PG Paud, Universitas Pendidikan Indonesia

PG PAUD UPI / Pendidikan Guru PAUD UPI (Rosa)

PG PAUD UPI / Pendidikan Guru PAUD UPI (Rosa)

Hai sobat intipers! Nama aku Rosa Noviasari jurusan PG PAUD UPI. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa aja yang dipelajari di jurusan PG PAUD UPI?

Kita belajar banyak seputar perkembangan anak usia dini mulai dari psikologi anak sampai gizinya. Jadi, enggak cuma main-main, tepuk-tepuk, nyanyi-nyanyi saja. Ada konsentrasi yang bisa dipilih:

  1. Pendidik, diarahkan untuk menjadi guru
  2. Tenaga kependidikan diarahkan untuk mengelola sekolah, menjadi kepala sekolah atau tim administrasi sekolah

Tugas kuliahnya di PG PAUD UPI kaya gimana?

Mata kuliah kesehatan dan gizi, sebenarnya gak nyangka belajar kesehatan dan gizi karena aku mengira belajarnya seputar psikologi anak, tapi ternyata enggak hanya itu. Kita belajar takaran dan porsi ketika memberi makanan kepada anak.

Slide5

Apa mata kuliah di PG PAUD UPI dan dosen favorit aku?

Tugasnya banyak seputar anak usia dini, mulai dari membuat permainan dan metode pembelajaran. Di mata kuliah seni tari dan seni musik, tugasnya membuat pagelaran. Dalam tugas ini sekaligus kita memperkenalkan seni tari dan seni musik anak usia dini kepada mahasiswa UPI lainnya.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangannya itu lebih pada menghadapi selentingan orang dan mengubah stigma masyarakat mengenai jurusan PGPAUD yang katanya nanti lulusnya cuma bisa jadi guru, gajinya kecil dan belajarnya gak jelas. Selentingan itu gak bener, ya.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Alumni banyak yang sudah menjadi guru PAUD, di kelembagaan PAUD untuk mengurus kebijakan, kurikulum, metode pembelajaran. Selain jadi guru PAUD, lulusan PGPAUD bisa mendirikan lembaga PGPAUD.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Tipsnya tetap semangat, belajar mengembangkan potensi dengan menjadi mahasiswa yang berprestasi dan insya Allah berpendidikan.

Kode Konten: Y178

Komen dibawah! 31

  1. Pengalaman Kuliah di PG PAUD UNY Karangmalang (Nurhafizah)

    […] PG PAUD UPI / Pendidikan Guru PAUD UPI (Rosa) […]

  2. Aries Legita Permana Putri

    Assalammualaikum, ka izin bertanya. Mnurut kaka enaknya prodi pgpaud apasi?hehe.. dan kenapa kaka pilih pgpaud? terimakasiih

    • Rosa Noviasari

      Wa’alaikumsalam. Halo Aries, makasih banyak buat pertanyaannya ya ๐Ÿ™‚
      Jadi kalau menurut aku pribadi kuliah di prodi pgpaud itu asik, dan banyak nambah pengetahuan dan keterampilan seputar dunia anak usia dini. Mulai dari belajar psikologi anak, kesehatan dan gizi anak, kita juga belajar teori bermain untuk anak usia dini itu seperti apa, dan pastinya prakteknya pun seru jugaa :))
      Alasan aku pilih kuliah d jurusan pgpaud itu karena pengen punya ilmu mendidik anak, yang pastinya bakal berguna banget sebagai guru maupun nanti menjadi seorang ibu hehe ๐Ÿ™‚
      Kalau belum puas sama jawabannya, yuk tanya lagi ๐Ÿค—

  3. Aries Legita Permana Putri

    Apa kka sblm pilih pgpaud, memikirkan prospek kerjanya ka? Nnya lg yaa hhe..

    • Rosa Noviasari

      Hallo Aries, makasih ya udh mau tanya tanya lagi ๐Ÿ™‚
      Nah aku itu waktu daftar ngga tau prospek kerja pgpaud selain jadi guru. Tapi setelah kuliah, jadi tau banget prospek kerja nya mulai dari jadi guru, pengelola lembaga paud, dan bisa di perluas lagi soalnya paud itu termasuk (day care, playgroup, dan taman kanak-kanak). Kalau ngga cocok disana bisa lanjut s2 s3 dan jadi dosen. Jadi banyak juga peluang kerjanya yaa ๐Ÿค—
      Kalau masih tertarik, bisa tanya lagi seputar jurusan pgpaud ya๐Ÿ˜

    • Ranjas

      Halo ka mau tanya pg paud pkl nya apakaah bisa di terapis anak berkebutuhan khusus?

      • Rosa Noviasari

        Halo kak Ranjas, Terimakasih ya untuk pertanyaannya! ๐Ÿ˜
        Mohon maaf sebelumnya saya baru aktif cek blog ini lagi hehe. Insyaallah bisa kak, selama disetujui oleh pihak prodi atau kampus yang meminta pelaksanaan pkl.. Karena emang betul ya kak kita sebagai pendidik juga lebih baik punya pengalaman secara langsung di lapangan untuk menangani anak berkebutuhan khusus ๐Ÿ˜ Semangat ya kak
        Silahkan bertanya kembali jika dirasa jawabannya kurang puas

  4. Alifya Amiiroh

    Kak saya juga masuh jurusan PG PAUD di UNY, udah semester 3. Aku juga udah cukup nyaman sih kak di jurusan ini, cuma masih was-was aja dgn prospek kerjanya. Menurut kakak sendiri nih, gimana sih ngebuat diri kita biar ga insecure liat kanan kiri atau liat mereka yg udah bisa cari kerja sendiri apalgi yg dah ketrima jadi CPNS. Padahal aku sebenernya pengen bgt gitu bisa langsung daftar jadi guru pns, tapi kan masih terikat kuliah. Gimana nih menurut kaka?

    • Rosa Noviasari

      Halo Alifya, terimakasih ya pertanyaannya ๐Ÿ˜ maaf nih saya baru buka notif jadi baru sempat balas sekarang hehe..
      Tenang aja Alifya, gaperlu was-was ataupun insecure dengan pencapaian orang lain.. tiap orang sudah punya jalan masing-masing kok ๐Ÿ˜ Insyaallah selama Alifya berusaha kuliah dengan semangat dan sungguh-sungguh, terus aktif juga di kegiatan kampus, atau bisa nih coba cari pengalaman dengan magang ngajar di tk bisa jadi kelebihan kamu loh.. Atau kalau Alifya tertarik sama satu bidang di PAUD misalnya Parenting, Alifya bisa cari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan parenting, ikut pelatihan, atau bisa buka pelatihan parenting di jaman sekarang seperti apa. Prospek kerja tuh luas banget menurut saya, tinggal kitanya yang membuka pintu peluang dan mau mencoba aja, pasti nanti ketemu sama bidang yang kita sukai, semangat ya kuliahnya Alifya ๐Ÿ˜
      Silahkan bertanya kembali jika dirasa jawabannya kurang puas, salam buat temen-temen kuliahnya ya๐Ÿ˜

  5. susilawati

    ass… maaf mau tanya klo buat saya yg sudah jadi ibu rumah tangga bisa g ya klo mau kuliah lagi jurusan ini

    • Rosa Noviasari

      Waalaikumsalam ibu susilawati, salam kenal dan terimakasih buat pertanyaannya ya! ๐Ÿ™‚
      Insyaallah bisa banget bun, karena ilmu yang didapat pasti bermanfaat juga untuk kehidupan sehari-hari ya, apalagi kalau bunda ingin membuka lembaga pendidikan aud. Saya juga kenal beberapa guru yang sudah punya anak atau berumah tangga tapi masih berkuliah di jurusan PGPAUD, pastinya biar meningkatkan kualitas mengajar sebagai guru juga yaa. Ayok bun, ditunggu kedatangannya di jurusan PGPAUD, Semangat terus ya bu susilawati ๐Ÿ˜
      Silahkan bertanya lagi jika jawaban dirasa kurang ya

  6. Ni'mah

    Hallo kak mau bertanya kalau masuk jurusan PGPAUD materi yang pertama di sampaikan seputar apa? dan pengalaman kaka gimana pas pertama masuk di jurusan itu?

    • Rosa Noviasari

      Hallo, Ni’mah makasih ya udh bertanya ๐Ÿค—
      Materi pertama biasanya bakal lebih banyak matkul umum dr kampus tentang pendidikan. Kalau matakuliah dr pgpaudnya biasanya konsep dasar paud, psikologi pendidikan, psikologi perkembangan, kesehatan gizi, dll. Pengalaman saya sendiri waktu pertama masuk pgpaud tuh canggung banget soalnya takut temen dan kaka tingkatnya kurang ramah atau gimana, takut dosennya galak, dll. Tapi setelah menjalani perkuliahan, ya itu cmn takut doang kok haha, temennya baik dan ramah, kaka tingkatnya juga ramah, dosennya pada baik dan keren juga ilmunya, jadi seneng ajadeh menjalani perkuliahannya juga ๐Ÿ˜
      Silahkan bertanya lagi jika jawaban dirasa kurang ya ๐Ÿ˜Š

  7. Sania Gunawan

    Assalamualaikum, mau nanya kak..untuk masuk ke jurusan PGPAUD ini..bagi yang lulusan SMA apakah harus dari jurusan IPS atau IPA juga bisa?

    • Rosa Noviasari

      Waalaikumsalam, Halo Sania ^^ makasih sudah mau tanya-tanya ya..
      Bisa dari ipa juga kok, soalnya aku juga dari sma ipa hehe.. karena belajarnya nanti ttp bakal mengikuti matakuliah yg udh ditentukan sama kampus.. Semangat saniaa๐Ÿค—๐Ÿ˜Š
      Kalau jawaban dirasa kurang puas boleh banget tanya2 lagi ya๐Ÿ˜†
      Semoga sehat selalu๐Ÿ˜

  8. Rosa Noviasari

    Waalaikumsalam, Halo Sania ^^ makasih sudah mau tanya-tanya ya..
    Bisa dari ipa juga kok, soalnya aku juga dari sma ipa hehe.. karena belajarnya nanti ttp bakal mengikuti matakuliah yg udh ditentukan sama kampus.. Semangat saniaa๐Ÿค—๐Ÿ˜Š
    Kalau jawaban dirasa kurang puas boleh banget tanya2 lagi ya๐Ÿ˜†
    Semoga sehat selalu๐Ÿ˜

  9. Nuryasmi

    Assalamu’alaikum, mau nanya kak.. Kan saya liat untuk masuk PGPAUD jalur SBMPTN kelompok ujiannya masuk SOSHUM, sedangkan saya SMA jusurannya IPA. Nanti gimana kak klo ikut SBMPTN, apakah ttp milih SAINTEK sesuai jurusan pas SMA atau milih CAMPURAN?

    • Rosa Noviasari

      Waalaikumsalam. Halo Nuryasmi ๐Ÿ˜† pilihnya campuran yaa soalnya pgpaud masuknya soshum. Semangaat Nuryasmi๐Ÿค—๐Ÿ’•
      Maafin ya telat bales, kalau masih penasaran boleh tanya lagi yaa๐Ÿ˜

  10. Meizy Maulida

    Assalamu’alaikum kak..
    Kak kiraยฒ kalo dari tamatan SMK yang tidak bersangkutan dengan PGPAUD, bisa lulus ga ya kak?
    Ketika test masuk nya harus menguasai pelajaran apa ya yak?:)
    Soalnya aku agak fobia MTK๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜‚๐Ÿ™

    • Rosa Noviasari

      Waalaikumsalam. Haloo Meizy ๐Ÿ˜†
      Bisa dong, temen2 aku banyak kok yang dari SMK juga, dipersiapkan aja testnya ambil soshum yaa. Hahaha aku juga sama nih MTKnya ga baguss, tapi Meizy pasti bisa lebih bagus daripada aku kok. Semangatt yaa Meizy ๐Ÿค—๐Ÿ’•
      Maaf nih balesnya telat. Kalau masih penasaran, tanya lagi yaa๐Ÿ˜

  11. callista

    Kak mau tanya ,kan biasanya disemester 6 suka ada konsentrasinya gitu,nah kalo di PGPAUD konstentrasinya apa aja?,terimakasih kak

    • Rosa Noviasari

      Haloo Callista ๐Ÿ˜†
      Tergantung nih, ada yg bisa ambil konsentrasi di semester 4 (ikut semester pendek), ada yang di semester 6. Klo di pgpaud ada 2 konsentrasi, ada pendidk sama tenaga kependidikan.
      Maaf ya balesnya telat nih, kalau masih penasaran tanya lagi aja yaa callista ๐Ÿ˜

  12. asha

    ka pgpaud upi ada kan yg di daerah cibiru/pusatnya(Bandung) ?

  13. salsaa

    assalamualaikum..
    kakak aku cuma mau bilang,
    terimakasih karena sudah mau bikin blog tentang PGPAUD UPI. aku suka nyari nyari dan agak sulit menemukannya. akhirnya aku liat blog kakak. semangat terus kuliahnya kak semoga segala kebahagiaan dan keberkahan selalu menyertai kakak. doain tahun ini aku masuk PGPAUD ya kak. (( send my virtual hug )) <3

    • Rosa Noviasari

      Waalaikumsalam, salsa ๐Ÿ˜†
      Terima kasih banyak udah mampir dan baca tulisan aku ya, alhamdulillah kita dipertemukan lewat blog ini yaa hihi ๐Ÿ˜. Jangan lupa kalau masih punya pertanyaan seputar jurusan PGPAUD, langsung tanya aja ya, insyaallah nanti aku jawab hehe.
      Aamiin semoga salsa juga diberikan kemudahan dan kelancaran ya untuk pilihan jurusan yang nanti salsa pilih. Insyaallah nanti aku doain ya biar kita bisa ketemu di PGPAUD, aamiin ๐Ÿค— see u soon salsa!

  14. Preity Debora

    Selamat malam kak,mau nanya kak kalo misalnya jalur SNMPTN boleh ga anak IPA ambil jurusan PGPAUD kak?

    • Rosa Noviasari

      Halo Preity ๐Ÿค—
      Setau aku snmptn itu harus pilih yg linier ya jurusannya. Soalnya pgpaud masuknya ke lingkup soshum. Tp kalau nanti bisa di klik mah gapapa coba aja yaa. Aku juga anak IPA kok whehe, semangat yaa snmptnnya๐Ÿ’• aku doain semoga keterima di pilihan terbaik!๐ŸŒผ

  15. Amirah

    Selamat malam kaa, kalo masuk snm pgpaud upi bumsil/cibiru dengan nilai pel khususnya 82.14 bisa masuk ga ka?

    • Rosa Noviasari

      Halo Amirah ๐Ÿค—
      Hmm aku kurang tau nih klo harus tebak2 kaya gini, soalnya kan sistem penerimaan beda2 terus ya tiap tahunnya๐Ÿ˜…
      Gapapa coba daftar dlu aja ya, nanti aku doain semoga keterima yaa!๐Ÿ’•
      Semangat Amirah snmptnnya, semoga sukses๐Ÿฅฐ

  16. herty

    Hallo kak rosa .
    Aku kan sekarang mau masuk pgpud yang di upi ,udah yakin si kak prospek kerjanya gimana nanti aja
    Tapi orang orang di sekeliling aku suka bilang kenapa gak ngambil prodi yang inilah itulah kan gajinya lebih besar terus ngajarnya gak cuman di paud .sedih gitu kak dengernya juga jadi bikin ke akunya juga was was sama ragu .
    Kakak pernah gak kak ngalamin kayak gitu ,hehe

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *