IAIN, Psikologi Islam

Psikologi Islam IAIN Salatiga (Iqbal)

Psikologi Islam IAIN Salatiga (Iqbal)

Halo sobat intipers! Aku M. Iqbal Arroosyad dari Psikologi Islam IAIN Salatiga angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Psikologi Islam IAIN Salatiga seperti apa?

Sebetulnya jurusan psikologi islam itu gak jauh beda dari jurusan psikologi pada umumnya. Di sini ada perbedaan kiblat gitu, maksudnya tidak beda terlalu jauh, hanya penambahan dari sisi islam. Kalau psikologi umum kiblatnya lebih ke barat. Berbeda dengan psikologi islam yang kiblatnya kombinasi antara psikologi barat dan timur. Sehingga ada perpaduan menjadi lebih lengkap. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Islam IAIN Salatiga?

Sebetulmya alasan secara khusus itu gak ada, karena aku juga awalnya mau ambil jurusan psikologi yang umum. Entah Tuhan berkehendak lain, sehingga aku keterima di jurusan ini. Sebetulnya dulu udah daftar dan keterima di UIN Syarif Hidayatullah, tapi restu orang tua untuk menetap di IAIN Salatiga. 

Kalau alasan masuk ke dunia psikologi itu, karena memang passion saya. Sejak SMA itu saya suka berkomunikasi dengan orang lain, menjalin relasi serta memahami orang lain. Alasan itu lah yang membuat saya tertarik di bidang psikologi. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya, kita belajarnya gak jauh beda dari psikologi umum. Kita belajar psikologi kepribadian, psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan. Lalu, mata kuliah penambahan di psikologi islam itu ada beberapa, contohnya psikoterapi islam, pengantar psikologi islam, dan lain-lain.

Sejauh ini mata kuliah yang paling berkesan itu psikologi kepribadian. Di mata kuliah ini saya betul-betul bisa memahami kepribadian orang lain, mulai dari sumber kepribadian, hingga cara menghadapi. Selain teori, kita ada juga praktikum. Praktikum ini kita mempelajari tentang tes psikologi, dari tes psikologi 1 tentang kecerdasan, tes psikologi 2 tentang minat bakat, tes psikolog 3 tentang rekrutmen di perusahaan, dan tes psikologi 4 itu tes kepribadian. 

Terkait tugas itu bentuknya bermacma-macam biasanya membuat Paper, makalah, essay. Tugas praktikum seperti membuat laporan, kita juga pernah ditugaskan untuk terjun ke lapangan dengan wawancara ke psikolog, mengobservasi perilaku manusia juga gitu. 

Nah ada juga nih yang nanya, kalau lulusan psikologi islam itu wajib bisa ngeruqyah atau enggak. Sebetulnya gak diwajibkan untuk bisa ruqyah karena psikologi islam itu fokusnya ke perilaku manusianya bukan kepada terapinya. Nah, kemampuan ini juga gak menjadi salah satu standar kelulusan bagi mahasiswa di jurusan ini, tapi kita juga akan mempelajari ruqyah ini di mata kuliah psikoterapi islam. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau untuk konsentrasi, itu ada psikologi klinis, psikologi perkembangan dan pendidikan, psikologi sosial serta psikologi industri dan organisasi. Peminatan ini bisa dipilih di semester 5, di semester 6 kita udah mulai terjun ke konsentrasi tersebut yang akan kita gunakan untuk magang di akhir semester 6 menuju semester 7. Sistemnya di IAIN Salatiga itu kita ngabisin materi di semester 6, setelah itu kita praktek terjun lapangan hingga akhir. 

Ada jalur masuk apa aja ke jurusan ini?

Terdapat beberapa jalur masuk, sesuai dengan PTKIN lainnya. Ada SPAN-PTKIN jalu prestasi dan undangan, jalur tes tertulis biasa dan terakhir jalur mandiri. Informasi jalur masuk bisa dilihat di instagram @officialiainsalatiga atau ke web resminya.

Peminat psikologi islam itu banyak, di angkatan saya ada 195 orang. Angkatan 2019 itu ada 256 mahasiswa, angkatan selanjutnya lebih banyak lagi. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Psikologi Islam IAIN Salatiga?

Siapkan mental, arena persaingan di perguruan tinggi sangat ketat. Selain itu, perlu mengembangkan pribadi yang mudah berkomunikasi dengan orang lain. Itu salah satu aspek yang penting di bidang psikologi. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerja itu kita sesuaikan dengan pengambilan konsentrasi. Kalau yang ambil psikologi klinis bisa bekerja di rumah sakit jiwa. Temen-temen yang ambil psikologi industri bisa bekerja di perusahaan atau perkantoran, sedangkan psikologi sosial bisa bekerja di dinas sosial. Nah, tidak menutup kemungkinan juga misalnya yang dari konsentrasi psikologi klinis apply ke perusahaan karena fungsi umumnya psikologi itu kita kerja di lingkungan yang ada manusia. Maka dari itu prospek kerjanya sangat luas.

Kode konten: C521

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *