Poltekkes Bandung, Profesi Kebidanan

Profesi Kebidanan POLTEKKES Bandung (Ami)

Profesi Kebidanan POLTEKKES Bandung (Ami)

Hallo sobat Intipers! Saya Ami Damayanti dari jurusan Profesi Kebidanan POLTEKKES Bandung angkatan 2014. Kali ini saya akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang saya ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya maupun diskusi bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian kok. Pastikan sebelum bertanya kalian baca dulu artikel ini sampai selesai ya.

Secara umum Profesi Kebidanan POLTEKKES Bandung seperti apa?

Secara garis besar Profesi Kebidanan berada pada lingkup perempuan dan anak. Analoginya seorang bidan merupakan sahabat perempuan. Sepanjang siklus hidup perempuan akan berdampingan dengan seorang bidan. Untuk mitos di bidang kebidanan biasanya banyak yang mengatakan setelah lulus nanti banyak yang bekerja diluar jalur kebidanan dan banyak yang nganggur. Diluar stigma ini, dari pendidikan kebidanan sebenarnya outputnya sangat luas, jenjang karirnya tidak hanya berada di ruang klinis.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Profesi Kebidanan POLTEKKES Bandung?

Alasan saya mengambil jurusan ini karena dukungan dari orang tua. Kemudian ketika dijalani ternyata saya nyaman merasa ini merupakan passion saya, dan semakin kepo dengan dunia kebidanan.

Adakah mata kuliah atau tugas khusus di jurusan Profesi Kebidanan?

Profesi Kebidanan merupakan studi lanjut dari DIII Kebidanan. Jadi saya coba jelaskan mata kuliah yang saya temui ketika DIII Kebidanan. Ketika berkuliah di jurusan D3 Kebidanan sistem perkuliahannya yaitu 30% teori 70% praktek. Materi yang dipelajari kurang lebih seperti tahapan perkembangan perempuan dari Balita sampai dengan Kesehatan Reproduksi di usia dewasa. Selain itu ada juga dipelajari kode etik ketika nanti bekerja baik dengan pasien maupun dengan teman sejawat. Kami juga mempelajari terapi komplementer seperti prenatal gentle yoga, dan baby massage.

Sedangkan mata kuliah yang dipelajari jurusan Profesi Kebidanan sistemnya 95% pratek di lapangan dan 5% ujian. Yang membedakan dengan perkuliahan DIII dan DIV adalah adanya mini riset yang dilakukan pada pasien.

intipkuliah-web1

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Tidak ada konsentrasi dalam jurusan kebidanan. Namun nantinya ada perbedaan fokus ketika bekerja. Seperti yang kita ketahui ada Bidan Pendidik nantinya yang akan menjadi seorang dosen untuk jurusan Kebidanan, dan Bidan Pelaksana yang bisa teman-teman temui ketika berada di Klinik, dan Rumah Sakit.

Apa saja jalur masuk di jurusan Profesi Kebidanan POLTEKKES Bandung?

Untuk jalur masuk karena jurusan Profesi Kebidanan berada di kampus Politeknik Kesehatan jadi sedikit berbeda dengan PTN. Jadi jalur masuk yang pertama yaitu PMDP, jalur ini merupakan jalur seleksi bagi calon mahasisiwa baru yang dilakukan menggunakan seleksi raport dan akademik. Jalur selanjutnya yaitu SIPENMARU, sistemnya mirip dengan SBMPTN dan jalur yang terakhir yaitu SIMAMA

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips untuk mahasiswa baru Profesi Kebidanan POLTEKKES Bandung?

Nah saya ada sedikit tips nih buat temne-temen, ketika kita memasuki dunia perkuliahan dan jurusan yang kita pilih itu merupakan kita sendiri, maka coba untuk bertanggung jawab dengan pilihan itu. Jadi harus semangat dalam menjalaninya dan jangan malu untuk belajar, dan bertanya.

Bagaimana prospek kerja jurusan ini?

Prospek kerja dari jurusan kebidanan terbilang luas walaupun yang dipelajari ruang lingkupnya hanya itu saja. Seperti yang tadi disebutkan di atas terdapat beberapa jenis bidan. Ada bidan pendidik yang nantinya akan menjadi seorang dosen. Bidang pelaksana yang menangani pasien langsung baik itu di klinik, ataupun rumah sakit.

Apa rencana atau harapan nanti setelah lulus?

Semoga kedepannya saya diberikan rezeki lebih agar bisa memiliki sebuah klinik. Dan semoga apa yang saya peroleh akan bermanfaat untuk berbagai orang tidak hanya untuk diri saya sendiri. Dan harapannya semoga pendidikan profesi yang saat ini saya jalani semoga nantinya bisa maju dan semakin baik.

Konten : C804

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.