PKn

PPKN Universitas Sriwijaya (Emi)

PPKN Universitas Sriwijaya (Emi)

Halo intipers. Perkanalkan saya Emi Susanti. Saya ahasiswa program studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan atau PPKn Universitas Sriwijaya angkatan 2018 . Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 4 semester di jurusan PPKn. Yuk, mari simak pengalaman saya di prodi tercinta kami ini.

Apa yang dipelajari di PPKn Universitas Sriwijaya?

Pasti kalau mendengar kata PPKn/PKn selalu terlintas di benak kalian mengenai hapalan Undang-Undang bukan? Namun di PPKn Unsri kami tidak hanya belajar mengenai hapalan Undang-Undang saja lo. Di prodi PPKn sendiri banyak sekali yang bisa kita pelajari dari setiap mata kuliahnya, dari hukum, politik, sosiologi, filsafat, maupun psikologi dan tentunya ilmu ke jurusan pendidikan ya teman-teman. Tidak hanya itu saja lo yang bisa kita pelajari, pada hakikatnya prodi PPKn itu bertujuan mencetak generasi “To be good and smart citizenship” Contoh gampangnya, mengapa si di prodi PPKn harus belajar hukum, dan ilmu politik pemerintahan? Tentu saja ya teman-teman sesuai misi tersebut agar bisa jadi warga negara yang baik dan pandai tentunya kita perlu tahu batasan antara hak dan kewajiban sebagai warga negara. Contohnya, di prodi PPKn sendiri kami dibekali ilmu mengenai bagaimana cara kita mematuhi aturan yang berlaku, apa-apa saja peraturan yang harus ditaati, pokoknya menarik lo untuk dipelajari.

Apa bedanya antara penyebutan prodi PKn dan PPKn?

Jujur, saya dulu juga sempat bingung karena penyebutan di setiap instansi memang berbeda beda. Namun, visi dan misinya itu sama, untuk mendidik generasi yang bermoral bernilai sesuai dengan Pancasila Falsafah hidup bangsa kita. Kalau kata dosen saya mengapa tetap dipertahankan ada Pendidikan Pancasilanya karena menunjukkan identitas kita sebagai bangsa Indonesia tentunya.

Slide5

Mata kuliah yang paling menarik apa saja ya di prodi PPKN Universitas Sriwijaya?

Mata kuliah yang dipelajari banyak sekali, seperti Pengantar pendidikan, pengembangan media pembelajaran, hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, ilmu politik, sistem politik, filsafat, psikologi sosial, dll. Menurut saya selama 4 semester perkuliahan sangat menyenangkan saat praktik hukum acara ya karena disana kita akan ada peradilan semu tentunya memakai pakaian lengkap layaknya hakim, pengacara seperti anak hukum lo 😀. Dan juga pada pengembangan media pembelajaran, jadi kita bisa dilatih menggunakan IT untuk membuat media pembelajaran agar lebih menarik. Tidak itu saja lo teman-teman, ada juga mata kuliah pendidikan multikultural, disana kita dilatih untuk saling menghormati sesama, praktek unjuk bakat asli daerah masing-masing pokoknya menyenangkan, apalagi pada akhir semester kami sering nobar untuk menonton film buatan kami yang merupakan tugas akhir. Jadi dijamin ngga bakal bosen deh.

Selain kita kuliah ya teman-teman, di PPKn Unsri sendiri setiap yang semester 3 akan diajak praktik kuliah lapangan (pkl) lo. Tidak hanya berkunjung ke universitas dalam negeri, tapi kita juga setiap 3 tahun sekali berkunjung ke luar negeri juga, contohnya ke Malaysia. Disana kita mendapatkan banyak teman, ilmu, dan tentunya bisa menghilangkan lelah kuliah, sekalian bisa wisata bareng satu program studi.

Katanya prodi PPKN Universitas Sriwijaya itu ngebosenin? Hapalan terus?

Ya, kalo yang satu ini bisa dikatakan benar tapi tidak sepenuhnya hapalan lo, kami sangat antusias pada praktiknya. Contohnya kami ada mata kuliah psikologi sosial, kami diberi tugas langsung memperhatikan keadaan sekitar untuk melihat seperti apa itu perbedaan sikap simpati, empati, dll. Kami selalu diminta langsung melihat keadaan agar paham tidak hanya teori, jadi jangan khawatir hapalan, karena sangat jarang sekali hapalan, lebih tepatnya kita diminta memahami bukan menghapal ya.

Tips-tips untuk Maba di Prodi PPKN Universitas Sriwijaya

Jangan pernah takut akan hal negatif yang kita dengar sebelum kita melakukannya. Kenapa saya bilang begitu? Setiap orang punya pengalaman berbeda jadi ambil positif dan sebisa mungkin cerita negatif itu bisa kita atasi agar tidak terjadi dengan kita. Karena hal yang wajar jika maba pasti mengalami ketakutan diawal masuk mengenai matkul dosen dll, saya pun dahulu begitu hehe. Paling penting untuk para maba itu ikuti aturan prodi maka kita juga akan berhasil disana. Dosen dosen kami sangat ramah dan dekat dengan mahasiswa. Jadi kita tidak usah takut dengan hal hal lain, karena di prodi PPKn kebersamaan itu nomor satu ya teman-teman.

Ikuti organisasi/himpunan pastinya kita banget!

Kebanyakan anak PPKn itu aktivis lo teman-teman. Jadi jangan heran teman-teman saya banyak ikut organisasi untuk upgrade diri. Ada yang jadi ketua bem, ukm, aktif himpunan. Jadi maba itu perlu ikut organisasi untuk mengembangkan soft skill ya. Tips yang terakhir, ikuti semua bidang yang kita sukai, karena kita akan tahu lebih banyak lagi tentang diri kita, dan minat bakat kita.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Sepengetahuan saya, sebagian besar alumni lulusan PPKn Unsri kebanyakan menjadi guru di sekolah (SMP, SMA/SMK/sederajat). Ada juga yang jadi dosen, peneliti di bidang pengembangan PPKn. Karena pada dasarnya memang kita dididik untuk bisa menjadi guru ya teman-teman.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan saya jika lulus nanti saya akan mengajar sesuai dengan profesi dan prodi yang saya ambil ini. Dan saya bercita cita melanjutkan S2 untuk menjadi dosen dan kembali mengembangkan program studi yang medidik dan membesarkan saya saat ini. Baru itu saja yang saya pikirkan setelah lulus. Tapi, mungkin masih banyak hal lain yang saya cita citakan. Jadi jangan ragu kuliah di prodi PPKn ya.

Kode konten: X350

Komen dibawah! 2

  1. Chita Nikita

    Semoga diterima di PPKN lewat SNMPTN 2021 :3. Mohon doanya kakak-kakak intip kuliah <3

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *