PGMI, Universitas Islam Negeri

PGMI UIN Sunan Kalijaga (Nurul)

PGMI UIN Sunan Kalijaga (Nurul)

Halo sobat intipers! Aku Nurul Hidayah dari Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/ PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan PGMI UIN Sunan Kalijaga seperti apa?

PGMI singakatan dari Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Kalo di PTKIN itu PGMI, kalo di umum itu setara dengan PGSD. Jurusan PGMI outputnya jadi guru MI atau SD, namun kelebihannya ada mempelajari materi keagamaannya seperti bahasa arab, fiqih, aqidah akhlak, SKI. Di jurusan PGMI juga ada praktik-praktinya seperti PGSD, ada ngelab, praktik menari, ada praktik olahraga, dan ada hafalannya juga.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta?

Sudah keinginan dari aliyah dan keinginan sendiri untuk ngambil PGMI, sudah di rekomendasiin sama guru-guru di aliyah, terus pas liat outputnya bagus juga dan tertarik.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada hafalan zuz ama, di awal semester, semester 6 ada mata kuliah Tahfidzul Qur’an, terus kita hafalan sama dosennya, nanti setoran, ditarget setiap minggunya, berapa surat yang harus hafal. Terus menari, karena setiap tahun kita mengadakan pentas, itu mata kuliah, tapi untuk UAS nya kita bikin event.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Semuanya harus di konsentrasiin, nanti kita jadi Guru Kelas, jadi PGMI semuanya harus di kuasai. Nanti di semster atas, ada pemdalamn jurusan, itu pilihan tidak wajib, untuk semester awal semuanya di ambil karena akan jadi Guru Kelas. Seperti saya semester ini pilih pendalaman matematika, pilihannya ada matematika, IPA, jadi tergantung kita mau mendalami yang mana, tapi sebelumnya kita udah dikasih dasar-dasarnya IPA 1, 2, 3.

pmb2-min

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Untuk kampus PTKIN khususnya PGMI masuknya keagamaan, bisa masuk lewat jalur SPAN PTKIN biasanya jalur nilai raport atau prestasi. Ada UMPTKIN seperti SBMPTN yaitu ujian mengerjakan soal, yang ketiga ada tes mandiri, biasanya ada dua jenis ada yang CBT dan PBT, namun selama pandemi ini di buat CBT atau computer tes. Info lebih lanjut bisa di cek di instagram @uinsk.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta?

Tetap semangat, dijalanin aja, jangan putus asa karena banyaknya mata pelajaran yang harus dikuasai, karena itu semua bakalan kembali buat diri kita sendiri, kita bakalan jadi madrasah pertama buat anak kita kelak, jadi ilmunya bisa buat diri kita sendiri, pokoknya jangan patah semangat.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita bisa selain jadi guru, menekankan kita menjadi pengusaha, kita diajarkan mata kuliah eduprenership. Pertama kita bisa jadi guru, bisa jadi pengusaha di bidang pendidikan, kaya bikin bimbel atau media pembelajaran, untuk lulusan kebanyakan masih mengajar ke sekolah tapi mereka punya bimbel kecil-kecilan gitu, kemudian ada yang melanjutkan S2 dan menjadi dosen.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Masih pemikiran lama, pengennya jadi pengajar, jadi guru dan langsung bekerja, dan kalo bisa melanjutkan studi ke yang lebih lanjut. Bisa menjadi guru yang bisa dibidangnya.

Kode konten: C414

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *