PKn, Uncategorized, Universitas Negeri Malang

PKn Universitas Negeri Malang (Anisa)

PKn Universitas Negeri Malang (Anisa)

Halo intipers. Perkenalkan aku Anisa Dwiki G, mahasiswa jurusan Hukum dan Kewarganegaraan/PKn Universitas Negeri Malang Tahun 2019. Yuk, simak beberapa pengalaman dan informasi mengenai jurusan ini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini yaaa. Pastikan kalian membacanya sampe beres dulu di artikel ini.

Apa yang dipelajari di PKn Universitas Negeri Malang?

Sesuai dengan namanya Hukum dan Kewarganegaraan/PPKN tentunya aku mempelajari tentang kewarganegaran, hukum, politik, dan pendidikan serta menambah wawasan ilmu yang relevan. Saat di dalam kelas perkuliahan biasanya kami melakukan diskusi, beradu dan berbagi argumen antar mahasiswa satu dengan mahasiswa yang lain, menyampaikan pendapatnya masing-masing dan tidak lupa hal tersebut tetap dalam pantuan dari dosen. Tidak hanya itu saja, dalam perkuliahan jurusan ini juga ada praktek mengajar di sekolah terdekat dengan kampus dan juga saling mengajar antar teman agar mempermudah profesi menjadi pendidik nantinya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa bedanya dengan Hukum?

Jujur, aku sendiri kurang tau mengenai mata kuliah yang ada di jurusan Hukum. Namun, perbedaan yang mencolok secara sekilas, yaitu di jurusan Pendidikan PKn lebih difokuskan belajar tentang cara menjadi pengajar atau pendidik. Kami banyak dijejali mata kuliah berbau pendidikan dan kewarganegaran. Serta di jurusan PPKn UM lebih banyak menangani masalah-masalah pendidikan dan membantu membimbing sikap moral siswa di sekolah. Selain itu, di PPKn diberikan mata kuliah-mata kuliah berbau pendidikan seperti mata kuliah Pengantar Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Belajar dan Pembelajaran, Kajian Kurikulum dan Bahan Ajar, Strategi Pembelajaran, Media Pembelajaran, dll.

Mata kuliah Pendidikan PKn Universitas Negeri Malang dan Dosen favorit?

Tentunya mata kuliah yang dipelajari banyak sekali, seperti Filsafat Moral, Hukum Pidana, Pengantar Ilmu Hukum, Wawasan Sosial, HAM, Pendidikan Politik, Pengantar Pendidikan, Nasionalisme Indonesia, Pengantar Filsafat, Hukum Islam, Ekonomi Pancasila, Statistika Pendidikan, dll. Mata kuliah favorit aku yaitu Filsafat Moral dan Statistika Pendidikan. Menurutku, mempelajari filsafat adalah hal sesuatu yang menyenangkan dan seru. Hal menarik yang dipelajari di mata kuliah Filsafat Moral ini adalah karena ketika belajar saya mendapatkan berbagai insight berbagai pandangan teori terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi manusia dan bagaimana cara mengatasinya. Contohnya, berbagai sudut pandang dari ahli tentang kebahagiaan, bagaimana kita menciptakan bahagia versi dari kita.

Selain itu, mata kuliah Statistika Pendikan, memang sejak dari dulu saya menyukai hitung-menghitung. Saya sebenarnya lebih menyukai menghafal rumus dan menurut saya hal tersebut hal yang pasti dan tidak dapat diperdebatkan. Dalam mata kuliah statistika ini saya mulai mengoperasikan dan melakukan penelitian menggunakan aplikasi SPSS yang tadinya saya mengalami kesulitan. Namun, berkat dosen saya yang mebuatkan video tutorial tersebut membuat saya mengerti untuk mengoperasikan aplikasi SPSS. Nah, menurutku mempelajari hal tersebut adalah sesuatu hal yang menarik. Sementara, dosen favorit aku adalah Pak Surya karena dalam setiap beliau menyampaikan materi mudah dipahami dan sangat seru. Tidak jarang juga beliau memberikan kata-kata mutiara disetiap akhir pertemuan. Lumayanlah untuk menambah koleksi quote di media sosial.

schooters

Ikuti organisasi/magang sesuai passion kita banget!

Selain harus aktif dalam hal akademik mahasiswa juga dituntut harus aktif dalam non-akademik juga dengan mengikuti atau aktif dalam organisasi/magang yang sesuai dengan passion kita. Ada banyak kegiatan-kegiatan yang ditawarkan di universitas. Diantaranya mengikuti organisasi mahasiswa himpunan Jurusan, BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM, Magang, dll. Kita jangan takut untuk keluar dari zona nyaman agar soft skill kita terasah, dapat belajar dari pengalaman, dapat menyalurkan bakat minat, dan tentunya juga dapat menambah pengalaman di CV. Tentunya kita juga harus pandai-pandai membagi waktu antara kuliah dan organisasi.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja dan Alumni PKn Universitas Negeri Malang biasanya kerja dimana ?

Setahu saya, lulusan jurusan pendidikan PKN kebanyakan menjadi guru mata pelajaran PPKn di sekolah baik tingkat SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK/SMEA. Namun, terdapat juga yang melanjutkan pendidikan S2 kemudian bekerja sebagai dosen Hukum. Lulusan jurusan PPKN nantinya akan mendapat gelar S. Pd.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Harapan saya setelah lulus tentunya ingin menjadi guru PPKn di sekolah. Berbagi ilmu bersama siswa-siswa di sekolah dan menjadi pendidik yang baik untuk mereka. Selain itu, saya ingin menjadi guru yang asyik untuk mereka.

Kode Konten: X474

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *