PKn, Universitas Mulawarman

PKN Universitas Mulawarman (Ferin)

PKN Universitas Mulawarman (Ferin)

Halo sobat intipers! Aku Ferina Hepsari Pasaribu dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan / PKN Universitas Mulawarman angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan PKN Universitas Mulawarman seperti apa?

Dalam PPKN kita diajarkan menajadi warga negara yang mampu berdemokrasi, memahami ilmu pemerintahan, politik dan hukum. Di PKN banyak rumpun mata kuliah, terdiri dari membahas ilmu politik, pemerintahan, kewarganegaraan dan pancasila. PKN mengarah pada pendidikan, tentunya kita diajarkan bagaimana cara mengelola kelas agar kelak kita bisa menjadi pendidik yang mampu mengajarkan bagaimana menjadi warga negara yang berpancasila, mengenal konsep kewarganegaraan yang sesungguhnya. Kita dilatih mampu berdemokrasi baik dalam masyarakat dan kuliah, juga pentingnya pancasila di negara ini.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan PKN Universitas Mulawarman?

Sejak SMP dan SMA tertarik dengan guru PPKN dulu, karena mengajar secara asik dan mudah dicerna materinya, jadinya aku suka belajar pancasila dan kewarganegaraan. Ketika sudah dekat dengan penerimaan mahasiswa baru, saya mencari bagaiman PPKN itu, mulai pendaftaran SNMPTN saya mantapkan untuk memilih PPKN.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

PPKN ini mengarah ke pendidikan, ada mata kuliah khas pengembangan kurikulum dan bahan ajar PPKN, diajarkan menyusun RPP, menerapkan kurikulum agar teriasa ketika terjun menjadi seorang pendidik, ada mata kuliah ilmu kewarganegaraan, ilmu politik, bagaimana mengelola kelas. tugasnya banyak, ada tugas laporan harian berbentuk ketika mengikuti satu mata kuliah, mata kuliahnya habis kita merangkum dari penjelasan dosen, ada tugas laporan resensi buku, misalnya mengikuti satu mata kuliah kita mencari buku yang berkaitan dan kita buat rangkuman resensinya minimal 3 buku dan dikumpulkan diakhir semester, kita juga minta untuk membuat bahan ajar sesuai RPP yang di susun, ada tugas kelas untuk menyelenggarakan webinar nasional.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi di PPKN kita diajarkan bagaiaman seorang guru yang memahami pancasila dan ilmu kewarganegaraan sesungguhnya. Agar kelak menjadi seorang guru, kita harus mencerminkan bagaimana pancasila itu diterapkan dalam diri kita.

pmb2-min

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, SBMPTN kita harus tes, SMMPTN atau jalur mandiri. Daya tampung setiap tahun selalu berubah-ubah. Info lebih lengkap di siakumul.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru PKN Universitas Mulawarman?

Kalo ingin mengambil PPKN, dan sudah tertarik sejak SMA lebih baiknya dicari lebih bagaimana profilnya, agar sudah memahami apa yang dipelajari nanti di kuliah, biar ga kaget, karena biasanya dikira menghapalkan pasal-pasal, tapi itu berbeda, jadi alangkah lebih baiknya di telusuri dulu terkait jurusan PPKN ini.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sebagian besar dan harapannya untuk menciptakan guru PPKN, akan tetapi dengan perkembangan zaman tidak berpatok hanya jadi Guru, banyak yang kerja di instansi pemerintahan seperti lurah, pedesaan, juru sidang, jadi dosen, jadi petugas hukum, dan bisa juga di bidang LSM.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Semoga nanti bisa lulus dengan nilai yang memuaskan, dan jika di izinkan bisa lanjut ke S2.

Kode konten: C362

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *