Kedokteran Gigi, Universitas Airlangga

Profesi Kedokteran Gigi UNAIR (Fianza)

Halo sobat intipers! Aku Fianza Rezkita dari Profesi Kedokteran Gigi UNAIR / Universitas Airlangga angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum,  program Profesi Kedokteran Gigi UNAIR seperti apa?

Kedokteran gigi dibagi dua masa studinya, yang pertama itu pre klinik dan klinik. Pre klinik di UNEIR 3.5 tahun dan klinik atau koas 2 tahun, hampir sama dengan FK. Sebagaian besar masyarakat berpikir kedokteran gigi hanya mempelajari gigi, padahal ga, kita belajar secara holistik atau keseluruhan, belajar penyakit dalam, mata, telinga bahkan kesehatan jiwa, kita belajar banyak hal.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan mengikuti program Profesi Kedokteran Gigi UNAIR?

Aku dulu setelah lulus SMA masuk teknik kimia UI, namun karena kurang suka dan ga cocok, dan saya suka kesehatan, jadi saya milih kedokteran gigi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kedokteran gigi itu bukan dari kedokteran umum terus ke spesialis ke dokter gigi. Kit amemang belajar di kedokteran gigi atau fakultas kedokteran gigi, kit ajuga ada spesialis namanya bedah mulut, ortodonsia atau memasang bahel, prostodonsia biasanya bagi pasien manula gigi palsu, kedokteran gigi anak, ada spesialisnya. Mata kuliah yang paling aku suka ilmu penyakit mulut, sangat holistik, kita ga belajar gigi, semua mukosa rongga mulut, di bibir, apa hubunganya dengan kondisi tubuh secara keseluruhan, tugas yang sering dikasih biasanya bikin makalah, melatih baca jurnal dan buku.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Pre klinik selain FKG belajar FK, pas klinik ada 9 departemen yang harus kita puterin, aga berbeda dengan universitas lain, kita pre klinik SKS, dan klinik per departemen, ada radiologi, ortodonsia, prostodonsia, kedokteran gigi anak, bedah mulut, konservasi buat merawat saluran akar, dan berbagai macam lainnya. Semua mata kuliah yang ada di klinik harus bisa semuanya dan dimasukin dulu.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, SBMPTN, mandiri, lalu ada IUP untuk kelas Internasional, buat temen-temen di luar Indonesia dan di Indonesia, persyaratanya Toefl dan bisa di cek iup unair dan bisa di cek di instagramnya ada juga.

Slide1

Ada tips buat mahasiswa baru Profesi Kedokteran Gigi UNAIR?

Harus semangat, FKG sama sulitnya dengan FK, harus mau bersosialisasi, karena kita harus punya alat dan bahan, itu kan mahal, kalo pinter bersosialisasi, ikut organisasi atau komunitas bisa pinjam ke kakak kelas. Harus aga beda, manggil dosen bukan bapak ibu tapi dokter atau prof.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa jadi dosen di departemen masing-masing, bisa jadi dental fotografer, youtuber, bisnis analis di bidang kedokteran gigi, jadi kamu lulus ga Cuma jadi kedokteran gigi aja.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Mau lanjut studi ke S2, aku pengen jadi dosen, semoga tahun ini bisa studi lagi.

Kode konten: C352

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *