Manajemen

Ingin Kuliah Jurusan Manajemen? Cari tau prospek kerjanya!

Ingin Kuliah Jurusan Manajemen? Cari tau prospek kerjanya!

Ingin Kuliah Jurusan Manajemen? Cari Tau Prospek Kerjanya!

Prospek kerja jurusan manajemen yang harus kamu ketahui sebelum masuk jurusan manajemen, Yuk simak selengkapnya!

Deskripsi Jurusan Manajemen

Halo Intipers! Sebelum memilih Jurusan Manajemen tentunya harus mengetahui lebih dulu deskripsi singkatnya.

Jurusan Manajemen adalah jurusan yang mempelajari kegiatan korporasi atau perusahaan. Mulai dari pembuatan rencana, prosedur bisnis, pengembangan strategi, keuangan perusahaan, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia, organisasi, hingga manajemen produksi. Nah jika Intipers tertarik untuk mengambil Jurusan Manajemen, Intipers akan belajar mengendalikan perusahaan, Cocok sekali nih buat Intipers yang tertarik membangun bisnis sendiri, atau ingin kerja profesional sebagai manajer perusahaan.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Tidak hanya belajar teori, mahasiswa juga akan melakukan praktik langsung terkait mata kuliah yang telah dipelajari supaya dapat mengimplementasikan yang telah diterangkan oleh dosen. Akan seru sekali, karena Intipers biasanya akan melakukan secara berkelompok untuk menerapkan manajemen sumber daya manusia, bagaimana caranya bekerja dalam tim.

Mata kuliah di Jurusan Manajemen di antaranya adalah keuangan perusahaan, ekonomi manajerial, akuntansi manajerial, komunikasi bisnis, manajemen strategi, kewirausahaan, manajemen sumber daya manusia, hingga perilaku organisasi.

Karena tiap hal punya cara pengelolaan yang berbeda, Ilmu Manajemen menjadi berkembang dan ada pembelajaran secara lebih spesifik. Ini dia macam-macam Jurusan Manajemen S1 di Indonesia.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Macam-Macam Jurusan Manajemen S1

  • Manajemen Bisnis: Manajemen bisnis akan mempelajari tentang pengelolaan bisnis. Mulai dari merencanakan, merancang, hingga pengelolaan bisnis. Nah ini sangat cocok bagi kamu yang ingin membangun bisnis atau perusahaan sendiri. IntipKuliah sudah menyiapkan 5 rekomendasi sekolah bisnis yang bisa Intipers pilih jika tertarik memilih Jurusan Manajemen Bisnis. Klik disini
  • Manajemen Sumber Daya Manusia: Jika kamu senang bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang, jurusan ini cocok untuk kamu. Karena Manajemen Sumber Daya Manusia akan fokus mempelajari tentang SDM atau human resource. Dan biasanya lulusan Sumber Daya Manusia akan menjadi seorang HRD di perusahan yang nantinya bertugas untuk melakukan rekrut karyawan, mengelola administrasi karyawan, hingga melakukan pemanfaatan SDM secara efisien dan efektif untuk kemajuan perusahaan.
  • Manajemen Operasi: Untuk Jurusan Manajamen Operasi akan lebih fokus pada analisis produk yang terkait dengan mengontrol kegiatan produksi. Ketika di dunia kerja nanti biasanya akan bertugas memastikan kegiatan produksi berjalan dengan semestinya.
  • Manajemen Keuangan: Dalam Jurusan Manajemen Keuangan, Intipers akan belajar tentang aktivitas-aktivitas keuangan perusahaan bagaimana cara mendapatkannya, mengelola keuangan, hingga menggunakan keuangan perusahaan untuk membantu mencapai profit, sebagai tujuan utama perusahaan.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen termasuk jurusan yang banyak peminatnya karena prospek kerja yang dianggap menjanjikan. Yuk simak apa saja prospek kerja jurusan manajemen!

  1. Pengusaha/ Pemilik Bisnis

Salah satu peluang besar dari lulusan jurusan Manajemen adalah menjadi pemilik bisnis. Bisa mulai dari bisnis kecil, atau mulai mendirikan perusahaan. Dan ini adalah solusi untuk Intipers yang ingin meraup banyak pundi-pundi rupiah melalui bisnis pribadi. Karena dalam Jurusan Manajemen Intipers mempelajari bagaimana caranya merencanakan bisnis, merancangnya, melakukan riset pasar, hingga bagaimana pengelolalaan bisnis Intipers.

  1. Manajer Keuangan

Sebagai lulusan Jurusan Manajemen, Intipers memiliki peluang untuk menjadi manajer keuangan yang tugasnya adalah memastikan keuangan perusahaan berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut. Sebagai manajer keuangan, Intipers mengontrol bawahan yang bertugas mengelola keuangan, membuat laporan keuangan, serta membuat kebutuhan finansial perusahaan.

  1. Business Development Manager

Business Development ini sangat penting pada zaman yang sudah serba teknologi seperti saat ini. Salah satu tugas dari Business Development Manager adalah membangun branding perusahaan supaya lebih dikenal secara dekat oleh para pelanggan. Tugas lain dari Business Development Manager yaitu melakukan penyusunan strategi guna perkembangan pasar perusahaan, melihat adanya peluang bisnis, dan melakukan kolaborasi dengan mitra lainnya supaya perusahaan terus berkembang.

  1. Human Resource Manager

Untuk Intipers yang senang berurusan dengan orang banyak, salah satu karir yang bisa dicapai setelah lulus dari Jurusan Manajemen adalah menjadi Manajer HR. Tugas dari manajer HR di antaranya melakukan rekruitmen pegawai, menjadikan sumber daya manusia bekerja dengan efisien dalam perusahaan, melakukan evaluasi pegawai, hingga bertanggung jawab atas semua kegiatan bagian HR.

  1. Konsultan

Selain menjadi Manajer seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lulusan Jurusan Manajemen juga bisa menjadi konsultan loh! Baik itu konsultan keuangan ataupun konsultan bisnis. Karena ilmu yang didapatkan dari jurusan manajemen membuat Intipers mampu untuk membuka jasa konsultasi terhadap perusahaan-perusahaan atau membuat kantor konsultasi sendiri.

Tenang aja Intipers, masih banyak lagi prospek kerja jurusan manajemen yang bisa kalian pilih. Ada di bagian agensi kreatif, periklanan, dan lain-lainnya. Sekarang Intipers sudah mantap untuk masuk jurusan manajemen?

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.