PGPAUD UPI (Yanti)

Halo sobat intipers! Aku Yanti Diziani, alumni PGPAUD UPI kampus Tasikmalaya. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan PGPAUD UPI itu seperti apa?

Stigma orang lain itu biasanya berpikir kalau PGPAUD ngajarnya anak kecil, jadi lulusan SMP, SMA juga bisa ngajar di PGPAUD. Pembelajaran di PGPAUD itu banyak, mulai dari psikologi pendidikan, filsafat, statistik, seni juga ada.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan PGPAUD UPI?

Dulu tuh cita-cita dari kecil itu jadi guru, maunya masuk ke PGSD tapi keterima di pilihan ketiga di PGPAUD. Mungkin memang rezekinya di sini juga.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari PGPAUD UPI?

Mata kuliah itu banyak, saya sukanya Psikologi Perkembangan. Kita tahu tingkat perkembangan anak sesuai usianya. Kita belajar bahwa banyak aspek perkembangan anak, mulai dari agama dan moral, fisik dan motorik, bahasa, seni. Di TK itu diterapkan, kita belajar melatih keberanian anak.

Kita pernah observasi ke TK mulai dari semester 1. Jadi kita digodok banget untuk paham pembelajaran di TK itu seperti apa. Nanti juga ada PPL, kita bener-bener jadi guru selama 3 bulan. Di sana kita tahu administrasinya seperti apa, ngajar di sananya seperti apa.

Kalau suka duka kuliah di PGPAUD, ada dosen saya yang selalu ceria gitu, jadi kita juga harus ceria ya. Ada pembelajaran bermain, yang kita itu bermain dan bergoyang gitu ya. Sebenernya tugas itu banyak di PGPAUD, meskipun orang-orang itu nganggapnya kaya yang gampang. Kita tuh sebenernya harus bisa multitalent, kita bikin games atau permainan edukatif yang cocok untuk anak PAUD, sekalian buat RPP H, RPP M gitu dan administrasi lainnya di sekolah.

Cobain aja, adik-adik gak akan nyesel masuk PGPAUD. Pas PPL, KKN juga seru banget kita mengaplikasikan ilmu yang udah kita dapat di kampus.

Pengalaman terjun ke lapangan

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sebelumnya saya mau berbicara juga kalau UPI itu banyak, ada yang di Bumi Siliwangi, Tasikmalaya, Cibiru, Purwakarta, Serang dan Sumedang. Terkait konsentrasi itu gak ada peminatan yang harus dipilih di semester tertentu karena dalam pembelajarannya pun sudah menjurus. Namun, untuk kedepannya kurang tahu akan ada peminatan atau tidak.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk di UPI kampus Tasikmalaya itu SNMPTN, SBMPTN sama seleksi mandiri UPI. Kalian bisa cek di pmb.upi.edu.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Intinya harus tetap semangat dan konsisten pada tujuan kita. Jangan takut juga karena di UPI kan banyak beasiswa, tinggal lebih rajin cari info beasiswa dan tanya-tanya ke kakak tingkat dan bisa tanya-tanya juga ke intipkuliah untuk referensi. Selama kita positif dan mau maju, jangan dengerin kata-kata negatif orang. Meskipun PGPAUD sering disepelekan banget, tapi dari tahun ketahuan jurusan ini semakin banyak peminatnya.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya nanti bisa jadi guru, jadi PNS juga bisa. Kemarin temen-temen dan kakak tingkat saya banyak yang keterima CPNS. Jadi jangan khawatir, kalau temen-temen suka sama anak-anak bisa masuk ke PGPAUD.

Harapan dan rencana ke depannya?

Sekarang saya sedang menjadi seorang guru di sekolah swasta dan menjadi seorang tutor dengan membuka les. Jadi kita harus pandai mencari peluang agar bisa banyak dapat pengalaman dan pelajaran baru.

Kode konten: C206

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *