PGSD

PGSD Universitas Lambung Mangkurat (Dhea)

PGSD Universitas Lambung Mangkurat (Dhea)

Hello. Pasti kalian belum kenal dengan ku kan? Perkenalkan nama lengkapku Dhea Nur Silvia. Teman-temanku memanggilku Dhea, kalian juga boleh memanggilku Silvi, terserah kalian saja. Aku dari Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan tahun 2017. Di tahun ketiga kuliah di jurusan ini, aku menjalani berbagai kegiatan yang menyenangkan terutama mata kuliah bidang keilmuan dan keterampilan. Ingin tau pengalaman menyenangkan diriku? Yuk simak cerita selanjutnya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Bagaimana Aktivitas Perkuliahan di PGSD Universitas Lambung Mangkurat?

Bagi kalian yang ingin bercita-cita menjadi guru, jurusan PGSD adalah salah satu yang diminati jika kalian ingin sekali menjadi seorang guru profesional. Pada awal semester, akan disuguhi oleh beberapa mata kuliah seperti yang sudah pernah dipelajari di sekolah. Seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dll. Mungkin bagi kalian terlihat mudah, tetapi sebenarnya tidak semudah yang kalian bayangkan. Memang tujuan dari adanya mata kuliah tersebut adalah memantapkan diri untuk lebih menguasai materi pelajaran dan mengingat-ingat kembali materi yang sudah pernah dipelajari di sekolah. Di samping itu, diajarkan juga bagaimana cara mengajarkan mata pelajaran tersebut. Kemudian mata kuliah penjaskes, seni rupa dan musik, hingga tari dan drama. Ketika memasuki tahun ketiga, akan ada mata kuliah di bidang keahlian seperti bagaimana merancang rencana pembelajaran, manajemen kelas, hingga penerapan strategi mengajar. Itulah mengapa jurusan PGSD ini dikatakan jurusan di mana mahasiswanya harus serba bisa melakukan apapun.

Bahkan PGSD ULM memfasilitasi mahasiswanya untuk wajib mengikuti unit kegiatan mahasiswa seperti English Club, paduan suara, futsal, protokol, kegiatan rohani, dan masih banyak lagi. Mungkin aktivitasnya terlihat banyak sekali, namun ketika sudah dijalani akan terasa enjoy dan menyenangkan.

Kegiatan Perkuliahan Apa yang Paling Berkesan?

Banyak mata kuliah yang sudah saya ambil selama menjalani enam semester di PGSD. Hampir semua tugas masing-masing mata kuliah adalah membuat makalah secara berkelompok dengan membahas sub-sub materi yang sudah dibagikan oleh dosen kemudian dipresentasikan di depan kelas setiap minggunya. Namun, ada beberapa mata kuliah yang membuat saya berkesan. Diantaranya yaitu Perencanaan Pembelajaran yang saya ambil pada saat semester lima. Kegiatan perkuliahan ini sangat menyenangkan karena ditugas akhirnya yaitu membuat sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran dibuat sebagai alat bantu mengajar sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah dan interaktif. Kala itu, aku bersama kelompokku membuat sebuah media ajar yang diberi nama Hirosima (Himpunan Rotasi Bumi Siang dan Malam). Media yang kami buat ini dikhususkan untuk mata pelajaran IPA. Media ajar tersebut dipresentasikan di depan kelas bagaimana cara penggunaannya. Seperti itulah media ajar yang kami buat. Dengan bahan-bahan ramah lingkungan serta kerjasama yang baik akhirnya kami menciptakan sebuah media ajar interaktif.

pmb2-min

Mata kuliah berkesan yang kedua adalah Keterampilan Dasar Mengajar (KDM). Tugas pertama yang saya peroleh yaitu membuat transkrip rencana pembelajaran dan disimulasikan selama empat minggu secara berkelompok. Secara bergantian, aku dan teman-teman menjadi guru dan menilai guru yang bersimulasi tersebut. Setelah empat minggu membuat transkrip, tugas selanjutnya adalah terjun ke sekolah dasar untuk mengajar. Sebelumnya, kami harus survey dan minta izin ke sekolah dasar untuk diberikan kesempatan praktik mengajar.

Apa Saja Keunikkan Jurusan PGSD Universitas Lambung Mangkurat? 

Ada sebuah ciri khas yang hanya dimiliki oleh kampusku yang membedakannya dengan kampus lainnya yaitu menggunakan seragam. Setiap hari dari senin hingga jum’at kami menggunakan pakaian rok/celana hitam dengan kemeja putih yang ditambahkan dengan balutan almamater biru malam yang menjadi ciri khas PGSD. Tidak seperti kampus lain yang membebaskan mahasiswanya menggunakan baju bebas, sopan dan pantas. Adapun hal demikian dikarenakan sebuah gagasan dari para dosen pendiri kampus PGSD yaitu sebagai upaya pembinaan karakter dan membangun perilaku disiplin karena nantinya kami akan menjadi seorang teladan bagi peserta didik. Tentu saja pada awalnya aku mengeluhkan perihal menggunakan seragam ini. Namun seiring berjalannya waktu, aku mulai memahami latar belakang adanya peraturan mengenai seragam ini. Pastinya setiap peraturan dibuat dengan itikad baik yang tersirat di dalamnya.

Konsentrasi mata kuliah di PGSD tidak jauh dari bagaimana cara membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membuat media ajar, menguasai model dan strategi pembelajaran yang cocok digunakan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang akan diajarkan. Sering kali aku melakukan simulasi praktik mengajar di kelas dengan teman sejawat sebagai muridnya. Beragam model pembelajaran dikuasai dan digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar. Bahkan tidak hanya satu model yang digunakan, tetapi boleh divariasikan. Kemudian tidak hanya mampu model pembelajaran, tetapi juga harus memahami bagaimana penilaian yang dilakukan pada setiap pembelajaran yang berlangsung. Kegiatan pengevaluasian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam belajar. Evaluasi dilakukan sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu Kurikulum 2013 di mana kemampuan siswa tidak hanya diukur pada aspek pengetahuannya (kognitif) tetapi pada aspek lainnya yaitu aspek sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotorik).

Kegiatan praktikum mengajar di sekolah

Tips untuk mahasiswa baru yang ingin berkuliah di PGSD Universitas Lambung Mangkurat .

Bagi adik-adik yang juga ingin menjadi seorang guru sekolah dasar ada beberapa saran dariku ketika menempuh perkuliahan jurusan keguruan. Kalian harus banyak berlatih tampil di depan umum, meningkatkan kepercayaan diri, dan mampu menjadi seorang teladan baik bagi peserta didik maupun bagi sesama. Sangat bangga sekali kan apabila kita mampu membina peserta didik untuk menjadi pribadi yang bermartabat dan membantunya mewujudkan cita-citanya. Lalu, kalian juga akan berhadapan dengan berbagai segala macam ilmu pengetahuan yang akan dipelajari. Bagaimanapun, seorang guru bisa dianalogikan sebagai manusia super yang harus bisa menguasai berbagai bidang ilmu. Pengaruh bagi pribadi sendiri, tentunya kita akan menjadi sosok yang peka sosial, berhati lembut, penyabar, dan penyayang.

Bagaimana Peluang Menjadi Seorang Guru Sekolah Dasar untuk Kedepannya?

Peluang untuk menjadi guru pun sangat banyak. Setiap tahun pasti banyak guru yang pensiun dan pastinya calon guru siap untuk menggantikannya. Sebagian alumni akan melanjutkan studi profesi untuk menjadi guru profesional dan menjadi honorer sembari menunggu kesempatan dibuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil. Peluang kuota penerimaan PNS bagi calon guru sekolah dasar sangat terbuka daripada jurusan lainnya namun tentunya kompetisi di dalamnya juga sangat besar. Jika sudah menjadi PNS, pasti akan terjamin kemudahan dan kenyaman bagi kehidupan kita.

Rencana dan Harapan untuk Menjadi Guru Sekolah Dasar

Rencana ku selanjutnya dalam menempuh pendidikan guru ialah aku ingin sekali mengambil studi profesi keguruan agar menjadi guru yang profesional sehingga dapat meningkatkan keahlian. Jika diberi kesempatan dan rezeki oleh Allah SWT aku ingin sekali melanjutkan studi magister, doktor, bahkan hingga guru besar seperti dosen-dosen di kampusku. Aku tahu, pasti bukan jalan yang mulus untuk menempuh rencana tersebut. Harapannya jalan yang ku lalui ini masih panjang sehingga aku bisa menjadi teladan baik di dunia maupun menjadi amal jariyah untuk kehidupanku di akhirat. Selain itu, aku juga berharap adik-adik tidak memandang rendah seorang guru, melainkan mengistimewakan sosok seorang guru.

Kode konten: X264

Komen dibawah! 12

  1. Sifa

    Assalamualaikum kak, mau bertanya
    Di ULM kan ada jurusan sendratasik, nah apa-apa yang dipelajari disana kak pada semester 1?dan boleh ga kalau aku cuman milih pendidikan tari aja kak?
    Sekian kak terima kasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    • dheansilvia

      Waalaikum salam wr.wb Di ULM ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Juruan pendidikan sendratasik. Beberapa info yg saya ketahui, semua yg berkaitan dengan sendratasik (seni, drama, tari, dll) itu dipelajari sebagai bagian dari mata kuliah di Pendidikan Sendratasik.
      Jika hanya hanya mengambil tari itu tidak bisa ya, karena semua pembelajaran yang berkaitan dengan sendratasik wajib dipelajari sebagai bagian dari mata kuliah yang diambil.
      Semoga membantu??

  2. Lidya

    Kaka sama mau tanya untuk menjadi mahasiswa FKIP PGSD unlam apakah harus menguasai semua pelajaran, sedangkan saya lemah pda mata pelajaran matematika

    • dheansilvia

      Hai Lidya..
      Untuk menjadi seorang guru terutama di sekolah dasar memang kamu harus menguasai semua mata pelajaran. Tetapi saat berkuliah di PGSD, kamu tidak harus pandai di matematika. Karena di PGSD itu belajarnya lebih ke bagaimana cara mengajarkan mata pelajaran tersebut.
      Misalkan ada mata kuliah Pendidikan IPA SD, di situ kamu akan belajar bagaimana cara mengajarkan IPA di sekolah dasar dengan menerapkan strategi/model/metode pembelajaran kemudian bagaimana cara membuat perangkat pembelajaran seperti salah satunya yaitu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mengingat sekarang ini kita sedang menerapkan Kurikulum 2013, di SD itu sistem mata pelajarannya terpadu (tematik) ya, jadi yang kamu perlukan adalah belajar bagaimana cara mengajar, mengogranisasikan siswa-siswa di kelas, serta membuat perangkat pembelajaran.
      Tidak perlu khawatir ya Lidya jika kamu kurang di mapel matematika, karena pada dasarnya penilaian tidak hanya pada aspek kognitif(pengetahuan) saja, tetapi juga pada psikomotorik(keterampilan) dan afektif(sikap) Semangat ya Lidya, semoga kamu bisa masuk jurusan PGSD?? Semoga membantu??

  3. aulia.ps

    Hi kak dea mau nanya nih , berati yg kita pelajari semua pelajaran dari sd aja atau smpai pelajaran sma nya kak?

  4. aulia.ps

    Apa aja yg di bahas dan d pelajri di PGSD ini kak?? Dan apa kah kita bisa mengajar dgn mapel yg kita mau cthny sprti mapel ips/agama?

    • Ruaida Rahmi

      Hai ka dea… Salam kenal, saya Ruaida Rahmi, lulus seleksi SNMPTN 2021 Prodi PGSD di ULM kak… Saya mau nanya, apakah jurusan PGSD hanya bisa mengajar di SD saja? Apakah bisa ngajar di SMP dan SMA juga?
      Apakah ada ekskul/kegiatan yang wajib diikutin buat jurusan PGSD?
      Menurut kaka, pada awal semester itu matkul nya apakah susah?

  5. Andini

    Hi kak dea mau nanya kalau alumni MAN jurusan ilmu agama apakah bisa masuk pgsd di unlam

  6. Ruaida Rahmi

    Hai ka dea… Salam kenal, saya Ruaida Rahmi, lulus seleksi SNMPTN 2021 Prodi PGSD di ULM kak… Saya mau nanya, apakah jurusan PGSD hanya bisa mengajar di SD saja? Apakah bisa ngajar di SMP dan SMA juga?
    Apakah ada ekskul/kegiatan yang wajib diikutin buat jurusan PGSD?
    Menurut kaka, pada awal semester itu matkul nya apakah susah?

  7. Dhea Nur Silvia

    Hai aulia, maaf ya baru bisa balas komentar kamu.
    Di PGSD kamu belajar cara mengajar anak SD ya, bagaimana cara menyusun rencana pembelajaran, strategi mengajar, model-model pembelajaran yg digunakan/sesuai kebutuhan anak SD. Kita juga belajar materi level anak SD atau bahkan SMP/SMA ya, jadi anggapannya kita harus menguasai semua materi kelas 1-6 nah yg pentingnya kamu di PGSD itu belajar bagaimana cara menyampaikan materi kelas 1-6 tsb. Kamu bisa searching ya tentang strategi pembelajaran. Kemudian kita juga mempelajari tentang kurikulum saat ini. Kalau di PGSD pasti kita harus menguasai semu bidang ilmu ya, krna pada dasarnya di SD itu pembelajarannya tematik/terpadu ya. Kalau kamu mau mengajar mapel yg kamu mau saya sarankan kamu utk ke Jurusan IPS atau Jurusan Agama, atau yg lainnya karena di PGSD itu sendiri kita harus menguasai semua bidang ilmu. Semoga membantu ya!

  8. Dhea Nur Silvia

    Hai Andini, bisa saja ya jurusan MAN berkuliah di PGSD ULM atau PTN/PTS lainnya

  9. Raudhatul Amelia

    Hai kak Dhea. Aku mau tanya nih. Alhamdulillah kan aku udah lulus ULM jalur Sbmptn tapi di jurusan PG-PAUD. Apakah bisa nantinya pindah jurusan ke PGSD. Karena dari awal aku minatnya ke PGSD kak. Mohon untuk jwabanya kak terimakasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *