Farmasi, Universitas Gadjah Mada

Profesi Apoteker UGM (Nur Aliyah)

Profesi Apoteker UGM (Nur Aliyah)

Halo sobat intipers! Aku Nur Aliyah, saya alumni Fakultas Farmasi, Prodi S1 Farmasi dan Profesi Apoteker Farmasi UGM. S1 itu angkatan 2014 dan masuk program profesi di 2018 dan lulus 2019. Alhamdulillah sekarang sudah berpraktik sebagai apoteker. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Profesi Apoteker UGM itu seperti apa?

Saya sedikit cerita S1 nya ya nanti nyambung ke profesi apotekernya. Di fakultas farmasi UGM itu ada 4 prodi. Ada S1 Farmasi, profesi apoteker, prodi S2 dan S3. Di prodi S1 ada 4 peminatan, farmasi bahan alam, farmasi sains teknologi, farmasi industri, farmasi klinik & komunitas. Biasanya ditempuh selama 4 tahun dan lulusannya mendapatkan gelar sarjana farmasi. Setelah lulus, sarjana farmasi bisa langsung bekerja di berbagai bidang, seperti industri, rumah sakit, pemerintahan tapi kebanyakan temen-temen langsung melanjutkan studi ke program profesi apoteker. Profesi apoteker masih ditempuh selama 2 semester. Kalau di UGM semester 1 masih teori, dan semester 2 kita praktik lapangan di 3 tempat,, mulai dari industri/rumah sakit, apotek dan puskesmas.

Lalu, berbeda juga antara program profesi sama jenjang S2.

Mungkin kurang familia ya program profesi apoteker, gak kaya kedokteran. Nah jadi profesi apoteker itu semacam ko-ass gitu, lulusannya itu akan menghasilkan kompetensi sebagai seorang apoteker. Di dunia kerja ada semacam tingkatan atau perbedaan antara yang profesi apoteker dan yang S1 farmasi, jadi ada ranahnya masing-masing. Biasanya jabatan untuk profesi apoteker itu lebih besar, sebagai penanggung jawab apotek, instalasi farmasi di rumah sakit, dll.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Profesi Apoteker UGM?

Sebenernya dulu sempet kepikiran untuk kerja dulu, cuma dorongan dari orang tua untuk lanjut profesi dulu karena nanggung juga 1 tahun. Setelah profesi kan ranah kerjanya lebih luas. Pertimbangan lainnnya untuk masuk profesi apoteker UGM itu hanya untuk lulusan S1 Farmasi UGM, jadi gak menerima dari lulusan lain. Batas waktunya adalah 2 tahun, kalau mau menunda profesi apoteker.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di profesi apoteker, diperkecil peminatannya jadi ada 2, yaitu farmasi industri serta farmasi klinis dan komunitas. Kalau farmasi industri berkaitan dengan studi-studi di industri seperti pembuatan obat, penemuan, penelitian. Sedangkan di farmasi klinis dan komunitas itu fokusnya belajar pengendalian mutu, resep-resep yang diterima dari dokter sampai penyerahan ke masyarakat. Jadi kalau di klinik industri itu fokusnya ke pembuatan obat, kalau klinik komunitas itu obatnya udah jadi kita menyerahkan ke pasien atau masyarakat. Dulu waktu S1 saya ambil peminatan sains dan teknologi, jadi masuknya ke farmasi industri. Tapi di lapangan kerja, itu tuh gak mentok farmasi industri pasti kerja industri, tenyata gak kaya gitu karena semua lulusan  adalah apoteker bisa kerja di bidang manapun, mulai dari penelitian hingga ke klinik komunitas. Saya juga dulunya industri dan sekarang kerja di klinik dan komunitas.

Bagaimana cara bergabung di program profesi apoteker?

Lulusan S1 Farmasi UGM kalau mau lanjut ke program profesi apoteker itu ada entry exam. Kalau mau menunda lebih dari 2 tahun itu udah gak bisa, tapi mungkin setahu saya bisa dibantu oleh dosen-dosen yang mengenal kita untuk dibantu ke apoteker universitas lain.

Ada tips buat mahasiswa S1 Farmasi dan Program Profesi Apoteker?

Tips untuk temen-temen S1 Farmasi tua profesi apoteker, selamat berjuang! Selama kuliah cari ilmu sebanyak-banyaknya. Pertajam skill dan sofskill, itu akan sangat bermanfaat di dunia kerja. Kalau akhirnya tidak sesuai dengan rencana yang udah kalian susun sebelumnya, itu gapapa. Kalian sudah berusaha, sudah berdoa itu adalah jalan terbaik dari Tuhan. Jalani dengan penuh tanggung jawab. Ingat kalau kata dosen saya, profesi apoteker itu bukan untuk jadi orang kaya tapi jadi orang bermanfaat.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari apoteker?

Prospek kerjanya luas banget. Mulai dari penelitian, bisa masuk ke LIPI. Bisa juga ke industri kalau suka formulasi. Kalau mau ke pemerintahan di BPOM dan BNN bagian pengawasan peredaran obat,  kalau suka ngomong atau berinteraksi dengan orang bisa ke bidang klinik dan komunitas di rumah sakit, apotek, klinik. Ranah farmasi juga luas mencakup obat-obatan, makanan, kosmetik dan skin care. Ini bisa jadi peluang dan tantangan bagi apoteker di bidang apapun, misal yang mau wirausaha bisa buat skin care sendiri itu ada ilmunya di farmasi itu dipelajari.

Harapan dan rencana ke depannya?

Berbeda dari rencana sebelumnya waktu kuliah, dulu cita-citanya pengen kerja di industri tapi takdirnya berkata lain. Akhirnya berkecimpung di bidang klinik dan komunitas, dan itu gak masalah selama kita enjoy dan bemanfaat. Untuk harapan jangka panjang, karena udah berkecimpung di dunia farmasi pelayanan jadi suka dan merasa ini yang aku butuhin. Lama-lama kepikiran untuk buka apotek sendiri.

Q&A

  1. Gelar profesi apoteker itu apa ka?

Gelarnya kaya dokter gitu kalau sarjana kan disimpennya di belakang nama ya, misalnya Aliyah, S.Farm. kalau gelar apoteker itu di depan nama, Apt Nur Aliyah, S.Farm. Itu tandanya udah punya kompetensi untuk melakukan pekerjaan kefarmasian, mulai dari penelitian, sampai ke pelayanan pada masyarakat. Udah ada lisensinya secara sah di mata negara dan Kementrian Kesehatan.

Kode konten: C221

Komen dibawah! 4

  1. Meila

    Maaf kak mau tanya nih. Jadi kalau misal lulusan dari S1 farmasi buniv selain UGM nggak bisa masuk profesi apoteker di UGM

  2. Mujidwip.

    Halo, Kak.
    Untuk Profesi Apoteker UGM itu beasiswa bidikmisi/KIPK nya itu meng-cover sampai Apoteker atau cuma sampai S.Farm?

    • Lia

      Sampai apoteker, tp ada biaya2 lain yg ga di cover bidikmisi misalnya PKL, ujian OSCE CBT, klo pun di cover kurang lebih 1/2 nya. Begitu cerita pengalaman teman sy di tahun 2018-2019.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *