IAIN, Psikologi

Psikologi Islam IAIN Pontianak (Dedi)

Psikologi Islam IAIN Pontianak (Dedi)

Halo sobat intipers! Aku Dedi firmansyah dari Psikologi Islam IAIN Pontianak angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Psikologi Islam IAIN Pontianak seperti apa?

Psikologi islam sama aja seperti psikologi lainnya, yaitu suatu disiplin ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan tingkah laku manusia. Hanya saja kenapa ada islamnya, karena kita belajar tentang teori-teori psikologi islam dari psikolog islam sendiri. Sedangkan, untuk umumnya kita juga belajar teori psikologi umum. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Islam IAIN Pontianak?

Yang pertama tertarik, karena psikologi itu disiplin ilmu yang mempelajari perilaku sehingga saya tertari untuk mempelajarinya. Sebelumnya tertarik dengan jurusannya dan akhirnya masuk ke jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Psikologi perkembangan, psikologi sosial, ada psikologi pendidikan itu yang khas dari psikologi. Sebenarnya banyak, tapi karena aku baru semester tiga jadi baru itu aja yang aku pelajari, oh iya selain itu ada juga psikologi umum. Untuk tugas yang khas ada namanya observasi, kita dari dosen kemarin tugas psikologi perkembangan diminta cari klien atau pasien sesuai dengan materi, yang kemudian kita diminta observasi dan mewawancarainya. Setelah itu kita gabungkan dengan teori-teori psikologi itu sendiri, itu seru banget.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, untuk saat ini masih ada 4 konsentrasi yaitu psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi industri dan organisasi, dan ada psikologi klinis. Untuk psikologi perkembangan memahami tentang perkembangan, aspek manusia dari lahir sampai meninggal. Untuk pskilogi klinis lebih memahami masalah psikologis, peningkatan kemampuan diri dan penyesuai diri. Kalo pendidikan lebih memahami kepada aspek-aspek pendidikan kaya menerapkan disiplin ilmu berbasis riset. Kalo untuk industri dan organisasi lebih pada perusahaan, jadi nanti itu bakalan bekerja di perusahan dan menangani masalah perilaku kariyawan. Konsetrasi bisa diambil di semester 5, aku belum mengambil konsentrasi. Rencananya aku tertarik ngambil perkembangan, karena mempelajari aspek manusia dari lahir sampai meninggal dan kayanya itu seru banget. 

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur masuk ada 3 jalur, ada SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan mandiri. Jalur SPAN dan UM-PTKIN berdasarkan nilai raport secara online. Untuk jalur mandiri seperti seleksi pada umumnya, kalo kalian ga masuk di dua jalur SPAN dan UM-PTKIN, kalian bisa ikut mandiri dengan ikut tesnya langsung. Informasinya bisa di akses pada website kampus iainptk.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Psikologi Islam IAIN Pontianak?

Yang pertama pastinya kita harus selalu semangat karena kita sudah milih jurusan itu artinya kita sudah siap ambil resiko apapun yang terjadi dan pastinya juga kita ngamil jurusan itu, kita tertarik dengan jurusannya, kalo sudah tertarik, masalah apapun yang terjadi kita bisa menghadapinya dengan enjoy aja. Jadi tetap semangat, terus semester 1 dan 2 jangan sampai ngulang matkul karena semester 1 dan 2 masih matkul yang umum.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalo prospek kerja sama aja kaya psikologi pada umumya, HRD di perusahaan, bisa jadi dosen, di sekolah-sekolah, lembaga pendidikan dan rumah sakit.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Targetnya pengen melanjutkan pendidikan ngambil S2 di UIN Jakarta untuk saat ini. Untuk kerja inginnya bekerja di lembaga pendidikan pesantren tapi berharap S2 dulu diselesaikan kalo ada beasiswa kesana.

Kode konten: C297

Komen dibawah! 5

  1. Priska

    Wahh alhamdulillah aku lgi tertarik bgt sama psikologi dan pgn mempelajari nya, semoga aja aku bisa nyusul ya aamiin mau nanya nih kak kan kita S1 nya di IAIN terus klo kita S2 nya ke UI bisa ya? Dan kira biaya nya berapa? Dan ada beasiswa nya juga ga?

  2. dedifirmansyah

    Terimakasih kak Priska atas pertanyaannya dan antusiasnya kakak untuk mengetahui apa itu Psikologi Islam. Bisa dong kak lanjut di UI untuk S2 nya. Yang terpenting nantinya kita memenuhi kriteria terutama untuk nilai akademiknya. Dan masalah biaya untuk S2 psikologi di UI mungkin kakak boleh kepoin website UI. Kampus2 ternama pasti dong menyediakan beasiswa dan mereka juga punya standar penilaian untuk mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa. Semoga bisa bergabung yang kak di jurusan psikologi islam. Kk juga boleh kepoin IG kita @hmpspi.iainpontianak

  3. Nurfa

    Assalamualaikum, kak, saya mau tanya, kalo lulusan Psikologi UIN berarti prospek kerjanya sama aja seperti jurusan psikologi di Universitas Negri yang biasanya? Dan juga saya mau tanya, jika S1 di UIN apa kah bisa lanjut S2 ke Universitas Negri yang biasa kak? Atau harus lanjut S2 di UIN juga kak?

    Begitu saja sepertinya untuk saat ini kak, mohon di jawab

    • Dedi Firmansyah

      Waalaikumusallam Warahmatullahi Wabarakatuh, Kak Nurfa. Terimakasih atas pertanyaanya. Bisa kok kak lulusan S1 UIN daftar di kampus lain. Karena gelarnya juga sama, S.Psi…

  4. Tian

    Assalamualaikum kak mau nanya,klo lulusan psikolohi islam bisa lanjut ke psikologi umum buat hadi psikolog ngga ya?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.