Beasiswa, KKN

Program Kampus Merdeka, Banyak Benefitnya Lho!

Program Kampus Merdeka, Banyak Benefitnya Lho!

Dulunya kampus adalah tempat belajar secara tatap muka untuk dosen dan para mahasiswa, dimana sering sekali programnya adalah dosen menjadi sumber ilmunya. Padahal, cara seperti itu akan membuat mahasiswa kurang kreatif dalam mempraktikkan ilmunya. Oleh karena itu, muncullah gagasan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan  Teknologi Republik Indonesia yaitu Kampus Merdeka atau MBKM.

Apa Itu Program Kampus Merdeka?

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai implementasi dari visi misi Joko Widodo untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Dengan adanya program ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih mengenal kemampuan mereka serta mengasahnya dengan langsung terjun ke dunia kerja. Mahasiswa juga diharapkan untuk mengembangkan potensinya sesuai passion dan bakatnya masing-masing. Pembelajaran dalam kampus merdeka terdapat tantangan dan kesempatan untuk mengembangkan inovasi, kreativitas dan kebutuhan mahasiswa serta kemandirian dalam menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan.

Kenapa Harus Ikut Program Ini?

Tujuan dari program Kampus Merdeka sendiri adalah meningkatkan kompetensi lulusan baik dari soft skill dan hard skill. Oleh karena itu, ada beberapa alasan mengapa kita harus mengikuti program tersebut, yaitu :

  • Mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan ternama

Tak jarang beberapa perusahaan ternama bekerja sama dengan Kampus Merdeka, jadi mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman kerja di dalam perusahaan tersebut serta dibimbing oleh mentornya juga. Ini merupakan salah satu pengalaman langka, karena kesempatan ini akan jarang ditemui jika tidak mengikuti Program Kampus Merdeka. Jadi, mahasiswa tidak akan terkejut dengan dunia kerja, karena sebelumnya mereka sudah mengalaminya terlebih dahulu.

  • Dapat konversi menjadi SKS

Beberapa program di Kampus Merdeka dapat dikonversikan menjadi 20 sks, jadi ini merupakan salah satu kesempatan mahasiswa untuk belajar sambil mempraktikkan ilmu yang dipelajarinya.

  • Memperluas relasi mahasiswa

Setelah mahasiswa mengikuti program tersebut, mahasiswa akan bertemu banyak teman baru termasuk dengan sesama mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa dapat menjalin relasi dengan sesama mahasiswa dari berbagai universitas bahkan berbagai daerah.

  • Kesempatan melakukan riset dan menemukan penemuan baru

Hal ini pastinya akan menjadi kesempatan bagi mahasiswa yang senang menemukan hal baru dan ingin untuk meriset hal baru tersebut. Dalam program ini, diharapkan mahasiswa dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan mengaplikasikan metode riset dengan baik.

  • Belajar membuka usaha dan memiliki bisnis

Hal ini pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa yang ingin membangun bisnis. Program Kampus Merdeka akan membantu mahasiswa dalam mengembangkan ide-idenya menjadi produk atau layanan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Apa Saja Program di Kampus Merdeka?

Berikut adalah program Kampus Merdeka yang bisa dipilih oleh mahasiswa.

  • Pertukaran Mahasiswa

Program memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal keragaman Indonesia dan memperluas jaringan akademik antar mahasiswa. Mahasiswa akan menerima konversi 20 sks. Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti pertukaran mahasiswa, ada syarat yang perlu dipenuhi, seperti memiliki IPK minimal 2,75, merupakan mahasiswa aktif dan tidak pernah mendapat sanksi akademik dan non akademik.

  • Magang

Program ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mencoba terjun langsung ke dunia kerja, sehingga ilmu yang dipelajari bisa langsung dipraktikkan. Mahasiswa juga dapat berkesempatan untuk magang di perusahaan ternama di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, dll.

  • Indonesian International Student Mobility (IISMA)

Program ini merupakan program internasional yang memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mencoba berkuliah di luar negeri selama 1 semester. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa akan kebudayaan dan memperluas wawasan mahasiswa. Program ini juga dapat dikonversikan menjadi 20 sks.

  • Studi Independen

Program ini memberikan kesempatan untuk mahasiswa yang memiliki ide-ide inovatif dan memiliki minat untuk melakukan riset. Lebih menariknya adalah mahasiswa dapat mencoba riset yang bukan termasuk dalam salah satu mata kuliahnya di dalam jurusannya.

  • KKN Tematik

Program ini akan memberikan pengalaman kepada mahasiswa yang ingin untuk membangun desa. Bersama dengan masyarakat di desa tersebut, diharapkan mahasiswa dapat memberikan solusi dan mengembangkan potensi di desa tersebut. Oleh karena itu, hal ini menjadi kesempatan untuk mahasiswa dalam melatih kepemimpinan dan soft skill.

  • Kampus Mengajar

Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin mengasah skill mengajarnya. Hal ini terjadi karena mahasiswa akan menjadi guru dalam pembelajaran literasi, numerasi dan adaptasi teknologi untuk jenjang SD dan SMP.

  • Wirausaha

Program yang satu ini sangat cocok untuk mahasiswa yang memiliki rencana untuk membangun bisnis dan meningkatkan kompetensi kewirausahaan dengan dibimbing oleh dosen dan mentor.

Bagaimana Cara Mendaftarnya?

  1. Kunjungi website Kampus Merdeka
  2. Jika kamu belum punya akun, kamu bisa klik disini
  3. Lengkapi data dirimu di formulir registrasi
  4. Periksa emailmu dan aktifkan akun
  5. Kamu bisa menunggu notifikasi bahwa akunmu sudah aktif.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.