Psikologi

Psikologi IAIN Tulungagung (Yunita)

Psikologi IAIN Tulungagung (Yunita)

Sebelum lanjut melihat bagaimana keseruan serta cerita mahasiswa Psikologi di kampus Dakwah dan Peradaban yaitu IAIN Tulungagung, izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Namaku Yunita Sulistiawati mahasiswa semester IV Prodi Psikologi islam di IAIN Tulungagung. Saat ini aku sedang menyelesaikan masa studiku dengan aktif mengikuti even-even kepenulisan, diumurku yang ke 19 tahun saat ini, aku berkeinginan untuk dapat mengembangkan passion yang aku miliki.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Jurusan Psikologi itu seperti apa ya?

Psikologi islam sendiri di IAIN Tulungagung masuk ke Fakultas Ushuluddin Adab & Dakwah atau biasa teman-teman aku menyingkatnya dengan nama FUAD. Dikampus aku sering dipanggul yunita, yuyun si cerewet dan lain-lain lah, ya begitulah sebutan bagi mahasiswa yang gak bisa diam kalau dikelas, karena menurut aku kelas merupakan tempat untuk bertukar pikiran. Oleh karena itu, aku gak pernah menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Oke baiklah selanjutnya aku akan memperkenalkan jurusan ku yang sangat membuatku banyak belajar kepada kalian semua, udah siap kan semuanya buat baca tulisanku, hehehh.

Slide5

Mungkin buat teman-teman lain masih asing dengan kampusku, namun jangan salah meskipun Jurusan Psikologi masih terbilang muda atau bisa dibilang masih 3 tahun berjalan, tapi termasuk jurusan yang favorit loh. Kampusku sendiri terletak di sebuah desa yang diberi nama Plosokandang. Banyak banget sih yang ngomong, kalau lokasi kampusku ini memang di desa terpencil, hehehe. Kalau dianalisis pakek bahasa jawa ploso itu artinya terpencil dan kandang itu kalau bahasa jawanya tempat untuk menampung hewan, ngerti kan kandang ayam heheheh. Meskipun begitu aku tetap semangat dong, belajar disini apalagi aku masuk di jurusan yang amat aku sukai. Bisa dibilang jurusanku ini masih baru, tapi dosen-dosennya banyak yang alumni kampus ternama, dan itu juga alasanku untuk selalu semangat setiap hari untuk belajar bersama teman-teman di kelas.

Nah, banyak banget teman-teman yang bertanya apa bedanya jurusan Psikologi umum dengan Psikologi Islam, terus kalau Psikologi Islam itu apa saja pembelajarannya. Baik aku akan mulai jelaskan sebenarnya antara Psikologi Umum dengan Psikologi islam itu sama saja gengs, Cuma bedanya itu yak arena kampusku yang berbasis Perguruan Tinggi Islam Negeri jadi semua jurusan yang ada dikampus itu harus berbasis islam gitu, dan sebenarnya semua pembelajaran yang di bagiin sama dengan Jurusan Psikologi pada umumnya.

STEREROTIPE JURUSAN PSIKOLOGI

Nah, sebagai mahasiswa psikologi aku sering banget dijadiin bahan bercandaan teman-teman aku, entah itu yang beda jurusan ataupun yang satu organisasi, mereka selalu mengamsusikan bahwa anak psikologi itu selalu bisa baca pikiran orang, baca kepribadian, masa depan dan lain-lain lah. Tapi, sebagai seorang mahasiswa tentunya aku tidak akan marah begitu saja kepada mereka, sebagai seorang akademisi aku menjelaskan bahwa sebenarnya tidak mudah menjadi anak psikologi, karena kita tidak mudah untu menjudge orang lain, karena yang selalu ditampakkan oleh orang lain itu hanya sebagian kecil saja ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi serta butuh yang namanya asesmen, baru deh kita bisa memberikan kesimpulan, hehehe gitu deh kalau anak psikologi mah, jawabnya harus rinci, detail biar dia gak salah paham.

MATA KULIAH

Banyak banget mata kuliah yang diajarkan di jurusan, nah ini salah satu mata kuliah pembeda dari jurusan psikologi pada umunya, seperti yang aku udah bilang diatas kalau jurusan ini berbasis islam, sudah tentu ada mata kuliah yang mengajarkan tentang psikologi tapi disinkronisasikan dengan islam. Mata kuliah itu pengantar psikologi islam, nah mata kuliah ini akan ditempuh selama satu semester diawal jadi mata kuliah ini sebagai pengantar mahasiswa yang masuk jurusan psikologi di kampus aku untuk lebih memahami bagaimana sebenarnya kaitan antara psikologi dengan islam.

Oke lanjut, mata kuliah pengantar psikologi islam ini sendiri diambil dari kitab tafsir dari al-ghozali yang berisi mengenai nafsu, jiwa dan ruh, untuk penjelasan lebih rinci mengenai kitab tersebut teman-teman bisa langsung mencarinya di google yaa. Nah, setelah memasuki semester atas lagi terdapat mata kuliah favorit aku yaitu asesmen non tes dan psikologi sosial, nah kedua mata kulai tersebut berbeda banget ya gengs kalau asesmen non tes kenapa aku suka banget karena kita bisa belajar melakukan observasi kepada klien ketika ingin melakukan intervensi psikologis. Nah, kalau psikologi sosial itu kita bisa diajarkan mengenai kondisi sosial lingkungan sekitar kita berdasarkan perspektif psikologi. Prakteknya sendiri kalau asesmen kita bisa langsung mengobservasi lingkungan disekitar kita dengan membuat draft pertanyaan kalau psikologi sosial kita bisa melakukan analisis teori yang telah disampaikan oleh tokoh.

KONSENTRASI DI JURUSAN INI

Konsentrasi di jurusan ini yaitu ketika masuk semester empat setiap mahasiswa akan diperkenankan untuk memilih empat konsentrasi yaitu psikologi sosial, klinis, industri & organisasi serta pendidikan. Nah, keempat konsentrasi tersebut memiliki beberapa perbedaan kalau psikologi sosial lebih berfokus kepada kondisi sosial masyarakat sekitar, serta melakukan pengamatan terhadap kehidupan sosial masyarakat, sedangkan klinis kita diajarkan untuk melakukan diagnosa klinis kepada pasien yang mengalami gangguan mental, untu psikologi industri sendiri karena aku anak industri ya cieee, lebih berfokus kepada proses training karyawan, seleksi karyawan, konsultasi karir dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perusahaan, dan terakhir yaitu psikologi pendidikan dari namanya saja kita pasti sudah tahu bahwa ini akan berfokus terhadap tenaga pendidik dan akan melakukan intervensi kepada siswa-siswa yang mengalami kendala psikologis seperti awal masuk sekolah, kenapa anak malas dalam mengerjakan tugas dan lain sebagainya.

Kunjungan ke RSJ Magelang

TIPS UNTUK KAMU MAHASISWA BARU PSIKOLOGI

Dari penjelasan empat konsentrasi diatas, kali ini aku mau bagiin tips buat teman-teman semua buat semangat masuk jurusan psikologi islam. Salah satu tipsnya yaitu ketika menjadi mahasiswa psikologi islam kalian harus lebih aktif dan peka terhadap apapun yang kalian dapatkan, tidak mudah menjudge segala sesuatu yang kalian belum benar-benar mengetahuinya, setelah itu kalian harus mau untuk berbagai kepada teman kalian semua, entah itu dalam mengerjakan tugas ataupun dalam hal kesusahan karena mahasiswa psikologi selalu identic dengan rasa simpati yang tinggi. Semua jurusan selalu memiliki tantangan tersendiri salah satunya di jurusan psikologi islam tantangan yang akan kalian dapatkan nantinya pasti kalian akan selalu ditanya kenapa kok ada islamnya, kalian juga disuruh hafalan surat-surat ya, untuk mengatasi hal semacam itu kalian tidak perlu membalasnya dengan kata-kata kasar cukup tunjukan dengan prestasi dan perilaku positif kalian, nice bukan jurusan psikologi itu.

PROSPEK KERJA ALUMNI PSIKOLOGI

Prospek kerja mahasiswa Psikologi Islam IAIN Tulungagung hampir sama dengan mahasiswa Psikologi di kampus umum lainnya. Karena memang jurusan Psikologi di IAIN Tulungagung masih terbilang baru sehingga belum ada tamatan yang sudah bekerja ataupun memiliki pekerjaan. Hanya saja seperti yang telah saya jelaskan diatas mengenai empat konsentrasi, mengenai itu mahasiswa bisa memilih dan memilih prospek kerja yang akan diminati nanti bisa di sebuah perusahaan, layanan konseling, RSJ, biro konsultasi, tempat pendidikan, dan menjadi peneliti psikologi.

RENCANA DAN HARAPAN SETELAH LULUS

Rencana saya kedepannya saya bisa lebih ahli dibidang psikologi dan saya ingin memberikan dampak positif kepada teman dan lingkungan disekitar saya tidak hanya itu saya juga ingin membuka layanan konsultasi kepada masyarakat luas khususnya ditempat saya tinggal. Karena melihat saat ini banyak sekali orang yang mengalami masalah dalam hidupnya, namun mereka cenderung memilih untuk menempuh jalan pintas untuk mengatasinya. Harapan saya semoga dengan adanya ilmu yang saya miliki, saya bisa bermanfaat dan membantu banyak orang. Dan tidak hanya itu saya mengharapkan seluruh masyarakat indonesia untuk lebih aware terhadap kesehatan mental saat pandemic covid-19 saat ini karena dengan sehat mental mereka ataupun kita dapat berpikir positif dan lebih baik lagi. Marilah kita semua menjadi tubuh serta lingkungan kita dengan selalu mencintai diri sendiri dan selalu meyakini bahwa apa yang kita miliki adalah pemberian berharga yang wajib kita syukuri. Sekian. Terimakasih semuanya.

Kode konten: X281

Komen dibawah! 18

  1. Titis syawalna putri

    Hallo kak yunita.. Saya sudah membaca penjelasan kakak diatas. Nah, kak sya masih sma nih kebetulan saya bingung ingin masuk jurusan psikologi. Takutnya saya banyak dapat omongan orang.. Ngapain kuliah mahal” yang diambil jurusan psikologi.

  2. hasanah

    halo kak yunita…
    saya mau tanya definisi mahasiswa psikologi Islam/psikologi itu apa kak secara umum aja kak ?

  3. Yunita Dzuriyati

    Dek, mau nanya donk. Aq mhasiswa S2 TBI. Ada tmnku yg pngen tau info S1 Psikologi Islam d kampus qt buat adeknya. Tp adeknya udh kerja. Kira2 ada ga yg kls u/ kryawan gtu.

  4. Nai

    Kak di IAIN Tulungagung ada BEM & Lembaga Dakwah Kampus ga?
    Oh iya kak, psikologi Tulungagung sdh ada akreditasinya blm?, Akreditasinya apa kak?, Apa psikologi islam tulungagung baru ya kak?sdh brp angkatan yg lulus di psikologi Tulungagung kak?

    • yunita2402

      Ada banyak BEM kok cari aja yg sesuai dengan kamu, ada DEMA fakultas dan DEMA institut dua lembaga ini yang bakal ngurusin ospek.
      Alhamdulillah sudah terakreditasi B kak, karena masih 3 tahun berjalan jadi belum ada yg lulus kak, sekarang katingnya sudah semester 7 jadi insyaallah tahun depan baru satu angkatan yang lulus

  5. Nai

    Aku tertarik sama mata soalnya tertarik dengan matakuliah psikologi Islamnya 😊

  6. Rara

    Halo kak terimakasih sebelumnya, informasinya sangat membantu. Saya mau tanya, untuk jurusan psikologi islam apa juga ada magangnya kah? kalau iya dimana contohnya?
    Mohon penjelasannya 🙂

    • yunita2402

      Iya sama-sama kak. Haii juga.
      Jadi tetap ada magangnya ya kak, sepertinya untuk magang itu disesuaikan dengan penjurusan masing-masing ada yang PIO, sosial, pendidikan dan klinis. Karena angkatannya baru ada 4 angkatan jadi proses magangnya masih belum terealisasi kak, sekarang katingnya masih proses untuk magang. tapi kalau setau aq kalau PIO itu bisa di perusahaan atau organisasi gitu klinis di rumah sakit jiwa, sosial di lembaga sosial pemerintahan dan pendidikan sudah pasti berkaitan dengan lembaga pendidik

  7. El

    Halo kak, kalau untuk biaya jurusan psikologi di IAIN itu bagaimana kak?

  8. safira

    Halo kak,infonya sangat membantuu, kalo boleh tau, kakak dulu masuknya jalur apa ya??terus biayanya bisa kasih tau detailnya kak??

  9. Caca

    Hallo kak yuyun saya caca kebetulan masih kelas 11 SMA nih, jurusan IPA apakh nanti bermasalah jika anak IPA masuk ke jurusan psikologi? Selain itu saya juga anak yg dikekang ortu kak, dilarang ngambil jurusan ini karna katanya “mau jadi apa lulusan psikologi di padang ga punya kerjaan yg bisa menjamin masa depan ” Kira kira gimana ya kak biar tindakan saya biar bisa dpet restu dari ortu kak?

  10. Erfina Damayanti

    Assalamualaikum, kak Yuyun
    Ini aku lagi mau daftar spanptin masih bingung mau milih jurusan apa akhirnya aku milih psikologi ajah , kira-kira dulu kakak masuk lewat jalur apa ? Kalo kakak udah lulus kepengen kerja dimana kak soalnya pikiran aku ini keprospek kerja mulu, kalo boleh tau kak . Biaya kuliyahnya berapa kak boleh dijelasin?

  11. Dessy Amalia

    Hay kak
    Informasi nya sangat membantu sekali
    Mau tanya.jurusan psikologi itu dari anak IPA atau IPS ya kak?
    Trus kakak dulu dari jurusan apa?masuk di IAIN Tulungagung lewat jalur apa? Biaya kuliahnya juga mahal atau tidak kak?
    Maaf sebelumnya kalau pertanyaan saya banyak dan belibet,karna saya mau mengenal lebih jauh tentang jurusan psikologi
    Terimakasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *