PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia

PGSD Universitas Pendidikan Indonesia (Dhea)

Halo sobat intipers! Aku Dhea dari PGSD Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan PGSD Universitas Pendidikan Indonesia itu seperti apa?

Jurusan PGSD secara garis besar di jurusan ini membahas tentang ilmu-ilmu yang diajarkan di sekolah dasar dan mata kuliah yang ada dipersiapkan untuk mahasiswanya nanti ketika menjadi seorang tenaga pendidik yang lebih kompeten dan professional. Banyak banget di jurusan PGSD mata kuliah yang dipelajari seperti Matematika, IPS, IPA dan ilmu yang berkaitan dengan kependidikan itu sendiri.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan PGSD Universitas Pendidikan Indonesia?

Jadi tuh awalnya gini kan kalau misalnya masih kecil ditanya cita-citanya mau jadi apa, dan aku selalu jawab pengen jadi guru jadi udah kayak kepikiran sejak SD. Dan setelah itu coba daftar di kampus ini karena keluarga besar juga kebanyakan menjadi seorang guru akhirnya memutuskan untuk memilih jurusan PGSD ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Di PGSD sendiri karena basicnya pendidikan jadi mata kuliahnya tentu saja berkaitan dengan pendidikan, uniknya di jurusan ini saat masuk semester empat nama mata kuliah selalu diawali dengan kata “pembelajaran”. Sebenarnya tidak hanya itu kita juga belajar tentang psikologi pendidikan, strategi pembelajaran dan banyak lainnya. Tugas khusus tentang pendidikan yang nantinya menyiapkan mahasiswanya sebagai pendidik yang professional jadi seorang guru harus mempersiapkan seperangkat pembelajaran kayak RPP, menyiapkan bahan-bahan pembelajaran, metode belajar, evaluasi dan yang harus di kemas dengan menarik agar anak SD tidak merasa terbebani dengan tugasnya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Setau aku ada di semester atas, karena aku juga belum terlalu paham. Tapi ada paket mata kuliah khusus tentang penelitian pendidikan yang nantinya lebih ke konsentrasi ke mata pelajaran yang ada di SD seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Kalau paket pendidikan kewirausahaan nanti misalnya dia lulusnya gak mau guru terus jadi dibekali dengan ilmu kewirausahaan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik disini

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Di jurusan aku itu tersedia tiga jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN dan mandiri. Dan kebetulan di jurusan PGSD ini adalah jurusan yang paling banyak daya tampungnya sampai 200 mahasiswa, untuk di SNMPTN menerima 60 siswa, SBMPTN menerima 90 mahasiswa dan mandiri menerima 50 mahasiswa.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tips untuk teman-teman yang sudah masuk di jurusan PGSD tetap semangat, tetap sabar dalam mengerjakan tugas, karena tugasnya membuat metode pembelajaran harus dipahami detailnya seperti apa agar kedepannya kita tidak salah untuk membuat seperangkat pembelajaran itu. Jangan berpikir kalau jurusan PGSD semenyeramkan itu karena nyatanya tidak seperti itu juga.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospeknya tentu saja berpeluang besar untuk menjadi guru atau tenaga pendidik di sekolah-sekolah dasar, peluangnya terbuka lebar dan besar banget karena kan kita bisa lihat di setiap kecamatan aja ada beberapa SD dan di Negara kita juga membutuhkan tenaga pengajar yang kompeten untuk mencerdaskan generasi muda. Kalau misalnya kalian udah masuk di jurusan PGSD tapi merasa tidak cocok kalian bisa ambil paket kewirausahaan buat kalian yang punya jiwa-jiwa menjadi seorang pengusaha. Kalau lulusan dari UPI sendiri sudah banyak yang jadi guru.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana dan harapan aku yang pastinya setelah lulus bisa langsung terjun ke lapangan untuk bisa mengajar dan menjadi guru yang lebih baik dan mengubah pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Dan setelah terju lapangan aku juga punya rencana untuk lanjut S2 tapi sebelum itu aku mau daftar PPG dulu atau sertifikasi seorang guru.

Q&A

  1. Kak di jurusan PGSD ada tugas paper gak, soalnya aku punya saudara di Hubungan Internasional bikin paper mulu?

Di PGSD ini selain tugasnya membuat seperangkat pembelajaran kita juga dituntut untuk menghasilkan karya tulis kayak resume, artikel, makalah dan esai.

  1. Kalau kita pilih SBM UPI kalau lulus nanti kita masuknya di kampus mana kak?

Kalau PGSD kan terbagi kedalam beberapa cabang, itu tergantung kita daftarnya dimana. Karena saat proses pendaftaran itu nanti terbagi PGSD kampus siliwangi itu dikampus utama dan PGSD kampus Cibiru, ada PGSD Tasik, dan PGSD Purwakarta.

Kode konten: C888

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.