Proteksi Tanaman, Unversitas Sriwijaya

Proteksi Tanaman Universitas Sriwijaya (Noni)

Proteksi Tanaman Universitas Sriwijaya (Noni)

Halo sobat intipers! Aku Noni Octariati dari Proteksi Tanaman Universitas Sriwijaya angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Proteksi Tanaman Universitas Sriwijaya seperti apa?

Lumayan jarang ada di Indonesia, jari proteksi tanaman itu kami dokter tanaman, kenapa bisa disebut seperti itu, karena kita bisa mencegah terjadinya kerusakan dan mengobati tanaman. Kita sekarang lagi gencar-gencarnya pertanian berkelanjutan agar lingkungan bisa lestari.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Proteksi Tanaman Universitas Sriwijaya?

Dulu aku sering nanem, pertanian itu banyak jurusannya, ternyata jurusan ini penting dan sangat dibutuhkan di Indonesia, dulunya aku backgroundnya IPA jadi bisa masuk ke jurusan ini.

Slide3

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada banyak, semuanya unik, aku dulu belajar yang berkesan ada tentang mengawetkan serangga, belajar penyakit tanaman, tanaman itu bisa cacingan, kita mempelajari hal itu, dan selain itu kita ada mata kuliah wirausaha, seperti budidaya ulat sutra, budidaya lebah, jadi setelah keluar kita bisa berwirausaha sendiri.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Tidak ada, kita lebih ke spripsi, proteksi tanaman itu ada dua, ada hama dan penyakit, nanti belajar semuanya, skripsinya mau tentang hama atau penyakit tanaman. Kalo misalnya searching proteksi tanaman, ada beberapa universitas yang dari awal proteksi tanaman, atau kalian bisa searching dari argoteknologi, nanti ada konsentrasinya 3, ilmu tanah, agronomi dan proteksi tanaman. Kalo aku proteksi tanaman dari awal, jadi tergantung universitasnya. Kaya universitas jambi dari agroteknologi baru di pecah.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3, SNMPTN, SBMPTN, sama mandiri. Jalur mandiri ada tes, bisa di cek langsung di website usm.unsir.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Proteksi Tanaman Universitas Sriwijaya?

Pertama rajin praktikum, kedua skill untuk berkomunikasi terutama berkomunikasi dengan yang lebih tua, karena kalo kita keluar dari jurusan ini, nanti kita bakalan ketemu petani yang sudah lebih berumur dari kita, cara berbicara, persuasive dengan mereka.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ada cerita, aku baru lulus, dulu di era soeharto, merekrut orang-orang penyuluh hama dan penyakit, akan dibina, setelah soeharto tidak ada lagi, kalo di hitung-hitung umur mereka sudah pensiun, jadi banyak banget, setelah masuk di penyuluh, teman-teman saya jarang yang proteksi, masih secara umum, menurut saya belum 100% ngasih solusi buat pertanian, apalagi yang ga belajar sama sekali, jadi prospek kerjanya banyak banget. Ada juga di PT Pertanian, kita lebih khusus hama dan penyakit, jadi bisa langsung kasih tindakan. Bisa juga ke dinas dan pemerintahan.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencananya memang kerja, kita ngumpulin modal, terus belajar lagi S2. Selain itu kita bantu-bantu petani, karena seneng aja lihat hasil mereka lolos dari hama dan penyakit, misalnya mereka harusnya panen 1 ton karena hama dan penyakit kan rugi, karena ada kita jadi terbantu, gini pak caranya agar lebih dari 1 ton.

Kode konten: C396

Komen dibawah! 4

  1. Oksi liandha

    Kk mau nanya, ap sih untung ny kita masuk ke jurusan ini, trs SsH nggk sih bljr ny, pasti hrs pintar bhs Inggris kn , trs kerja kk skrng dmn?

  2. Noni Octariati

    Nggak harus pintar bahasa Inggris ya, tp harus dari jurusan IPA ya sewaktu SMA nya, untung nya kuliah disini : mudah cari kerja (karena ini sudah khusus dan jarang yang tau dengan jurusan ini) kerja di pemerintahan bidang pertanian, Perusahaan pertanian maupun perkebunan, bisa berwirausaha yang menjanjikan (ulat sutra, lebah, jamur dll), banyak kesempatan internasional nya.

  3. Safira

    Kak klo boleh tau nih dulu masuk jurusan ini lewat apa klo misal sbmptn nilai KK beraaa

    • Noni Octariati

      Hi Safira, bener kakak jalur masuknya dari sbmptn to maaf kakak nggak tau nilai nya bro, kakak cuma kasih jawaban yang terbaik aja, btw jurusan ini kakak letakkan di pilihan pertama

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *