PGSD

PGSD Universitas Samudra (Atiya)

PGSD Universitas Samudra (Atiya)

Halo sobat intipers! Aku Atiya Husna dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar / PGSD Universitas Samudra angkatan 2018 . Kali ini aku ingin sharing peng mbalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan PGSD Universitas Samudra seperti apa?

Jurusan PGSD itu membentuk mahasiswa menjadi seorang guru yang dapat mengajar untuk anak-anak usia SD. Jadi, kita belajar di PGSD itu dibentuk untuk bisa mengajar anak-anak SD dari yang untuk membentuk mereka sebagai penerus. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan PGSD Universitas Samudra?

Alasannya, karena saya pengen mengajar anak-anak dan membentuk karakter mereka untuk bisa jadi lebih baik. Demi kemajuan bangsa juga kan. Kedua, karena prospek kerjanya. Jadi, setiap tahun itu pasti ada pensiunan dari guru SD. Maka dari itu, prospeknya itu berputar karena pengajar yang sudah cukup usianya dipensiunkan dan diganti dengan pengajar muda.  

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas itu ada Telaah Kurikulum SD, Perkembangan Karakter Anak. Di mata kuliah Perkembangan Karakter Anak kita membahas sebenernya di usia berapa anak harus belajar dan menempuh pendidikan SD. Kita belajar dari Finlandia, ternyata umur anak wajib belajar di SD itu 7 tahun. Jadi mereka harus difokuskan pada bermain dan mengenal dunia, kita tidak memfokuskan pada materi yang membuat kerja otak mereka lebih keras. Dari mata kuliah itu kita tahu perkembangan anak itu gimana, ternyata banyak sifat dan sikap dari mereka. Nah, yang katanya bandel tapi sebenernya itu hiperaktif. 

Kalau mata kuliah Telaah Kurikulum SD itu kita belajar perangkat, media pembelajaran. RPP itu kita gunakan sebagai panduan kita mengajar sebagai guru. Di mata kuliah ini kita ambil juga dari silabus yang disediakan pemerintah. Jadi kita buat RPP dari silabus tadi. Selain itu kita juga  bahasa tentang evaluasi pembelajaran. Dari situ lah kita menilai anak-anak berdasarkan pembelajaran yang sudah dilakukan bersama.  

Kita juga nanti ada KKN. Kita terjun ke masyarakatnya dan ke anak-anaknya juga. 

Kalau pengelompokkan mungkin dalam hal tugas. Ada yang nanti ngajarnya anak kelas 1 dst. Mahasiswa PGSD dipersiapkan untuk mengajar di jenjang SD kelas berapapun dari kelas 1 – 6. Kita juga belajar semua mata pelajaran mulai dari matematika, IPA, IPS, dsb. Di pembelajaran SD sekarang menggunakan tematik terpadu. Itu pengelompokkan beberapa mata pelajaran untuk diajarkan ke anak. Misalnya pelajaran IPA dikelompokkan dengan matematika, bahasa Indonesia. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Saya menggunakan jalur SNMPTN. Jadi, nilai rapot saya cukup untuk saya bisa masuk lewat jalur SNMPTN. Di tahun saya jalurnya ada SNMPTN, SBMPTN dan mandiri. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru PGSD Universitas Samudra?

Untuk anak SMA, jangan terlalu keras belajarnya. Imbangi dengan bermain. Jadi gak penat, jadikan belajar sesuatu yang menyenangkan. Dari situ kita bisa mendapat hasil yang bagus. Intinya seimbangkan sih. 

Kalau untuk mahasiswa baru, tiap mata kuliah yang sulit itu dijalani aja. Misalnya kita gak paham, itu tanya ke teman atau ke dosen. Perbanyak relasi juga, kita sama senior sebisa mungkin dekat untuk saling cari tahu informasi kuliah di jurusan ini. 

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencana saya ke depannya, ingin menjadi guru SD dan mencoba untuk lolos CPNS. 

Kode konten: C582

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *