PGSD UPI (Leonita)

Hallo, perkenalkan nama saya Leonita Antini, saya merupakan mahasiswa yang merantau dari Bangka Belitung. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kampus Bumi Siliwangi, Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2017 masuk melalui jalur SNMPTN. Saat ini, saya aktif sebagai Ketua Komisi di Dewan Perwakilan Mahasiswa Himpunan Prodi PGSD dan sedang menjabat sebagai Duta Pendidikan Bumi Siliwangi 2019.

Berbicara mengenai jurusan yang saya ambil, PGSD merupakan jurusan yang cukup favorit dan banyak diminati di UPI. PGSD adalah jurusan yang juga terdapat di semua Kampus Daerah UPI, dimulai dari Cibiru, Purwakarta, Tasikmalaya, Sumedang, dan Serang. Daya tampung jurusan ini juga cukup banyak di PGSD Bumi Siliwangi saja terdapat empat kelas, dimana satu kelasnya bisa menampung 40 orang, wah cukup banyakkan?

unisa

Mendengar jurusan PGSD tentunya sudah umum, tapi nyatanya masih banyak kok yang belum tahu apa itu PGSD. Apa saja sih yang kami pelajari? banyak yang beranggapan katanya jurusan yang kuliahnya cukup gampang hanya belajar mata pelajaran di SD sambil bermain dan bernyanyi saja? apasih perbedaan PGSD Bumi Siliwangi dengan PGSD yang ada di Kampus UPI lainnya? dan apa keuntungan serta peluang mengambil jurusan PGSD? Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya akan berbagi cerita mengenai pengalaman saya selama kurang lebih 6 semester kuliah di Jurusan PGSD Bumi Siliwangi.

APA ITU PGSD?

Pertama-tama saya akan membahas apa sih PGSD itu? Jadi PGSD adalah kepanjangan dari Pendidikan Guru Sekola Dasar yang jurusannya nanti dipersiapkan untuk menjadi seorang tenaga pendidik di SD. Dibekali ilmu-ilmu tentang pedagogik atau cara mendidik anak serta bekali semua materi pelajaran di SD dimulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Inggris, PPKn, IPS, IPA ,Kesenian ( seni rupa, seni tari dan seni musik) dan PJOK dan Agama walaupun kedua mata pelajaran ini sudah ada guru khusus. Dalam kata lain kita dituntut harus serba bisa.

BELAJAR APA AJA DI PGSD?

Kemudian apa saja sih yang dipelajari di PGSD? Banyak sekali tentunya dari disiplin ilmu dan pelajaran yang mendukung dunia ke-SD-an. Pada semester 1 mata kuliah yang pejari mulai dari Konsep Dasar Matematika, Konsep Dasar IPA, Konsep Dasar IPS, Konsep Dasar PKN, Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Pendidikan Agama Islam dan PPKn. Mata kuliah tersebut adalah fondasi awal untuk melangkah kedunia ke-SD-an untuk matkul konsep dasar sendiri merupakan pelajaran yang sebelumnya sudah kita pelajari dijenjang pendidikan sebelumnya.

pmb2-min

Semester 2 – 4

Selanjutnya disemester 2 mempelajari Bahasa Inggris untuk SD, Pendidikan Bahasa dan Sastra di SD kelas Rendah, Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Karakter, Pengembangan Kurikuler, Filsafat Pendidikan, Pedagogika, Bimbingan Konseling dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Untuk semester ini lebih dikuatkan mengenai pegangan untuk mengajar di SD nantinya seperti Filsafat dan Pedagogika dan BK untuk memahami dan mengangani peserta didik nanti.

Sedangkan disemester 3 matkul yang dikontrak yaitu Bahasa Inggris di SD, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Matematika 1, Pendidikan IPA di SD, Pengelolaan Kelas, Pendidikan Inklusif, Andragogi, Kurikulum dan Pembelajaran serta Pendidikan Sosial Budaya. Untuk di semester ini kita mulai dikenalkan apa itu RPP atau rancangan rencana pembelajaran.

Disemester 4 matkul yang saya ambil yaitu Pendidikan Bahasa Daerah, Pendidikan Lingkungan Hidup, Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Bidang Studi, Belajar dan Pembelajaran, Sosiologi Pendidika, Pengolaan Pendidikan, Pendidikan Jasmani dan Olahraga dan Penelitian Pendidikan.

Semester 5-7

Nah untuk semester 5 barulah mata kuliah untuk mata pelajaran di SD dan bagaimana cara mengajarkannya. Seperti Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonsia di SD kelas tinggi,Ā  Geometeri dan Pengukuran, Fisika dan Kimia, Pembelajaran IPS di SD kelas Tinggi, PKN di SD, Pendidikan Kewiraushaan, Literasi ICT dan Media Pembelajaran Di SD dan Evaluasi Pembelajaran.

Semester 6 dan semester 7 sendiri mulailah ada konsentrasi yang berupa matkul berupa pendalaman dan pengembangan dari Matematika, Bahasa Indonesia, PPKn, IPS, dan IPA. Di semester ini juga mulai muncul matkuliah untuk menunjang kita untuk skripsi nanti seperti stastika, metode penelitian dan sebagainya.

GAMPANG YA KULIAH DI PGSD?

Pertanyaan selanjutnya yang akan saya jawab gampang ga sih kuliah di PGSD? Menurut saya kuliah di PGSD susah susah gampang tapi asik kok. Hal yang luar biasa adalah kita dituntut serba bisa menguasai semua mata pelajaran dan bagaimana cara mengajarkannya kepada anak SD agar sesuai dengan tahap perkembangannya. Walaupun kadang terlihat mudah contohnya 1+1= 2 , tapi kebaliknya kita harus tau bagaimana dan darimana hasil operasi tersebut didapat. Di tuntut bagaimana seni kita mengajar agar berkesan pada anak didik kita. Menjadi guru yang professional tentunya yang terdiri dari kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan professional.

MATA KULIAH YANG BERKESAN

Untuk mata kuliah yang sering dipelajari yang paling berkesan selama saya di PGSD ketika saya mengontrak kuliah Pendidikan Seni Musik dimana kita dituntut harus bisa membuat atau menciptakan lagu sendiri rasa senang tentunya sekaligus bangga bisa menghasilkan sebuah karya dimana dari dasar sekali belajar tentang musik. Adapaun mata kuliah yang sangat berkesan selanjutnya ketika mengontrak mata kuliah seni rupa dan seni tari, dimana UAS harus digabungkan menjadi satu dan membuat pagelaran satu angkatan dimana segala sesuatu harus dibuat sendiri mulai dari kostum, aksesoris dan kebutuhan lainnya, tantang terbesal hal tersebut ketika diharuskan menari tapi saya tidak bisa menari tapi karena latihan dan berusaha akhirnya bisa. Sedangkan mata kuliah favorit saya adalah PPKn dan Pedagogika karena intisari yang saya dapatkan pada matakuliah ini adalah mengajar bukan tentang pengetahuan dan konten saja tapi tentang makna untuk kehidupan.

TUGAS DI PGSD UPI?

Bagaimana sih tugas yang berikan tugas di PGSD? Tugas yang diberikan berupa makalah, resume,portopolio seperti karya-karya seni dimulai dari gambar, mozaik dan lainnya, media pembelajaran, RPP, observasi ke lapangan seperti sekolah-sekolah. Mulai dari SD sampai ke SLB. Mengamati situasi kondisi saat belajar merasakan terjun langsung dan simulasi mengajar menggunakan suatu metode/ model pembelajaran. Tugas yang seru kadang-kadang diminta untuk membuat ice breaking ataupun game bersama teman kelompok.

PERBEDAAN PGSD BUMSIL DAN KAMPUS LAINNYA

Apasih perbedaan PGSD Bumi Siliwangi dengan PGSD yang ada di Kampus UPI lainnya? Sebenarnya Perbedaan PGSD Bumi Siliwangi dengan PGSD yang ada dikampus daerah hanya beda lokasi saja. Kurikulum dan matakuliah yang dikontrak sama saja. Mungkin keunggulannya untuk PGSD Bumi Siliwangi berada dipusat atau di kampus utama. Sarana dan prasarana lebih lengkap dan lebih rame karena bisa punya teman dari berbagai fakultas dan jurusan.

KONSENTRASI DI PGSD UPI

Di PGSD UPI konsentrasi dimulai saat semester 6. Adapun konsentrasi yang dibuka berupa mata pelajaran yang ada di SD seperti IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika. Kita hanya diperbolehkan untuk menggambil 3 mata pelajaran tersebut sesuai dengan apa yang diminati. Seperti saat ini saya mengambil konsentrasi IPA, Matematika dan PPKn. Konsentrasi tersebut berupa pendalaman dan pengembangan materi.

PELUANG DAN PROSPEK KERJA

Keuntungan serta peluang mengambil jurusan PGSD? Menurut saya prbiadi keuntungan dari masuk PGSD ketika kita lulus nanti walaupun tidak menjadi seorang Guru di SD setidaknya kita bisa menjadi guru untuk anak-anak kita sendiri. Dengan basic pedagogik yang kita miliki terutama bagi seorang seperempuan karena madrasah pertama untuk anaknya. Selanjutnya kita bisa membuka les atau privat untuk menambah penghasilan. Bahwa keuntungan lainnya dari guru SD ketika kerja nanti apalagi bagi seorang perempuan bisa sambil mengurus rumah tangga. Karena waktunya tidak terlalu menguras waktu berbeda dengan pegawai kantoran apalagi di SD yang waktunya relatif lebih singkat. Peluangnya sendiri seperti kita ketahui guru adalah pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot. Kebutuhan akan guru pasti terus ada. Seperti peluang untuk menjadi seorang ASN akan selalu dibuka oleh pemerintah.

Alumni PGSD bisa kerja di mana saja? Umumnya bisa menjadi wali kelas atau guru bidang studi. Mungkin untuk yang sudah lama bisa diangkat menjadi kepala sekolah dan pindah ke dinas pendidikan. Untuk yang berjiwa entrepreneur bisa membuka bisnis bimbel juga, mengajar di LPK, dan juga ada yang menjadi master teacher di salah satu bimbel online di Indonesia. Nah menarik bukan untuk kiprah alumni PGSD?

Sekian cerita dan pengalaman saya mengenai kuliah di PGSD Bumi Siliwangi UPI! Semoga bermanfaat ya teman-teman.

Kode Konten: X310

 

Komen dibawah! 20

  1. vivi syifaa

    hii ka salam kenal, sebelumnya maaf ya ka mau nanya misalnya saya masuk pemeringkatan kuota untuk snmptn saya berasal dari jurusan IPA tapi saya memilih pgsd (termasuk linjur) apa itu boleh tida ya? dan apakah kemungkinan keterimanya itu kecil?

    • leonitaantini19

      halloooo vivi Untuk kuotanya biasanya di pgsd sekitar 30 orang untuk snmptn.
      Tidak masalah kok untuk ipa atau ips karena ada kok sahabat teteh yang dari jurusan IPA. Yang menjadi point snmpt adalah nilai raport semua berpeluang sama Semoga membantu

  2. Thatha

    Hai kak! Sebelumnya maaf ya kak izin bertanya. Kan kata kakak jurusan PGSD itu susah susah gampang tapi asyik. Boleh ga kak tolong dijelaskan lebih detail lagi, aku berniat kuliah di jurusan PGSD tapi masih ragu gitu kak. Masih mikir kira-kira nanti sanggup gak jalaninnya. Ohh iya, terima kasih kak sudah share tentang PGSD, karena kakak aku lebih memahami garis besar tentang PGSD.

    • leonitaantini19

      hallo Thatha Susan-Susah gampang itu dari segi materi yang dipelajari, kita pasti pernah belajar karena pelajaran yang diajarkan di pgsd adalah pelajaran yang ada ketika kita sd, smp, dan sma.
      Namun susah ketika kita harus belajar cara mengajarkannya agar mudah dipahami anak-anak. Kemudian cara apa yang tepat , metode , model, dan sebagainya.

    • leonitaantini19

      asik ketika pembelajarannya seni musik, seni rupa, seni tari dimana pelajarannya asik tapi susah karena harus buat lagu , tari, dan karya secara sendiri semuanya apalagi yang ngerasa kalo bukan bakat jadi agak susah yaa Heheh.
      Kemudian ketika praktek-praktek seperti IPA , seru banget , apalagi kalo ad simulasi mengajar itu rame banget karena kita pura-pura jadi anak sd ? Insyaallah kamu kok, cuma berat nanti semester 6 keatas namanya juga kuliah tingkat akhir ,

  3. Nazwa

    Hi kak, izin bertanya, rata rata nilai rapot untuk masuk pgsd bumsil, cibiru, dan sumedang, kira kira berapa yah, untuk gambaran nanti, hehe

  4. Bile

    Haii kakk mau tanya kalo di upi rata rata nilai snmptn buat masuk ke jurusan pgsd itu berapa?

  5. Evita Dewi Lestari

    Aloha kak, aku mau tanya. Kan kakak bilang banyak peminat di jurusan PGSD UPI, apa itu akan berefek buat kuota masuk dalam penerimaan jalur SNMPTN?

  6. Alvira

    Hai kak, aku mau tanya. Untuk jadwal kuliah PGSD UPI itu hari apa aja ya kak? Apa senin-jumat atau hari sabtu/minggu kak? Terimakasih sebelumnya

  7. nabila

    halo ka, saya izin bertanya, kira2 nilai yang aman supaya bisa masuk pgsd upi bumsil jalur snm berapa ya ka, dan apakah jika tidak ada alumni di prodi ini bisa memperkecil peluangnya atau tidak ka?

  8. ajeng

    hai kak aku mau tanya nih aku kan dri Banjarnegara trs aku dri MIPA trs tidak ada alumni yg di UPI
    jika aku daftar snmptn PGSD apakah masih ada peluang bisa masuk?
    terimakasih

  9. Syaharani Mattizra

    Hai Kak Leonita, aku mau tanya. Nilai rata – rata raport yg aman berapa ya ?

  10. Shaqilla

    Kaaa doain aku ya biar bisa masuk snm ke PGSD, aku ga pede soalnya aku linjurr:((

  11. Indriyani

    Hai kak… Salam kenal…
    Kak mau nanya… Klo kuliah PGSD itu kapan aja harinya?
    Dan juga pengen tau cerita awal kakak masuk PGSD.. Boleh ceritain gak kak?

    • leonitaantini19

      Terganggu dengan jadwal kuliah yang kamu kontrak kemudian tergantung beban sks persemsternya, dulu saya ketika sks 20an itu bisa 4 hari kemudian tergantung kesepakatan dengan dosen sih bisa dipadatkan atau tidak, Awal mula lihat peluang cpns kedepan guru sd sangat dibutuhkan hehe. Semoga membantu

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *