Peternakan, Universitas Sumatera Utara

Peternakan Universitas Sumatera Utara (Masterlin)

Peternakan Universitas Sumatera Utara (Masterlin)

Halo intipers. Perkenalkan saya Masterlin Lase, mahasiswa jurusan Peternakan Universitas Sumatera utara angkatan 2016. Disini saya akan membagikan pengalaman kuliah yang sudah saya lalui setelah 8 semester dijurusan Peternakan. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari Di Peternakan Universitas Sumatera Utara?

Peternakan, mungkin yang dipikiran kita pasti hal hal yang berbaur hewan. Namun yang dipelajari dipeternakan tidak hanya mengenai hewan saja melainkan kita akan belajar bagaimana meresep makanan ternak agar cepat besar. Bukan dengan cara suntik seperti hoax yang tersebar di masyarakat. Belajar mengenai kesehatan ternak, menghitung analisis usaha, politik, hukum dan banyak lagi. Contohnya saja kalian ingin beternak ayam, pasti yang dipikirkan yaitu gimana cara cepat membesarkan ayam, berapa modal yang saya butuhkan, apakah untungnya besar, apakah saya beternak tidak perlu melakukan izin. Dari contoh tersebut kita bisa memahami mengapa jurusan peternakan mempelajari berbagai disiplin bidang ilmu seperti politik, hukum, manajemen, dan agribisnis.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa bedanya Peternakan Universitas Sumatera Utara dengan kedokteran hewan?

Peternakan dan dokter hewan memiliki kesamaan dan perbedan yaitu dokter hewan dan peternakan sama sama mempelajari mengenai anatomi dan fisiologi ternak, mengenai pakan dan manajemen ternak. Hal yang membuat sangat berbeda peternakan dan kedokteran hewan adalah peternakan lebih membahas mengenai manajemen ternak hingga besar dan dipasarkan. Sedangkan dokter hewan membahas mengenai kesehatan hewan pada masa pemeliharaan ternak/ bersamaan dengan manaejemen ternak. Baik itu vaksinasi yang dilakukan peterrnak dan dokter hewan sebagai pengecheck titer darah ayam setelah divaksin dan hal-hal lain yang mungkin peternakan dan kedokterna hewan saling melengkapi.

Mengenai kebijakan di lapangan dokter hewan bisa melakukan pembedahan ternak milik peternak karena memiliki izin. Sedangkan lulusaan peternakan tidak bisa. Mengenai diindustri pakan lulusan peternakan sebagai peramu nutrisi pakan dan dokter hewan sebagai izin edar pakan yang dibuat oleh lulusuan peternakan apakah layak terhadap kesehatan ternak dan terkhususnya manusia dikemudain hari. Jadi bagi teman teman peternakan dan dokter hewan memiliki eratan yang kuat tetapu memiliki perbedaan dalam hal kebijakan di lapangan.

Mata kuliah di Peternakan Universitas Sumatera Utara dan Dosen Favorit

Mata kuliah yang dipelajari sangat banyak. Ada ilmu nutrisi ternak, lading penggembalaan ternak, formulasi ransum ruminansia, formulasi ransum non ruminansia, agribisnis peternakan, teknologi hasil ternak, kewirausahan,  manajemen ternak unggas, manajemen ternak potong, manajemen ternak perah, kesehatan ternak dll. Mata kuliah favorit saya adalah formulasi ransum non ruminansia dan teknologi hasil ternak. Hal menarik dari materi formulasi ransum non ruminansia adalah materi ini memacu daya analisis saya dalam pembuatan pakan ternak dengan kebutuhan asupan gizi yang dibutuhkan oleh siternak perharinya untuk mencapai produksi ternak yang kita inginkan. Apabila kita sangat menguasai ini kita bisa jadi formulator dan digaji dengan bayaran mahal oleh industri pabrik pakan karena formulator pakan kunci keberhasilan industri pakan.

Hal menarik kedua yang saya dapat dari materi teknologi hasil ternak dimana saya diajak untuk dapat berinovasi dan memanfaatkan segala yang ada dalam diri terna. Mulai dari daging sampai feses ternak yang bisa dijadikan olahan. Misalnya pembuatan pengolahan feses sapi jadi pupuk tanaman, urin domba sebagai pencegah hama pada tanaman, kulit sapi jadi bahan untuk pembuatan tas, daging bisa diolah jadi bakso dan susu bisa diolah menjadi yuogurt dan kefir dll.

                                                                                                    Kegiatan praktikum

Konsentrasi di Peternakan Universitas Sumatera Utara?

Konsentrasi di jurusan peternakan ada 3. Pemiinatan nutrisi ternak, produksi ternak, sosial ekonomi ternak. Peminatan jurusan yang dilakukan pada semester 6. Konsentrasi nutirisi ternak membahas mengenai kebutuhan asupan gizi ternak, struktur kimia dsb. Produksi ternak membahas mengenai penggemukan ternak, rekayasa genetika, dan inseminasi buatan/kawin suntik. Konsentrasi sosial ekonomi petrnakan membahas financial peternakan, kehidupan sosial peternakan, dan agribisnis peternakan meliputi hulu dan hilir peternakan.

Tips-tips untuk maba dijurusan peternakan USU

Mata kuliah di jurusan peternakan sangat banyak dan lebih sering berbaur terjun kelapangan. Materi yang diberikan tidak secara detail karena waktu tidak cukup untk menjelaskan semua secara rinci tiap pertemuan kuliah. Maka disarankan, untuk menambah ilmu maka mahasiswa baru harus banyak menggali lagi. Baik melalu buku yang dibaca, video youtube dan berkunjung kepeternakan rakyat untuk menggali ilmu dan melihat kasus kasus yang terjadi dan bisa menjadi bahan pertanyaan yang bisa ditanyakan ke dosen pengampu mata kuliah.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ikuti Organisasi dan Magang

Selain dari kuliah di kelas perlu adanya kegiatan lain yang harus diikuti yang dapat menunjang soft skill, wawasan dan semangat. Seperti UKM, kegiatan panitia kampus, dan organisasi jurusan hingga universitas. Hal lain yang perlu kita ikuti tinjau lapangan kepeternakan rakyat dan magang keperusahaan, ilmu dan kasus dilapangan akan banyak kita dapat dang cara penanganannya serta kita akan dapat megetahui perkembangan teknologi peternakan tang terbaharukan didunia peternakan.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya Kerja?

Hal yang saya tahu dari informasi yang diberi alumni melalu kegiatan kegiatan yang dilakukan dijurusan alumni memberi informasi bahawasannya prospek peternakan banyak bisa menjadi formulator industri pakan, entrepreneur, Quality control, Sales/marketing, supervisor breeding(pembibitan), Supervisor Hatchery(peneetasan), ASN dan masih banyak lagi.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Harapa saya setelah lulus saya ingin bekerja terlebih dahulu diindustri pabrik pakan. Karena saya ingin megasah pengetahuan saya mengenai teknologi pakan dan setelah ilmu sudah saya dapat saya inggin membagun industri penggemukan ternak yang berbaur non ruminansia. Karena usaha peternakan sangat menjanjikan baik dari hulu hingga hilir.

Kode konten: X447

Komen dibawah! 2

  1. Selvia Doranti

    Sangat bermanfaat

  2. Agung Saputra Hasibuan

    Beri saya kk kisi-kisi supaya bisa masuk jurusan Peternakan di USU. 2021

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *