Ilmu Pemerintahan

Program Internasional Ilmu Pemerintahan UMY (Angga)

Program Internasional Ilmu Pemerintahan UMY (Angga)

Halo sobat intipers! Aku Angga Misbahuddin jurusan Program Internasional Ilmu Pemerintahan UMY angkatan 2017 . Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Program Internasional Ilmu Pemerintahan UMY seperti apa?

Di UMY itu ada 2 program, yaitu reguler dan internasional. Saya pribadi masuk program internasional. Secara pembelajaran fokusnya kepada 2 hal yaitu politik dan administrasi publik, yang mencakup juga ranah-ranah internasional. Dari segi pembelajarannya sendiri memang menggunakan bahasa Inggris. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kalau dari segi pembelajarannya juga memang mata kuliah yang kami pelajari berkaitan sama ranah pemerintahan. Walaupun gitu kadang ada sedikit salah persepsi kalau kita nanti pasti jadi PNS, karena saking eratnya kajian tentang pemerintahan. Sebenernya gak hanya jadi PNS, bisa jadi bagian dari LSM, dan banyak lagi. 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Program Internasional Ilmu Pemerintahan UMY?

Agak rumit sih, dulu di Makassar saya di sekolah pariwisata. Saat kelas 3 saya join rohani islam di sekolah saya. Setelah mau lulus, kami ditanyain sama pembina mau lanjut ke mana. Nah, karena background saya pariwisata jadi saya mau lanjut di pariwisata juga. Pada saat itu kita ditanyain kira-kira pada saat kerja nanti kontribusi kita untuk masyarakat itu apa gitu. Jurusan yang bisa memberi kontribusi untuk masyarakat itu apa. Di situ saya mikir ulang. Kalau saya pariwisata mungkin agak kecil. Oleh karena itu saya milih ilmu pemerintahan, itu saya rasa sangat tepat karena yang memberikan kebijakan, membawa arah gerak suatu negara dan berdampak pada masyarakat ya pemerintahan. 

Alasan saya mengambil UMY karena secara akreditasi bagus, iklim belajar dan budaya belajar yang bagus. Apalagi Yogyakarta adalah salah satu kota pelajar. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang paling berkesan itu saya dapet ketika pertukaran pelajar ke Thailand. Di jurusan saya sendiri mahasiswa difasilitasi supaya bisa mengikuti pertukaran pelajar. Jadi ada 2, yaitu ekologi pemerintahan. Itu sangat berkesan dan dosennya sangat menggembleng dalam membuat karya paper yang akan dipublikasi jurnal. Disitu saya sangat bekerja keras, merevisi paper, ketika presentasi lumayan keras. Ketika pertukaran pelajar, saya belajar tentang pembangunan kota dan desa, disitu sangat diterapkan, jadi tidak hanya teori tapi juga dipraktikan. Kita diberi waktu 3 hari untuk menyusuri desa dan kota di sana. Dari hasil analisis kita bisa memberikan solusi untuk desa dan kota. Itu yang menguras waktu dan tenaga, jadi bener-bener kaya orang pemerintah kita langsung ke lapangan, menganalisis dan akan dipresentasikan. 

Di UMY kita belajar softskill yang berbeda di tiap semesternya. Semester 1 ada kita belajar softskill team building. Kami diberikan semacam pembekalan selama 1 hari full untuk bisa bekerja sama dengan mahasiswa baru lainnya. Selanjutnya ada pelatihan jurnalistik, public speaking, klinik skripsi, spiritual leadership juga ada. Itu juga sebagai salah satu bahan untuk lulus. Kalau kita gak ikut nanti gak bisa lulus. 

Tugasnya itu lebih kepada paper, penelitian. Dosen kami pernah berkata sebagai mahasiswa ilmu pemerintahan, kita harus punya dua kekuatan yaitu public speaking dan kepemimpinan. Kalau 2 poin ini gak mampu, kita seperti 0 banget sebagai mahasiswa ilmu pemerintahan. Ketika dalam proses pembelajaran, tugas dan ujian tidak hanya kepenulisan paper tapi ada juga oral presentation, oral action juga ada. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Gak ada konsentrasi seperti di jurusan lainnya. Kita yang mengeksplorasi sendiri mau fokus dimana. . 

Jalur masuknya ada apa aja?

Bisa cek ke admisi.umy.ac.id. Ada beberapa cara untuk masuk, yaitu tes CBT, PBT, seleksi prestasi akademik dan non akademik. Bisa juga masuk ke jalur hafiz. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Program Internasional Ilmu Pemerintahan UMY?

Kita harus bisa berkomunikasi dan bersosialisasi, berdiskusi dan bertukar pikiran. Temen-temen harus bisa eksplor semua, jangan hanya belajar di kelas. Masuk ke organisasi dan UKM, hal yang didapat di situ justru bisa jadi inovasi buat di kelas. Ketika di kelas juga harus fokus. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Secara umum orang pasti bilang kalau di pemerintahan pasti jadi ASN. Kalau dari beberapa alumni yang saya tahu dan kenal juga banyak yang terjun ke politik jadi anggota partai, menjadi bagian di KPU, Bawaslu. Ada juga yang jadi anggota DPRD karena dia lebih suka ke politik. Beberapa ada yang suka ke manajemen masyarakat, jadi masuk ke LSM/NGO. Ada juga yang menjadi akademisi. 

Kode konten: C553

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *