PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia

PGSD UPI / Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI (Nenden)

Hai sobat intipers! Aku Nenden Kintani dari jurusan PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI angkatan 2018. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan PGSD UPI?

Seperti namanya, kita belajar bagaimana membentuk karakter siswa karena guru SD untuk menjadi salah satu fondasi untuk anak bangsa ke depannya. Kita difokuskan untuk mengajar di SD nanti, dan karena tuntutannya harus serba bisa jadi semua mata pelajaran kita pelajar seperti seni, PKn, Bahasa Indonesia, dll.  Ada konsentrasi atau pendalaman yang bisa dipilih di semester 6, materi pendalaman yang bisa dipilih itu 3. Setelah pendalaman, di semester 7 ada pengembangan yang berfokus pada cara mengajar materi pendalaman tersebut.
Materi pendalaman yang bisa dipilih yaitu:

  1. PKn
  2. Indonesia
  3. IPS
  4. Matematika
  5. IPA

Tugas kuliah di PGSD UPI kaya gimana?

Tugasnya di awal perkuliahan lebih banyak teori seperti dari buku. Mulai dari semester 3 ke atas sudah mulai membuat rencana pembelajaran seperti RPP.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah Landasan Pendidikan itu diampu oleh Pak Kamal, pelajarannya teoritis banget tapi beliau bisa mengajarnya enak banget. Aku juga suka sama mata kuliah Matematika yang diampu oleh Bu Rosiana, ketika beliau enak banget mengajarnya, jadi meskipun matematika yang menyulitkan dan memusingkan tapi jadi enggak terlalu terasa.

Apa tantangan terbesar kuliah di PGSD UPI menurutku?

Tantangannya harus banyak sabar karena setelah semester 3 dan 4 baru tahu realita jadi guru SD, yang mulanya dikira mudah tapi ternyata banyak juga tantangannya.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Alumni banyak juga yang mengajar di SD dan melanjutkan studi S2 menjadi dosen.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Tipsnya pinter pinter buat mengatur strategi, liat  ranking pararel di jurusan kalian. Banyak berdoa juga. Untuk temen-temen yang ambil UTBK berarti soshum atau IPC karena PGSD itu masuknya ranah soshum.

Kode Konten: Y176

Komen dibawah! 12

  1. Dimas

    Ka,rata” di tahun kaka skor UTBKnya berapa untuk masuk PGSD UPI

    • Marsa

      Kak, kira-kira apa yang harus/bisa dipersiapkan oleh kita sebelum masuk di PGSD nanti? Lalu kalau untuk skor rata² utbk yang dibutuhkan tahun ini untuk PGSD di UPI itu berapa ya kak?

  2. Meriana jalli

    Kak awal masuk tu udah belajar ya cara mengajar atau baru pendalaman materi aja kak???

  3. Fhia

    Kak klw diuniversitas aku kok nggak ada konsentrasi mata pelajaran yg bisa dipilih kta dimantapkan utk ambil 5 mata pelajaran kok diupi bisa yahh

  4. dita

    kak kalo mau ngambil jurusan PGSD apa yang harus dipersiapkan kan? misalnya banyak banyak belajar tentang apaa ka? mohon bantu jawan kaa terimakasih

  5. ARMANUDDIN

    Kaka Mengenai jurusan PGSD nilai Sbmptn aman ke jurusan ini berapa kak?

  6. Naufal Raihan Ammar

    SMK bisa masuk PGSD UPI gak kk?

  7. jeonjk

    kak kalo jurusan ipa ikut snmptn mau kuliah pgsd bisa gaa yaa? 🙁

  8. jeonjk

    kak kalo jurusan ipa ikut snmptn mau kuliah pgsd bisa ga yaa? 🙁

  9. Varina Triwulan

    assalamualikum kak nenden, aku mau tanya ya kak.
    aku dari ipa pengen ngambil jurusan pgsd tpi kan kebanyakan dari ips ya kalo pgsd itu dan juga dari soshum aku bingung banget, tpi katanya dari ipa bisa ngmbil pgsd itu tapi gimna caranya:(

  10. Dewi gustini lubis

    Kak mau nanya kak
    Tahun ini saya akan masuk kuliah kak
    Kalau rata rata nilai untuk snmptn masuk pgsd upi berapa ya kak?
    Saya dari riau kak
    Rata rata snmptn 82.46

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *