah, hanya mengurus kandang sapi dan ternak saja. Namun faktanya bukan seperti itu. Kita mengenal gizi, nutrisi, protein, karbohidrat dan sebagainya itu semua  dari ilmu peternakan. Bahkan semua makanan yang kita makan merupakan bagian dari peternakan. Beberapa orang juga mengira bahwa jurusan peternakan masa depan nya kurang bermutu, kata siapa ? banyak sekali prospek kerja pada peternakan, tidak hanya khusus untuk Peternakan saja tetapi kita bisa bekerja di bidang perbankan, media masa, agribisnis dan prospek kerja lainnya, karena di jurusan Peternakan kita bisa belajar tentang manajemen.

Dunia peternakan butuh sebuah perubahan manajemen dari yang biasanya hanya bersifat kekeluargaan menjadi manajemen yang berbasis modern agar dapat lebih maju. Peran kita sebagai pemuda hendaknya bisa merubah pola pikir bahwa bekerja harus di instansi pemerintah atau pegawai negeri sipil. Sejatinya, menjadi pengusaha adalah pilihan yang tepat di era modern seperti ini yang harus dijalani generasi milenial yang butuh banyak kebebasan. Dengan kuliah di jurusan peternakan maka diharapkan lulusan jurusan peternakan nantinya bisa memiliki jiwa wirausaha yang tinggi dan bisa menyerap tenaga kerja yang banyak sehingga dapat mengurangi pengangguran yang cukup banyak sekarang ini.

schooters

Mata kuliah dan Dosen favorit?

Banyak mata kuliah yang dipelajari, seperti pengantar ilmu peternakan, ilmu nutrisi ternak, produksi dan nutrisi ternak unggas, produksi dan nutrisi ternak perah, produksi dan nutrisi ternak potong, analisa sosial dan lingkungan ternak, perundang-undangan dan kebijakan peternakan, kesehatan ternak, fisiologi ternak, teknologi pakan ternak, ilmu pengolahan hasil ternak, hijauan pakan ternak, evaluasi pakan, manejemen ladang penggembalaan, manejemen usaha ternak, dan masih banyak lagi. Mata kuliah favorit saya ada dua. Yang pertama, mata kuliah evaluasi pakan dan mata kuliah produksi dan nutrisi ternak unggas. Hal menarik yang dipelajari di mata kuliah evaluasi pakan ini adalah karena ketika belajar saya mendapatkan pengetahuan tentang berbagai jenis bahan yang bisa dijadikan sebagai pakan ternak, seperti bungkil inti sawit, kulit kerang, daun petai cina dan kerabang telur yang menurut saya tidak irasional. Namun semua bahan itu memiliki nutrisi yang dapat dimanfaatkan oleh ternak.

Mata kuliah kedua yang bermakna, yaitu produksi dan nutrisi ternak unggas. Di mata kuliah ini diajarkan mengenai berbagai jenis unggas, seperti ayam, angsa, puyuh, itik, kalkun, dan burung merpati. Selain itu juga dijelaskan mengenai proses bagaimana telur terbentuk. Insight dari mata kuliah ini banyak berguna bagi saya dalam penyelesaian tugas akhir (skripsi) saya. Sementara, dosen favorit saya adalah Buk Nurhayati dan Buk Berliana. Menurut saya, mereka menyampaikan teori secara sederhana namun mudah dimengerti dan dipahami.

Apa Saja Konsentrasi di Peternakan Universitas Jambi?

Konsentrasi di jurusan Peternakan disebut minat. Terdapat empat minat di jurusan Peternakan, yaitu Nutrisi ternak, Produksi ternak, Teknologi hasil ternak, dan sosial ekonomi peternakan. Setiap mata kuliah minat bisa dikontrak mulai dari semester 3. Minat ini menentukkan sasaran kita sebagai pelaksana kegiatan peternakan. Contohnya, saya mengambil minat nutrisi ternak, maka saya akan sering melakukan praktek mengenai bahan makanan ternak mulai dari analisis kandungan nutrisi pakan ternak sampai pada studi banding ke industri pakan ternak. Sedangkan teman saya yang memilih minat teknologi hasil ternak akan sering melakukan praktikum pengolahan hasil ternak seperti membuat bakso dari daging puyuh atau membuat sosis dari daging kelinci.

Kegiatan Praktikum

Tips-tips untuk Maba di Jurusan Peternakan Universitas Jambi

Mata kuliah di jurusan Peternakan ini saling berkaitan. Pelajari dan pahami semua mata kuliah dasar agar mudah mengerti ilmu lanjutan dari mata kuliah dasar tersebut. Jangan malu atau ragu untuk bertanya kepada dosen atau kakak tingkat (senior) tentang materi yang kurang dimengerti. Selain itu juga harus sering-sering berkunjung ke peternakan rakyat untuk mendapatkan ilmu dari yang sudah berpengalaman, sehingga bisa memiliki sudut pandang yang berbeda tidak hanya terpaku pada teori yang ada.

Jurusan peternakan biasanya berteman akrab dengan yang namanya tugas dalam bentuk makalah atau laporan kegiatan praktikum yang telah dilaksanakan. Dalam 1 semester paling tidak ada 4 mata kuliah yang mewajibkan pelaksanaan praktikum. Diakhir semester biasanya terjadi kekacauan karena tugas laporan yang belum diselesaikan sudah menumpuk, ditambah lagi jika laporan itu dibuat menggunakan tulisan tangan. Jadi kita dari awal sudah harus mengatur waktu dengan baik agar semua tugas dapat selesai tepat waktu. Jika terpaksa SKS (Sistem Kebut Semalam), maka SKS-lah dengan cerdik dan bijak.

Pilih organisasi/kegiatan yang kamu sukai. Jangan ikut-ikutan !

Tips selanjutnya adalah ikuti organisasi/kegiatan yang kamu sukai. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan di universitas seperti program exchange, seminar, lomba karya tulis, lomba debat, olimpiade, lomba seni, kegiatan himpunan Jurusan, BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM, dan masih banyak lagi. Ikuti kegiatan-kegiatan tersebut dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman. Kegiatan itu akan mengasah soft skill serta menambah pengalaman berkesan yang akan kamu kenang setelah lulus.

Ikuti kegiatan yang menurut kamu sesuai dengan kemampuan yang ingin kamu tingkatkan, jangan ambil terlalu banyak kegiatan hanya karena ikut-ikutan teman. Mungkin pada awalnya, kamu bingung untuk mengambil kegiatan apa yang akan diikuti, pada keadaan tersebut boleh saja kamu ambil banyak kegiatan untuk menyeleksi mana yang paling sesuai dengan diri kamu. Tips yang terakhir, ikuti kegiatan magang diperusahan atau di instansi pemerintah yang berkaiatan dengan bidang peternakan, karena ilmu dan pengalaman yang didapat akan sangat berharga untuk dijadikan babak latihan sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumni lulusan Peternakan kebanyakan bekerja diperusahaan pakan ternak, perusahaan obat hewan, instansi pemerintah, peneliti,  dan tenaga didik/dosen. Namun ada juga yang bekerja sebagai pejabat publik dan banking.

Bagaimana jika tidak dapat kerja? Tenang. Salah satu keuntungan yang dimiliki oleh lulusan peternakan adalah memungkinkan untuk melakukan usaha atau berwirausaha. Karena pada dasarnya jurusan peternakan juga telah memilki sebuah potensi yang sangat mendukung untuk dapat di jadikan sebagai sebuah prospek yang hasilnya berupa peluang pekerjaan yang menguntungkan.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Jujur, setelah lulus saya mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan S2 agar lebih berkembang lagi sambil mengeksplorasi peluang-peluang yang ada dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti magang-magang di berbagai pekerjaan. Setelah itu, saya ingin mengasah kemampuan di bidang peternakan dengan mengikuti berbagai pelatihan/pendidikan agar saya bisa memiliki usaha peternakan sendiri karena menurut saya peluang usaha dibidang peternakan ini cukup menjanjikan.

Kode konten: X273

Komen dibawah! 4

  1. Wulandari

    Dulu kakak masuk unja lewat apa ptn sbmptn atau lain lainnya?

  2. Wulandari

    Kalau di desa nantinya kerja apa kak

    • ariyanitanti

      Kalau ada rezeki bisa buka usaha sendiri, seperti jual Pakan ternak, pupuk kompos, atau bahkan buka usaha perternakan juga. Bisa menerapkan ilmu2 yg sudah Kita pelajari. Apalagi didesa banyak masyarakat yg beternak, walaupun dengan jumlah ternak yang sedikit.
      Kalau tidak salah bisa jadi penyuluh juga.
      Ilmu yang Kita tetapkan insyaAllah berkah ???

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *