PGSD, Uncategorized, Universitas Negeri Padang

PGSD Universitas Negeri Padang (Bayu)

PGSD Universitas Negeri Padang (Bayu)

Halo sobat intipers! Aku Bayu Rachman dari jurusan PGSD Universitas Negeri Padang 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan PGSD Universitas Negeri Padang itu seperti apa?

Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolh Dasar) itu secara umumnya mempersiapkan tenaga pendidik mengajarkan anak-anak pada tingkat sekolah dasar. Jurusan PGSD ini banyaknya nanti menjadi seorang guru, jadi harus dari gurunya dulu untuk mempersiapkan semuanya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kemudian bagaimana cara kita mengajarkan nantinya melalui metode-metode, kemudian pendekatan apa yang bagus saat kita mengajarkan anak didik, itu secara garis umumnya kita akan mengajar ke anak-anak SD.

Mitos atau stigma di jurusan ini?

Sedikit sih, seperti misalnya yang jadi guru itu adalah cewe, sedangkan yang cowo itu jarang yang mencoba di jurusan ini, mereka itu banyak yang tidak mau untuk menjadi guru karena tkaut malu, kay abukan kebiasaan yang cowo. Kalau yang cewe itu kan ramah ke anak-anak, dan kalau cowo itu sedikit pemalu.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan PGSD Universitas Negeri Padang?

Jadi alasannya jujur dari unsur paksaan juga, karena saya gak mau masuk jurusan PGSD. Saya maunya kedinasan sepeti STAN. Karena waktu itu belum rezeki dan belum kesempatan, jadi saya ikut SBMPTN, dan pada saat pemilihan jurusan pun saya dipaksa oleh orang tua, karena orang tua juga guru, jadi saya mencoba mendaftar dan akhirnya nyaman dengan jurusan ini. Sedikit informasi buat temen-temen semua, biasanya di sekolah dasar itu cepet naik pangkatnya dan bisa jadi kepala sekolah dan dia bisa membantu semua kegiatan di sekolah dasar.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau menjadi guru sekolah dasar semua mata pelajaran yang kita ketahui  semua kita pelajari, seperti biologi, kimia, fisika, IPS, jadi kita harus tau dan paham semua materi. Banyak lagi yang harus kita pelajari, karena dari sekolah dasar lah kita mengetahui semua pelajaran. Kita juga mengajarkan kesenian, agama, matematika dan sebagainya.

Membuat video untuk mahasiswa berprestasi tahun 2021

Praktikum di jurusan PGSD Universitas Negeri Padang?

Kalau di PGSD ada praktikumnya, ada KKN sama PPL nya juga. Jadi pada saat kita praktik lapangan itu kita mengganti guru itu mengajar. Kalau di jurusan ku itu 3 SKS PPL nya, jadi kita mempraktikan apa yang telah kita dapatkan selama perkuliahan. Pada saat praktik lapangan inilah kita mengimplementasikan apa yang telah kita pelajari selama kuliah. Harus pandai-pandai kita metode pendekatan ke masing-masing siswa. Jadi seorang guru sebelum mempraktikan harus tau semua itu.

Kalau di SD itu ada kelas bawah dan kelas atas. Kelas bawah itu 1-3 dan kelas atas itu 4-6. Guru-guru kelas bawah itu memang harus potensinya yang juga bagus, bukan semena-mana gitu. RPP kita belajar di semester ini, jadi di mata kuliah ini diajarkan bikin RPP, alokasi waktunya, kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Di masing-masing kegiatan itu banyak materi yang harus disiapkan. Seperti pendahuluan mengucapkan salam, bernyanyi dan lain sebagainya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau PGSD itu ada konsentrasinya yaitu IPA, IPS, Matematika, Bahasa, dan PPKN. Konsentrasi ini bisa dipilih di semester 5, dan sebelum kita memilih harus mengetahui dulu passion kita, cocoknya di bidang apa. Dari konsentrasi itu menyiapkan skripsi, jadi harus bersangkut paut dengan konsentrasi kita. Kalau aku sendiri maunya IPS.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Ada 3 jalur. Yang pertama ada jalur SNMPTN, SBMPTN, ujian mandiri. Kalau aku kemarin itu melalui ujian tulis berbasis komputer. Aku SNMPTN gak dapet, jadi aku mempersiapkan SBMPTN. Ada instagramnya @unp disana bisa liat informasi terkait universitas negeri padang.

Ada tips buat mahasiswa baru PGSD Universitas Negeri Padang?

Kalau tips dari aku sih, temen-temen liat dulu potensinya, jangan setengah-setengah niatnya kalau mau ke PGSD. Alangkah baiknya jikalau temen-temen udah memilih yang pertama itu, komitmen dengan pilihan kita itu. Kalau kita komitmen kalian akan lebih mudah kedepannya. Harus prepare sebelum kita memilih

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Jadi kalau PGSD ini masuk ke dunia pekerjaan kebanyakan guru, dosen, kalau misalkan lanjut S2 atau S3. Bisa juga masuk ke konsultan pendidikan kalau melanjutkan sekolah lagi. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau dari aku sih pribadi mau jadi dosen, karena cita-citanya mau lanjut ke S2. Karena kalau guru itu banyak, temen-temen kalau udah punya potensi itu bisa jadi guru.

 

 Kode konten: C587

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *