PGSD, Universitas Negeri Semarang

PGSD Universitas Negeri Semarang (Septyana)

PGSD Universitas Negeri Semarang (Septyana)

Halo sobat intipers! Aku Septiyana Candra Puspita jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar / PGSD Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang itu seperti apa?

PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar itu mencetak calon-calon pendidik sebagai calon-calon Guru SD. Untuk PGSD di Unes ini ada PGSD Ngaliyan dan PGSD Tegal. Kalau di PGSD Ngaliyan agak jauh dari Gunung Pati kampus pusat. Kalau PGSD Tegal di kota Tegal.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang?

Ini cerita ya, perihal alasan saya memilih PGSD. Sebelumnya saya itu dari SMA itu jurusannya IPA, sedangkan di PGSD itu kan Soshum jadinya saya lintas jurusan. Tapi tidak menurunkan tingkat semangat saya. Jadi saya ingin sekali masuk PGSD ini dorongan dari orangtua, keluarga, guru-guru saya, dan juga dari diri saya sendiri. Saya pengen sekali kuliah di PGSD, padahal banyak juga jurusan-jurusan yang branded misal kedokteran, psikologi, tapi saya itu pengen kuliah di PGSD, karena PGSD ini mencetak calon-calon guru dan saya itu ingin mentransfer ilmu saya ini untuk bangsa.

Juga menurut saya itu sebuah ilmu itu kan amal jariyah, dan juga saya suka dengan anak kecil. Karena anak SD kan ini gemes-gemes dan jujur-jujur, gak kaya mungkin anak SMP, SMA yang bandel. Selain itu, karena memang guru SD ini kan kerjanya gak sampai larut malam, mungkin kaya guru SMA kan sampai jam empat seperti itu, kalau guru SD kan cuman sampai jam satu. Jadi nanti saya itu akan berkarier di pendidikan, saya juga bisa mengurus anak saya, suami saya, juga keluarga saya. Apalagi kalau SD sekarang kan Sabtu juga libur, jadi nanti itu bisa refreshing dengan keluarga. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian mandiri. Saya kebetulan masuk di ujian mandiri. Sebelumnya saya ikut SNM, SBM, tapi gak keterima di PGSD, mungkin belum rezekinya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau di PGSD ini secara garis besar memang kita cuman mempelajari kulit-kulitnya aja, cover-cover dari beberapa jurusan, jadi kita itu berasa kuliah di satu universitas. Ada fisika, kimia, semuanya kita pelajari, juga IPS. Jadi ciri khas dari PGSD itu mata kuliahnya kaya seni musik, seni tari, terus juga ada keterampilan seperti membuat rajut, taplak dan lain –lain. Selain itu, ada KKL, PPL ke SD yang ada di sekitar Semarang dan juga KKN.

Slide1

Praktikum di PGSD Universitas Negeri Semarang

Kalau praktikum di PGSD Unes untuk semester awal, kita juga ada konsep pembelajaran IPA, jadi praktikumnya nanti kaya mengulang SMA. Tetapi kalau kuliah kan harus sesuai RPS, jadi praktikumnya cepat perkelompok. Kalau dulu itu tentang klorofil pada tumbuhan, itu juga kita mengajarkan ke anak-anak SD. Untuk praktiknya ada juga praktik menari, nanti di semester tiga, ada sepuluh rombel kalau di PGSD Ngaliyan, nanti dibagi ada yang praktik tari, dan juga ada yang musik. 

Nanti ada sebuah pagelaran, disitu mahasiswa secara berkelompok menari menampilkan hasil karyanya, dan disaksikan oleh semua angkatan dan juga bapak ibu dosen yang ada di PGSD, seperti dibuat sebuah pentas gitu. Kemudian kalau musik itu disebuah auditorium nanti ditampilkan, nanti juga per rombel di kelompok-kelompokkan seperti tari. Kita gak sekedar menyanyi, tapi kita menciptakan sebuah lagu anak-anak untuk anak SD. Kalau praktik banyak, simulasi pembelajaran juga kita praktik. Jadi kita dituntut untuk bisa mensimulasikan pembelajaran, karena nantinya di semester 7 kita akan ada PPL ke SD.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di PGSD gak ada, jadi gak ada kelompok konsentrasi. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru PGSD Universitas Negeri Semarang?

Untuk tips agar kita keren di PGSD itu, yang pertama kita gak hanya segi kemampuan saja, kita juga harus terampil dan rajin. Selain dari pengetahuan, kita juga dituntut untuk keren di keterampilannya, karena banyak juga mata kuliah yang menuntut keterampilan seperti tadi kaya keterampilan tangan, terus juga ada kesenian. 

Nanti juga di PGSD banyak sekali organisasi, yaitu ada Hima, kebetulan saya di Hima dua periode, dan saya sekarang di BEM KM juga. Selain Hima, ada juga Pramuka. Jadi pramuka nanti di semester satu dan dua itu wajib, terus ada KSR. KSR juga di semester satu dan dua wajib, nanti ada kaya diklatsar, kaya gitu-gitu. Masih banyak lagi organisasi yang ada di PGSD. Untuk adik-adik yang ingin ke PGSD, selain kita juga harus pandai di pengetahuan dan juga keterampilan dari segi kognitif , dari segi afektif juga kita harus keren. Dengan bapak ibu dosen kita harus sopan, karena nantinya kita akan terjun langsung di lapangan jadi guru SD yang gak hanya untuk anak-anak SD, tetapi juga wali murid, juga warga sekitar. Bahkan banyak dari anak-anak PGSD yang nantinya juga akan menjadi guru di tempatnya ketika dia SD. 

Hima PGSD 2019

Hima PGSD 2019

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak sekali yang mengira kalau PGSD ini jadi guru, oke kita memang nantinya akan jadi guru, tapi banyak sekali pekerjaan yang nanti bakal ada terobosan dari anak PGSD. Karena anak PGSD dari kuliahnya itukan kita kuliah pengetahuan dan juga keterampilannya juga banyak, pastinya anak PGSD rajin-rajin, jadi banyak sekali prospek kerja, salah satunya les privat. 

Les privat itu kan biasanya satu anak itu kan bisa sampe lima puluh ribu rupiah, nah bayangkan jika banyak anak yang les privatnya. Itu salah satunya, yang kedua bisa jadi konselor pendidikan, terus juga guru SD negeri ataupun swasta, paling-paling jadi batu loncatan bagi anak PGSD untuk mendapatkan karir yang lebih dari itu. Kemudian ada yang menjadi guru di luar negeri, entrepreneur. Di jurusan PGSD juga ada mata kuliah kewirausahaan juga di semester tiga, jadi itu mendukung banget. Apalagi nanti bekerjanya setengah hari, jadi sisanya bisa usaha. Kemudian juga bisa jadi dosen. 

Kode konten: C342

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *