Peternakan, Universitas Padjadjaran

Peternakan Unpad (Claudyne)

Peternakan Unpad (Claudyne)

Yuk Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Peternakan UNPAD!

Hai Sobat Intipers! Perkenalkan saya Claudyne Li, mahasiswi Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran angkatan 2017. Di sini saya ingin membagikan beberapa informasi-informasi seputar dunia peternakan di fakultas saya. Simak yuk artikelnya, semoga bermanfaat ya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

BELAJAR APA SAJA DI JURUSAN PETERNAKAN UNPAD?

Pasti kalian berpikir kalau jurusan Peternakan cuma belajar tentang ternak-ternak sapi, ayam, atau bebek? bahkan yang pertama terlintas malah meme ‘peternakan lele’. Atau sering berpikir kalau lulusannya cuma jadi peternak rakyat doang yang kesehariannya hanya membersihkan feses atau kotoran ternak? Eits jangan salah lho, sektor Peternakan memberikan kontribusi besar dalam perekonomian negara. Kalau ngga ada peternakan, kita juga ngga akan bisa makan daging, susu, atau telur.

Jurusan Peternakan ngga hanya ngurusin ternak saja tapi juga mempelajari bidang Ekonomi, Kimia, Biokimia, Fisika, dan Matematika dasar. Bukan cuma dunia per-Biologian saja, kalian juga akan dihadapkan dengan Ilmu Statistika umum di semester awal. Di semester pertengahan (semester 3 dan 4) sudah mulai nih ada mata kuliah yang berbau peternakan misalnya Fisiologi Ternak, Nutrisi Ternak, Pakan dan Tanaman Makanan Ternak. Nah di sini dijamin kalian mulai pusing sama yang namanya laprak-melaprak apalagi kalau lapraknya harus ditulis tangan (ih ngga banget!!). Tapi dengan luasnya cabang ilmu yang dipelajari ini kalian bisa dapet banyak pengetahuan juga lho dan bahkan mungkin kalian juga berpikir kalau jurusan ini juga ternyata ngga kalah sama jurusan Kedokteran Hewan. Di jurusan Peternakan juga diajarkan tentang kesehatan yang mencakup pengobatan dan penyakit hewan. Jadi jangan merasa minder kalau jurusan Peternakan dianggap ngga sekeren jurusan lain.

schooters

MATA KULIAH FAVORIT

Jujur sih saya sempet menyerah juga pas semester 3 karena ada mata kuliah yang praktikumnya sore banget terus lapraknya harus ditulis tangan. Jeng jeng, mata kuliah yang dimaksud adalah Reproduksi Ternak. Sebenarnya praktikum ini seru, tapi kalau sudah sore pasti kan pikiran dan tubuh ini refleks ingin cepat-cepat ke kosan dan istirahat. Walau memang capek karena praktikum, menurut saya belajar tentang praktikum Reproduksi ini asik soalnya berhubungan dengan laboratorium dan bermacam-macam alat modernnya. Ditambah lagi asisten labnya juga seru-seru. Dari sekian banyak praktikum, mata kuliah Reproduksi ini yang paling menarik perhatian saya karena labnya bersih dan bisa dibilang ‘benar-benar’ melakukan praktikum.

TUGAS-TUGAS YANG DIDAPAT DI JURUSAN PETERNAKAN UNPAD

Kalau bicarain tugas, mungkin dari masih TK pun kalian sudah sering kan ketemu sama yang namanya tugas. Jadi di jurusan Peternakan juga ngga lepas sama tugas-menugas, ditambah lagi praktikum everytime everyday. Di jurusan ini, laporan praktikum atau laprak menjadi tugas yang bakal setiap hari kamu hadapin. Laporan praktikum bisa berupa laporan individu atau kelompok. Sebenarnya kalau laporannya individu, masih bisa dinikmati pengerjaannya karena bisa menentukan sendiri deadline ngerjain laporannya atau ngga perlu ribet untuk menghubungi teman lain. Hal yang sudah sering bikin kesal yaitu kalau temen sekelompok laprak ini susah banget dihubungi atau ngerjainnya asal-asalan. Nah persoalan ini memang sangat menguji kesabaran dan iman. Jadi, harap dimaklumi dan dibawa enjoy aja ya kalau ketemu sama temen-temen kaya gini.

KONSENTRASI YANG DISEDIAKAN JURUSAN PETERNAKAN UNPAD

Konsentrasi di jurusan Peternakan Universitas Padjadjaran ini dibagi ke dalam empat departemen. Di angkatan saya (angkatan 2017), pembagian departemen baru dirasakan ketika memasuki semester 6. Departmen-departemen tersebut, yaitu Departemen Produksi Ternak, Nutrisi Ternak, Teknologi Hasil Ternak, dan Sosial-Ekonomi. Di dalam departemen ini, nantinya akan dilakukan penjurusan lagi ke dalam beberapa laboratorium penelitian. Misalnya, di departemen Produksi Ternak ada lab. Ternak Potong, lab. Ternak Perah, lab. Pemuliaan, lab. Reproduksi, dan lab. Ternak Unggas. Begitu pula dengan ketiga departemen lainnya yang memiliki penjurusan beberapa laboratorium penelitian.

Kegiatan magang di peternakan domba garut

TIPS UNTUK MAHASISWA BARU ATAU MAHASISWA YANG SEDANG ON-GOING

Jurusan Peternakan ini selalu berkaitan dengan makhluk hidup (hewan ternak). Disarankan kalian harus punya rasa ingin tahu terhadap ternak-ternak yang dipelajari dan berbagai isu-isu atau permasalahan di dunia ternak ini. Kalian juga bisa menambah pengalaman misalnya magang atau membuka usaha yang terkait peternakan, contohnya menjual susu murni, melakukan pemasaran produk hasil ternak. Selain kalian menerapkan ilmu yang kalian miliki, kalian juga sudah melewati pengalaman berbisnis sejak dini. Dengan mencoba hal-hal baru, nantinya pengalaman ini menjadi berguna saat kalian benar-benar melakukan pekerjaan sesungguhnya di masa depan.

Sebagai mahasiswa, ngga lengkap rasanya kalau cuma jadi kupu-kupu alias kuliah-pulang saja. Cobalah untuk ikut berorganisasi (walau hanya beberapa organisasi) di dalam kampus maupun di luar kampus. Organisasi itu bukan hanya BEM fakultas/kampus saja lho, tapi juga bisa organisasi lingkungan, pengabdian masyarakat, organisasi yang mengasah bakat mahasiswa, atau organisasi lainnya. Perbanyak juga mengikuti seminar yang diadakan baik seminar offline maupun online. Selain hanya untuk mendapatkan sertifikat, jangan lupa ambil juga ilmu-ilmu dan relasi yang diberikan di seminar tersebut. Tips terakhir dan yang paling penting adalah jangan pernah malu dengan jurusan Peternakan. Memang awalnya saya juga merasakan itu, tapi semakin saya sadar bahwa peternakan ini benar-benar penting dan peluangnya bagus, rasa malu itu bisa saya hilangkan sedikit demi sedikit dengan membuktikan bahwa jurusan ini tidak kalah dengan jurusan lain. Jangan pernah menyerah dan bosan untuk mencetak prestasi kalian!

PROSPEK KERJA ALUMNI JURUSAN PETERNAKAN UNPAD

Sejauh ini sudah banyak alumni-alumni dari Fakultas Peternakan baik di UNPAD maupun universitas lain. Prospek kerjanya pun bervariasi. Alumni jurusan Peternakan bisa bekerja di perusahaan ternak seperti perusahaan ternak (seperti PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk., PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk.), perusahaan obat-obatan ternak, dosen, ataupun menciptakan usaha sendiri dengan membangun peternakan. Urusan modal untuk buka usaha? Ngga perlu khawatir karena saat ini sudah banyak kok pihak-pihak yang memberi bantuan modal untuk membuka usaha. Asalkan kalian juga merencanakan bagaimana konsep, teknis, atau segala unsur usaha kalian dengan matang.

Oiya, di semester 6 kalian akan mendapatkan mata kuliah Studi Kelayakan yang mengajarkan tentang cara-cara membuat perencanaan usaha yang bisa kalian pakai ilmunya jika ingin terjun ke dunia bisnis peternakan. Di jurusan ini, kalian juga bisa melanjutkan studi S2 atau S3. UNPAD, IPB dan UGM menawarkan perkuliahan program S2 dan S3. UNPAD pun sudah membuka program profesi bagi lulusan S1. Lulusan jurusan Peternakan memang dianjurkan untuk konsisten dengan penerapan ilmu dan pekerjaannya, namun banyak juga yang berbelok ke pekerjaan lain misalnya banyak juga yang bekerja di perbankan. Hal ini tidak salah, karena urusan pekerjaan atau rezeki masing-masing sudah diatur, jadi apapun ilmu dan profesi kita pasti akan berguna bila dimanfaatkan dengan baik.

HARAPAN DAN RENCANA SETELAH LULUS SAYA?

Setelah lulus, saya berencana untuk bekerja di suatu perusahaan swasta yang bergelut di bidang peternakan. Awalnya memang saya ingin sekali membuka usaha peternakan. Namun, saat Januari 2020 lalu saya mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan bekerja intern di suatu perusahaan swasta, di sana saya menjadi tertarik dengan segala hal terkait perusahaan tersebut dan ingin menambah pengalaman-pengalaman kerja sebelum melanjutkan studi saya ke jenjang S2.

Kode konten: X250

Komen dibawah! 9

  1. FAZRIEL

    Menurut KK teori² nya susah ga di FAPET atau sebaliknya gampang. Kalo memang gampang insyaallah saya akan masuk FAPET di thn depan. Karena saya ini sangat suka sekali yang namanya peternakan. Pengen banget menguasai atau menambah wawasan di bidang dunia peternakan lainnya. Alhamdulillah walaupun sekarang saya belum masuk FAPET tapi sudah sambil berjalan memelihara sapi belasan ekor dan terus mencoba untuk di ternakan. Jadi mungkin alasan saya ingin atau berminat sekali masuk FAPET itu bukan hanya pengen bisa di dunia peternakan sapi saja tetapi pengen belajar dan bisa di bidang² lain nya. Terimakasih sebelumnya K

    • claudyne

      Hai Fazriel!
      Pertama-tama terima kasih ya sudah komen di artikel kk. Nah untuk masalah teori di jurusan Peternakan, ngga susah kok. Asalkan kita emang punya minat dan keinginan untuk terus belajar, semuanya mudah! Oiya kk terkesan karena kamu sudah punya ternak sendiri. Tahun depan kamu bisa coba masuk ke jurusan Peternakan. Siapa tau kamu bisa jadi pebisnis hebat nanti. Terus kembangkan ternak kamu ya. Sekaligus belajar juga mengenai cara-cara manajemennya. See you next year! Fighting!

  2. FAZRIEL

    Menurut KK teori² nya susah ga di FAPET atau sebaliknya gampang. Kalo memang gampang insyaallah saya akan masuk FAPET di thn depan. Makanya saya bertanya dulu ke KK yg sudah masuk FAPET kan KK udah lebih tau gimana sih pembelajaran di FAPET itu. Karena saya ini sangat suka sekali yang namanya peternakan. Pengen banget menguasai atau menambah wawasan di bidang dunia peternakan lainnya. Alhamdulillah walaupun sekarang saya belum masuk FAPET tapi sudah sambil berjalan memelihara sapi belasan ekor dan terus mencoba untuk di ternakan. Jadi mungkin alasan saya ingin atau berminat sekali masuk FAPET itu bukan hanya pengen bisa di dunia peternakan sapi saja tetapi pengen belajar dan bisa di bidang² lain nya. Terimakasih sebelumnya K

  3. Ihya husnu

    Ka,saya tuh bingung ingin masuk fapet tuh karena jurusan yg saya ambil di sma itu ips sedangkan masuk fapet itu kan harus ngerti tentang fisika,kimia dan biologi, apakah bisa lintas jurusan dri ips ke ipa untuk taun ajaran yang sekarang?

    • claudyne

      Halo! Wah kalau setau kk sih emang ngga bisa dari IPS terus masuk ke SAINTEK. Soalnya syaratnya masuk jurusan SAINTEK harus dari bidang IPA hehehe.. paling kalau jurusan IPA mau masuk SOSHUM itu baru bisa..

  4. Hafizh

    Boleh tanya kak, untuk masuk Fapet..jalur mandiri ada dan berapa biayanya?

  5. PMK FAPET 17

    dyen, terimakasih sudah sangat menginspirasi, dan terimakasih untuk semua karya karya hebatmu. aku salut dengan mu. Selamat jalan Dyen, kamu orang baik. Kami menyayangimu

  6. Izzat ND

    Mbak mau tanya² boleh minta nmr WA nya.?

  7. Kema Fapet Unpad

    (Turut Berduka Cita) Telah berpulang ke hadirat Tuhan YME Ceu Claudyne Mayranie FR, Fapet 2017, pada 23 Februari 2021. Mari kita doakan segala amal beliau diterima oleh Tuhan YME, serta diampuni segala dosanya & keluarga diberi ketabahan. Semoga apa yang telah beliau beri/sampaikan menjadi amal baik baginya. Ceu Claudyne orangnya sangat baikk, kami sangat merasa kehilangan, mohon doanya sekali lagi ya teman-teman. Hatur nuhun.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *