PGSD

PGSD Universitas Negeri Medan (Andar)

PGSD Universitas Negeri Medan (Andar)

Halo sahabat intipkuliah.com, Perkenalkan nama saya Andar Ricca, biasa teman-teman panggil Andar tapi di rumah biasa dipanggil Rika. Jadi sobat intipkuliah.com bisa memilih mau panggil saya dengan Andar atau Rika, Hehe. Saya dari Jurusan PGSD UNM / Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Medan stambuk 2019. Saya akan berbagi cerita dan pengalaman kepada sahabat intipkuliah,com nih selama kuliah di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dari semester 1-2 saat ini, yuk, simak terus sobat. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang Dipelajari di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD Unimed)?

Nah sahabat intipkuliah.com, selama kuliah di jurusan PGSD saya memperlajari berbagai mata kuliah. Meskipun masih mata kuliah yang sederhana saja karena saya masih melewati 2 semester saja nih sahabat. Pada semester 1 terdapat 10 mata kuliah, 3 dari 10 mata kuliah merupakan mata kuliah umum. Salah satu mata kuliah umum adalah perkembangan peserta didik. pada mata kuliah perkembangan peserta didik yang dipelajari tentang perkembangan anak dari bayi hingga dewasa dengan di sertai ciri-ciri perkembangan, teori perkembangan, tahap-tahap perkembangan, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, dan lain-lain. Kalau mata kuliah tidak umum salah satunya yaitu keterampilan dasar pendidikan SD. Pada mata kuliah ini yang dipelajari tentang pendidikan dasar di sekolah, keterampilan belajar, konsep mengajar, keterampilan dasar mengajar di sd dan lain-lain.

unisa

Nah sahabat kalau semester 2 ada 9 mata kuliah, 2 dari 9 mata kuliah merupakan mata kuliah umum. Salah satu mata kuliah umum yaitu psikologi pendidikan. pada mata kuliah tersebut yang dipelajari adalah sejarah psikologi pendidikan, teori-teori psikologi pendidikan, pengertian psikologi pendidikan dan lain-lain. Sedangkan mata kuliah tidak umum salah satunya keterampilan berbahasa Indonesia. yang dipelajari tentang hakikat keterampilan berbahasa Indonesia dan bagaimana pengaplikasiannyanya di SD begitu sahabat.

Image buruk tentang jurusan PGSD tidak ada tuh sahabat, mungkin karena saya masih semester 2 ya, hehe. Tapi banyak pendapat dari mahasiswa jurusan lain tentang jurusan PGSSD nih yaitu jurusan kaum hawa, ya mereka benar sih sahabat memang jurusan PGSD isinya kaum hawa semua, eh tapi ada juga laki-laiknya kok meskipun paling banyak 10 bahkan  tidak ada sahabat. Tapi seru kan menjadi mahasiswa PGSD, apalagi untuk kalian yang gak suka berhitung.

Mata Kuliah yang Paling Berkesan dan Ciri Khas Tugasnya di Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unimed

Sahabat intipkuliah.com , semua mata kuliah di jurusan PGSD memiliki kesan masing-masing . Salah satunya mata kuliah keterampilan dasar pendidikan SD. Mata kuliah ini menjadi berkesan karena mahasiswa benar-benar belajar tentang keterampilan mengajar di SD loh sahabat, di mana untuk menjadi guru sekolah dasar kita harus mempunyai keterampilan mengajar tersebut agar tujuan pembelajaran tersampaikan.

pmb2-min

Ciri tugasnya di jurusan PGSD adalah KKNI, setiap mata kuliah ada 6 tugas ya sahabat. Tugas yang menjadi rutinitas adalah persenntasi materi kelompok. Wih sahabat kalau tugas yang satu ini buat kita selalu enggak siap, karena ketika maju siap-siap mendengarkan pertanyaan yang lari dari pembahasan. Pada jurusan ini kita juga akan terjun kelapangan yaitu ke SD, biasanya tugas lapangan dilakukan 6 kali dan berkaitan dengan tugas Mini Riset. Pada saat terjun kepangan kita akan melihat secara langsung perkembangan anak Sekolah Dasar. Waduh tugas ini sungguh menyenangkan sahabat karena berjumpa dengan anak-anak yang lucu dan menggemaskan.

Gimana sahabat intipkuliah.com? Kamu berminat tidak untuk masuk jurusan ini. mengasikkan sekali kan sahabat bisa terjun langsung kelapangan.

Konsentrasi (Kelompok Keahlian) yang Disediakan oleh Jurusan

Sahabat, di Universitas Negeri Medan ada nih pembagian kelompok keahlian tapi untuk jurusan PGSD saya belum mengetahui informasinya, mungkin karena masih semester 2 ya sahabat. Melalui  pengalaman senior pada Fakultas lain sih ada ketika di Semeter 8. Pada saat pengerjaan skripsi sahabat.

Tips untuk Mahasiswa Baru yang Kuliah di Jurusan Pendiidkan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Kuliah jurusan PGSD sangat menyenangkan ya sahabat. Namun persaingan untuk lulus sangat ketat pula, karena jurusan PGSD di Universitas Negeri Medan memiliki banyak peminat. Pada tahun 2019 jurusan PGSD nomor 1 kategori peminat paling banyak. Jadi harus belajar sungguh-sungguh agar bisa lulus tes di perguruan tinggi.

Jika sudah lulus, harus bersyukur dan serius dalam  mengikuti kegiatan perkuliahan. karena kalian termasuk orang beruntung.  Selain itu, dengan tugas KKNI jangan anggap sebagai beban namun teman. bagi kalian ya sahabat, tidak perlu stres, cukup enjoy dan selalu berdoa agar dapat menyelesaikan segala tugas sesuai dengan ketentuan bapak/ibu dosen. Selanjutnya, rajin membaca buku dengan berbagai referensi yang ada tentang dunia pendidikan yang berkaitan dengan PGSD.

Jika ingin mengikuti organisasi sah-sah saja ya sahabat, namun kita harus bisa menyesuaikan dengan kegiatan perkuliahan. Jangan sampai kegiatan perkuliahan terbengkalai karena mengikuti organisasi ya sahabat. mengikuti organisasi dapat menambah relasi kita loh, ilmu pengetahuan juga.

Prospek Kerja Alumni PGSD Universitas Negeri Medan

Setelah membaca bagian di atas, kalian pasti ingin tahu prospek kerja ketika lulus dari jurusan PGSD, kan sahabat? Nah sesuai dengan nama jurusannya, ketika lulus kalian akan bekerja sebagai:

  1. Guru, setelah lulus profesi yang akan digeluti yaitu guru SD. Saat ini ketersediaan guru SD masih sedikit dan belum memenuhi kebutuhan, terutama di daerah-daerah pedalaman.
  2. Tutor, Tutor adalah orang yang membelajarkan atau orang yang memfasilitasi proses pembelajaran di kelompok belajar. Saat menempuh pendidikan PGSD dipelajari semua pelajaran jadi lulusan PGSD bisa menjadi tutor di kelompok belajar ya sahabat.

Harapan dan Rencana Saya Setelah Lulus dari Jurusan PGSD

Baiklah sahabat saya telah bercerita tentang jurusan saya. Sekarang saya ingin memberitahu sahabat harapan dan rencana saya ketika lulus dari jurusan PGSD yaaaaa.

Harapan saya setelah lulus dari jurusan PGSD ialah bisa melanjutkan studi ke jenjang S2 dengan spesifikasi bidang yang sesuai dengan jurusan sebelumnya karena saya ingin menjadi seorang dosen. Rencananya saya ingin melanjutkan kuliah S2 dengan beasiswa d UNY (Universitas Negeri Yogyakarta).. melihat kondisi ekonomi keluarga yang di bawah kata mampu untuk melanjutkan S2 tanpa beasiswa hanyalah mimpi besar saya saja. Untuk itu saya harus bersungguh-sungguh agar bisa mendapatkan beasiswa tersebut dengan berusaha lulus menjadi mahasisiwa terbaik di UNIMED. Namun adapun recana lain  ketika lulus yaitu menjadi guru honorer SD, Relawan pendidikan di daerah-daerah pedalaman yang kurang tenaga pendidik, dan mencoba tes PNS. Hal tersebut saya lakukan jikalau tidak terwujudnya rencana untuk menyambung S2 di UNY (Univesitas Negeri Yogyakarta).

Begitulah harapan dan rencana saya sahabat intipkuliah.com

Kode Konten: X144

Komen dibawah! 11

  1. Yuli madalena purba

    Saya ingin kuliah di unimed jalur mandiri ?
    Tapi saya bingung daftar nya gimana

  2. Legianto

    Saya rencana mau ikut snmptn untk masuk ke PGSD Unimed tapi nilai rapor saya standar rata2 delapan kira2 bisa lolos apa gk ya kk. Sebagai pendukung saya ada tiga sertifikat tingkat provinsi. Kk rica lulus jalur undangan atau ujian tulis.

  3. Miftahul Jannah

    Jumlah rata rata nilai yg dibutuhkan untuk jalur snmptn pgsd berapa ya kak? Apakah ada mata pelajaran yang khusus untuk dipelajari agar masuk di jurusan pgsd dengan jalur snmptn??

  4. Tiaaa

    Anak ipa atau ips yg bisa masuk pgsd ini ya??

  5. Arsyoung

    Spp/ukt persemester pgsd di unimed berapa sih dek?

  6. Alodya

    Kk aku anak IPA, bisa tidak aku masuk jurusan PGSD di Unimed??

  7. Priska Krisdayanti Gulo

    Kak nilai saya juga hanya rata2 delapan apakah bisa lolos jalur snmptn ? Saya sdh memilih pgsd sebagai pilihan pertama di unimed ?

  8. Dea Tiara Azhari

    Kak apa perbedaan kita kuliah pgsd di unimed sama di UT (Universitas Terbuka)

  9. Nurhamida

    Kk kalau boleh tau apasajasih yang di bahas di ujian nanti tapi dng jalur mandiri ya kk

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *