PG Paud

PG Paud UNY (Ayu)

PG Paud UNY (Ayu)

Halo intipers! Perkenalkan, saya Ayu Hanifah Arroyani, biasa dipanggil Ay. Saya mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2018. Disini saya ingin membagikan informasi dan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 4 semester di jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Buat kamu yang mau masuk jurusan ini wajib baca nih! Hehehe… Yuk, simak pengalaman saya! 😀

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

PG PAUD? Jurusan apaan, sih?

Kita perlu tahu dulu nih, sebenarnya PG PAUD itu apa sih? Jadi Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang ditujukan untuk anak usia dini. Lalu siapa yang dimaksud anak usia dini itu? Berdasarkan National Assosiate for The Education of Young Children (NAEYC) anak usia dini adalah anak yang berusia 0-8 tahun. Namun, di Indonesia ada yang mengatur sendiri terkait pengertian anak usia dini. Menurut UU No.20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, anak usia dini adalah anak yang berusia 0-6 tahun. Oleh karena itu, di Indonesia, Pendidikan Anak Usia Dini ditujukan untuk anak usia 0-6 tahun, sedangkan usia 7-8 tahun sudah masuk pendidikan Sekolah Dasar (SD/MI). Nah untuk PG PAUD sendiri, ini adalah jurusan kuliah yang membekali mahasiswanya sebagai calon guru bagi anak usia dini (AUD). Seperti namanya ya, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

promo-web

Lalu apa perbedaan PAUD dan TK?

Wah, siapa yang disini menganggap bahwa PAUD dan TK itu beda? Masih cukup banyak lho di masyarakat ditemukan anggapan bahwa PAUD dan TK itu berbeda. Ada anggapan bahwa PAUD itu pendidikan sebelum anak masuk TK. Padahal kan TK sendiri merupakan PAUD itu juga. Duh bingung ngga penjelasannya? Gini deh gampangnya. TK (Taman Kanak-kanak) adalah sebuah program layanan pendidikan untuk AUD. Seperti halnya TPA (Tempat Penitipan Anak) dan KB (Kelompok Bermain) yang juga sebuah lembaga yang memiliki program layanan pendidikan untuk AUD. Nah, TPA, KB, dan TK ini umumnya adalah program layanan yang bersifat profit atau mencari keuntungan karena biasanya dikelola secara pribadi. Walau begitu ada juga program layanan yang bersifat non-profit yang dikelola pemerintah atau lembaga masyarakat (LSM).

 Apa aja sih yang dipelajari di jurusan PG PAUD UNY ini?

Sebelumnya, coba pikir dulu deh, apa yang terlintas dibenak temen-temen kalau dengar kata PAUD? Wah pasti main-main aja, nyanyi, nari, tepuk-tepuk? Atau ada yang kepikiran juga kalau jurusan yang berkaitan dengan anak usia dini ini susah? Karna ngga mudah mengurus dan mendidik anak? Pusing ngga tuh liat anak nangis sambil guling-guling? Dibujuk diem malah tambah kenceng nangisnya, dimarahin malah vas bunga auto pecah… Hihihi becanda 🙂

Hmm… jadi, semua yang temen-temen pikir itu bisa jadi benar. Tapi mungkin ada salahnya juga hehehe…

Berdasarkan pengalaman selama 4 semester ini, materi yang diajarkan pada mahasiswa cukup beragam. Engga hanya diajarkan lagu anak-anak lho.. hihihi.. Ada 6 materi pokok yang diajarkan untuk kita mahasiswa PG PAUD sesuai dengan aspek perkembangan yang perlu dikembangkan, yaitu Perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM), Kognitif, Fisikmotorik, Bahasa, Sosial dan Emosional, serta Perkembangan Seni (Musik, Tari, dan Rupa).

Tapi selain 6 materi aspek perkembangan diatas, kita juga belajar mata kuliah lain seperti Gizi dan Kesehatan AUD, psikologi umum, psikologi pendidikan, manajemen pendidikan, etika pendidikan, epistemologi-logika pendidikan, filsafat pendidikan, bahkan juga sosio-anthropologi pendidikan yang membahas terkait perkembangan pendidikan masyarakat di Indonesia. Nah, walaupun nama jurusannya terkesan anak-anak, kita mahasiswa PG PAUD juga tetap mendapat materi seperti mahasiswa jurusan lainnya. Karena ilmu yang diberikan tidak hanya difokuskan untuk bekal mengajar dan mendidik anak usia dini nantinya, tapi juga ilmu-ilmu sebagai bekal untuk diri kita sendiri. Universitas bahkan menyiapkan materi mata kuliah umum bagi mahasiswanya contohnya mata kuliah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), sampai mata kuliah Kewirausahaan! Padahal biasanya kewibawaan identik dengan perekonomian, kan ya… Nah, jadi… ini membuktikan bahwa jurusan PG PAUD tidak hanya belajar tepuk-tepuk, nari, dan nyanyi ya… hihihi…

Yang Menarik: Praktek ngajar langsung!

Menariknya di jurusan PG PAUD UNY ini, mahasiswa diminta untuk terjun langsung ke TPA/KB/TK. Hal ini bertujuan agar mahasiswa bisa mengamati langsung proses pembelajaran yang ada di lapangan. Sehingga mahasiswa bisa membandingkan antara teori yang ada dengan praktek yang terjadi di sekolah. Biasanya satu kelas akan dibagi menjadi beberapa kelompok atau bisa juga per individu. Nantinya mahasiswa akan diberikan tugas untuk mengamati langsung di lapangan, melihat proses belajar anak-anak. Terkadang di satu kesempatan, kita juga diminta untuk praktek langsung mengajar anak-anak. Dan setelah melaksanakan observasi tersebut tentu saja kita diminta untuk menyusun lalu mempresentasikan laporan hasil observasi yang telah dilaksanakan. Layaknya mahasiswa, bukan…

Sedikit menceritakan pengalaman saya. Disetiap kesempatan, anak-anak yang diobservasi tidak hanya anak-anak pada umumnya. Sesekali kita diminta ke TK Inklusi untuk mengamati perilaku anak berkebutuhan khusus dan penanganan yang diberikan oleh guru. Pada satu kesempatan saya dan teman-teman mengamati anak-anak yang mengalami down sindrom, autis, speech delay dan lainnya. Disini kami mendapat ilmu dan pengalaman baru cara menghadapi anak berkebutuhan khusus. Intinya sebagai guru/pendidik harus jauh lebih sabar dan pengertian pada anak tersebut. Sebenarnya ada jurusan yang fokus mempelajari ilmu ini, yaitu Pendidikan Luar Biasa.

Tips-tips untuk Camaba dan Maba di Jurusan PG PAUD UNY

Hmm… kalau untuk tips-tips di jurusan ini kira-kira apa ya? Kalau sesuai pengalaman saya, bisa tuh temen-temen banyakin informasi terkait ke-PAUD-an seperti lembaga PAUD (TPA/KB/TK) disekitar tempat tinggal. Pasti nanti bermanfaat. Selain itu, temen-temen juga bisa tuh mulai sejak semester satu untuk mengumpulkan dan mengelompokkan bahan-bahan atau materi-materi perkuliahan sesuai dengan mata kuliahnya. Ini tentu akan memudahkan besok ketika skripsi untuk mendapatkan referensi yang dibutuhkan. Tinggal buka catatan materi yang sudah ada. Hemat waktu kan hehehe 😀

Sebagai mahasiswa, temen-temen juga perlu mengembangkan softskill diri sendiri. Banyak wadah yang ditawarkan oleh universitas untuk mendukung pengembangan diri. Temen-temen bisa ikut Himpunan Mahasiswa di jurusan, BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM-UKM yang sesuai dengan passion masing-masing, dan masih banyak lainnya. Bukan berarti jurusan kuliah yang terkesan ‘anak-anak’ kita juga bersikap seperti anak-anak yang masih semaunya sendiri, kan. Kita pun perlu meningkatkan softskill diri sebagai mahasiswa.

Lulus? Lalu jadi apa, kerja dimana?

Lulusan PG PAUD akan mendapatkan gelar S.Pd di belakang namanya setelah lulus. Yaps… gelar ini sangat familiar kan di telinga kita karena memang umumnya lulusan jurusan PG PAUD akan menjadi guru/pendidik di lembaga pendidikan pra-sekolah, antara lain seperti TPA/KB/TK. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan bagi alumni jurusan ini untuk bekerja selain berprofesi sebagai guru. Alumni dapat mendirikan yayasan atau sekolah yang akan dikelola sendiri, menjadi kepala sekolah di suatu lembaga pendidikan pra-sekolah, atau jika memiliki kesempatan bisa melanjutkan studi S2 hingga S3 untuk menjadi dosen PG PAUD.

Harapan dan rencana setelah lulus dari PG Paud UNY?

Jujur saja, saya belum memiliki rencana yang matang setelah lulus kuliah ini. Namun, saya memiliki harapan tetap bisa berkontribusi di bidang ke-PAUD-an di Indonesia khususnya dalam pendidikan dan pengembangan karakter anak usia dini. Karena bagi saya karakter seseorang perlu dibentuk sejak usia dini melalui kebiasaan-kebiasaan agar anak menjadi pribadi baik di kemudian hari. Tentu akan menjadi lebih baik apabila SDM Indonesia tidak hanya cerdas secara intelektual/intelegensinya saja, tapi juga cerdas secara sosial-emosionalnnya untuk mengontrol perilakunya baik berupa ucapan maupun tindakan yang lebih tertata, kan. Setuju?

Nah, sejauh ini kira-kira temen-temen sudah dapat garis besar terkait perkuliahan yang ada di jurusan PG PAUD UNY, kan?

Mungkin temen-temen sejurusan di universitas lainnya juga bisa ikutan sharing pengalaman kuliah versi kalian 😀

Info lebih lanjut temen intipers bisa kepoin akun Instagram unycommunity, curhatanuny, unyofficial, dan pgpauud_uny ya…

Sekian dan terimakasih!

Kode konten: X324

Komen dibawah! 9

  1. Syahidatul Muslimah

    Mantap👍

  2. Nur Fadhilah

    Mata kuliah apa aja sih kak yg kita pelajari?

  3. Salwa

    kak mau nanya, anak ipa tetap bisa masuk pgpaud uny kan? berarti ntar sbmptn nya kita harus ngambil yg campur kah? terimakasih kak

  4. kanay

    pengen banget bisa kaya kaka. doain aku yaa semoga keterima di universitas negri Yogyakarta jurusan PG paud🙏🏻

  5. Nanda Aqilah

    Matkul apa aja kak yang dipelajari di jurusan pgpaud? Dan matkul apa yang menurut kakak paling sulit? Kebanyakan orang bilang banyak serunya kuliah jurusan pgpaud apakah iya? Dan ukm apa yang cocok untuk jurusan pgpaud?

  6. ocha

    kak, aku mau tanya, kakak tau ga rata-rata nilai masuk jurusan pgpaud seleksi mandiri lewat rapor bearapa? aku tahun kemaren udah coba tapi gagal:( pengen banget bisa diterima di tahun ini. semoga di respon, terima kasih kak 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *