PGSD, Universitas Islam Negeri

PGSD Unissula/Universitas Islam Sultan Agung (Mayda)

PGSD Unissula/Universitas Islam Sultan Agung (Mayda)

Hay, teman-teman semua .. gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat, bahagia dan tentunya selalu baik ya. Sebelum saya share pengamalan saya selama kuliah perkenalkan nama saya Reza Maida Nur Afana biasa dipanggil Mayda. Saya adalah mahasiswa Angkatan 2017 jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar (PGSD) di Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) tepatnya di Semarang, Jawa Tengah dan sekarang sudah semester 6. Untuk lebih jauhnya yuk baca pengalaman yang aku share di bawah ini. Lets go!

Apa yang dipelajari di PGSD Unissula?

Sesuai dengan namanya yaitu PGSD atau kepanjangan dari Pendidikan Guru sekolah Dasar apa yang ada di benak kalian yang sedang membaca? Yak, betul sekali mahasiswa yang kuliah dengan jurusan PGSD merupakan calon guru SD atau calon tenaga pendidik untuk anak usia SD.

Apa aja sih yang dipelajari di jurusan PGSD? Oke, saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya menjadi mahasiswa PGSD yang sekarang sudah menginjak semester 6. Kuliah di jurusan PGSD yang dipelajari banyak sekali bahkan guru SD bisa dikatakan sebagai orang yang multitalent, karena apa? Di jurusan ini tidak hanya mempelajari secara inti atau terfokuskan pada satu hal saja tetapi menyeluruh. Misalnya saja guru SD harus bisa dan menguasai semua materi ada Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan masih banyak lagi.

Slide5

Selain yang berhubungan dengan bidang akademik guru SD juga bisa melakukan segala hal loh melalui keterampilan-keterampilan lainya. Misalnya di jurusan saya tepatnya di kampus Unissula tercinta ada mata kuliah seni (seni rupa, music, tari) kemudian ada juga mata kuliah olahraga, praktik-praktik. Seru bukan? Disini saya bisa belajar banyak hal. Selain itu di Angkatan saya yaitu Angkatan 2017 yang sekarang sudah menginjak semester 6 dan tentunya sudah tidak muda lagi ya, ada 3 magang yang saya jalani.

Pengalaman magang

Pertama magang 1, yaitu kunjungan ke SD selama kuang lebih 1 bulan untuk observasi, mengenal lingkungan dan budaya yang ada di SD. Ini pengalaman pertama terjun ke sekolah mengahadapi anak-anak kecil dan menjadi keluarga dari sekolah tersebut walaupun tidak lama. Banyak sekali yang saya dapatkan dari situ. Kemudian selanjutnya adalah magang ke 2. Nah dimagang ke 2 ini saya mendapatkan banyak hal baru lagi yaitu mulai membantu guru dalam hal apapun itu yang berhubungan dengan Pendidikan dan sekolah.

Dari situ saya mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan saat menjadi seorang guru. Ternyata sangat beda jauh dengan apa yang saya bayangkan selama ini, saya selalu mengira jadi guru SD hanya ngajar mata pelajaran yang gampang-gampang saja ternyata tidak hanya sekedar itu. Sebelum magang 3 ada yang namanya KKL (Kuliah Kerja Lapangan). Mahasiswa yang berperan dalam KKL akan dikondisikan melakukan penambahan wawasan dan pengembangan yang didapat selama proses kegiatan berlangsung, kemudian akan menjadi bekal berharga saat terjun memasuki dunia kerja kelak.

Kunjungan KKL saya adalah Bali. Tempat yang sangat populer di Indonesia yang memiliki segudang tempat wisata dan budaya. Tempat yang pertama di kunjungi adalah sekolah karna jurusan saya basicnya Pendidikan. Green School adalah tempat yang pertama kali dikunjungi. Kenapa Green Shool? Karena Green School merupakan sekolah alam yang bertaraf Internasional. Keren bukan? Nah setelah itu baru berkunjung ke desa adat, pantai dan masih banyak lagi. Setelah magang 1, magang 2, KKL selesai baru ke magang 3. Tapi saat ini saya belum sampai magang 3 dan insyaallah sebentar lagi. Jadi untuk magang 3 belum bisa share pengalaman -_- . Nah itu yang dipelajari di PGSD Unissula. Menyenangkan sekali bukan? Mungkin di PGSD seluruh Indonesia pun begitu.

Mata kuliah dan Tugas yang Khas di jurusan PGSD

Mata kuliah yang diajarkan di jurusan PGSD sangat beragam. Saya sudah menjelaskan sebelumnya guru SD merupakan orang yang multitalent karena belajar semua. Bahkan untuk sekarang tekhnologi informasi dan komunikasi pun sudah diajarkan di SD dan biasanya menjadi pelajaran tambahan atau bisa disebut dengan ekstrakulikuler. Mata kuliah yang sangat khas di PGSD yaitu pramuka dan microteaching. Mata kuliah pramuka diajarkan pada mahasiswa tidak hanya teori saja tapi juga praktik di dalam maupun diluar ruangan. Itu mengapa saya menyebut kuliah di jurusan ini tidak membosankan karena banyak macam variasi yang dilakukan saat pembelajaran.

Kedua adalah microteacing. Mengapa saya menyebut microteaching adalah mata kuliah yang khas? Karena, mata kuliah ini hanya didapatkan oleh mahasiswa yang basicnya adalah Pendidikan. Microteaching adalah praktik mengajar dimana yang menjadi siswanya biasanya adalah teman kita sendiri. Bisa dibayangkan betapa serunya waktu mata kuliah microtaecing karena berdasarkan pengelaman saya ternyata mengajar teman sendiri lebih lucu dan unik. Sebelum microteahing biasanya dari mahasiswa membuat media pembelajaran sebagai bahan atau alat bantu dalam proses pembelajaran, tetapi yang perlu diketahui bahwa tidak hanya saat akan microteacing saja ya kita membuat media pembelajaran. Bahkan sebelumnya sudah banyak mata kuliah yang membuat media-media pembelajaran. Karena sangat kreatifnya banyak yang menciptakan media pembelajaran unuk-unik. Misalnya media pembelajaran interaktif berbasis digital, modern, tradisional, aplikasi, dan lain sebagainya.

Tips-tips buat kalian semua yang kuliah di jurusan PGSD

Sudah tau apa saja yang dipelajari di jurusan PGSD, kurang lebihnya seperti yang saya ceritakan sebelumnya. Jurusan PGSD belajar tentang berbagai macam hal entah itu yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya. Maka dari itu beruntunglah kalian yang sekarang kuliah di jurusan PGSD karena ilmu yang kita dapatkan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari sekarang, masa depan dan seterusnya. Mulai dari belajar mengatasi masalah, belajar mendidik anak,belajar melatih kesabaran kesabaran. Nah banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh. Kita bisa lebih sayang anak kecil, sabar dengan segala macam hal, dan tentunya masih banyak lagi. Semangat buat kalian yang kuliah di jurusan PGSD manapun, ketahuilah tanpa adanya guru SD profesi-profesi yang ada sekarang ini tidak akan lahir.

Ikut organisasi atau club pengembangan bakat yang kita minati!

Selain tips-tips yang ada diatas adalagi yang ingin saya berikan supaya pengetahuan, pengalaman dan skill kita bertambah dan semakin terasah. Nikmatilah masa kuliah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kampus atau berorganisasi. Karena dari situlah skill dan pengalaman kita akan bertambah dan semakin terasah. Misalnya ada HMJ/HIMA, ada BEM dan organisasi-organisasi lainya. Nah disela-sela kuliah kalian juga bisa meluangkan waktu untuk mengikuti organisasi karena disitu kita akan dilatih public speaking berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang banyak, bekerja sama untuk mencapai tujuan Bersama dan masih banyak lagi. Contoh yang lain juga masih banyak misalnya ikut club-club pengembangan bakat seperti misalnya di PGSD Unissula HMJ mengelola ada club tari, English club, club UT, Paduan Suara, volley, futsal dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja  dan alumni biasanya kerja dimana?

Prospek mahasiswa jurusan PGSD karena basicnya adalah Pendidikan SD maka Sebagian besar dan umunya adalah menjadi guru SD. Tapi selain itu masih ada banyak lagi, kita bisa mengajar bimbel, bisa menjadi koselor, mendirikan les privat, pegawai bank, dan tentunya bisa belajar ke jenjang yang lebih tinggi lagi jika kita ingin menjadi seorang dosen misalnya. Banyak juga alumni dari PGSD Unissula yang ketrima menjadi PNS, selain itu ada juga yang lanjut studi S2 dan menjadi dosen.

Harapan dan Rencana setelah lulus?

Harapan saya setelah lulus kuliah adalah menjadi guru SD. Disamping itu saya ingin menambah pengalaman saya dengan mengikuti berbagai macam kegiatan supaya pengalaman yang saya dapat lebih banyak dan semoga bisa bermanfaat juga buat orang lain, karena untuk sekarang saya ingin lebih berkembang lagi dan mengeksplorasi peluang-peluang yang ada. Selain itu saya ingin sekali bisa studi lanjut ke jenjang S2 karena jujur saya ingin menjadi seorang dosen di jurusan PGSD.

Kode Konten: x200

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *