Psikologi, Universitas Indonesia

Psikologi UI (Karine)

Psikologi UI (Karine)

Aku Karine Setiyadi Putri, biasa dipanggil Karine. Sekarang ini, aku kuliah di Universitas Indonesia Fakultas Psikologi. Aku masuk UI waktu tahun 2018, jadi sekarang otw semester 5, nih. Aku mau share buat para intipers tentang kuliah psikologi UI, bagi yang mau tau boleh disimak terus yaa!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Psikologi itu apa sih?

Nah, definisi dari ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku, tingkah laku, dan proses mental manusia secara ilmiah, menggunakan penelitian ilmiah yang terstruktur. Perlu ditekankan metode ilmiah itu penting banget di psikologi. Jadi, bagi yang masih berpikir orang-orang yang kuliah di psikologi bisa baca pikiran, hehe salah ya! Yang benar itu, kita diminta untuk melakukan observasi, wawancara, dan alat ukur lainnya lainnya untuk memastikan sesuatu. Kita juga harus menjadi pendengar yang baik, bukannya hanya diam dan langsung bisa membaca pikiran aja. Selain itu, banyak juga yang mengira kalau di psikologi tidak ada matematika atau hitung-menghitung. Padahal ada, loh! Misalnya, statistika digunakan untuk melakukan riset supaya hasilnya bisa dianggap valid sesuai dengan target penelitian.

promo-web

Mata kuliah favorit dan menantang di Psikologi UI

Selama kuliah 4 semester ini, banyak sekali mata kuliah yang sudah aku ambil. Pastinya ada yang menurut ku menantang, dan yang paling aku suka. Untuk yang menantang, menurut ku mata kuliah Sistem Saraf dan Tingkah Laku menantang banget! Soalnya, aku sendiri berasal dari jurusan IPS, sementara mata kuliah itu membahas bagian-bagian otak, dan juga sistem kerja saraf kita sehingga manusia bisa bertingkah laku sedemikian rupa. Ada serunya juga sih, karena sebelumnya belum tau sama sekali hehe.

Untuk yang favorit, aku suka mata kuliah Psikologi Industri & Psikologi Organisasi, karena aku sendiri tertarik sama bidang tersebut! Tugas-tugasnya juga membuat proyek seperti video animasi, wawancara HRD langsung. Jadi rasanya tuh ya, beneran terjun langsung gitu. Lumayan juga kan hasilnya buat portofolio. Selain itu, ada juga mata kuliah Mental Floss, di matkul ini, ada tugas buat bikin campaign di media sosial tentang mental health. Menurutku keren banget sih karena bisa jadi wadah untuk share ke temen-temen.

Yuk bahas kelompok keahlian di Psikologi UI!

Untuk kelompok keahlian, kbisa diambil nanti pas S2, ya! Disclaimer juga, temen-temen yang mau jadi psikolog harus S1 dari pskologi dan lulus dari S2 profesi. Diluar itu, bisa jadi ahli psikologi dengan ikut yang S2 terapan, untuk tujuan praktis ya, tapi bukan psikolog.

  1. Psikologi Klinis. Membedah perilaku manusia secara khusus dan mendalam, khususnya berbagai kondisi mental manusia yang paling ringan hingga paling ekstrim! Dari konteks umum seperti misalnya “kurang percaya diri”, sampai kondisi ekstrim seperti skizofrenia, gangguan bipolar, dan lainnya.
  2. Psikologi Perkembangan. Bagian yang satu ini berurusan sama isu-isu perkembangan proses mental manusia mulai dari bayi sampe manula. Proses perkembangan mental manusia itu emang yang menarik banget, apalagi dikaji secara ilmiah. Misalnya, proses perkembangan remaja, krisis-krisis pengembangan, cara mendidik anak, dan lain-lain.
  3. Psikologi Industri dan Organisasi (PIO). Fokus ini adalah membuat kondisi psikologis setiap individu serta interaksi antar manusia sebagai Sumber Daya Manusia menjadi semakin baik untuk menunjang produktivitas kerja. Yang bisa kamu lakukan ketika terjun ke fokus ini adalah menyusun sistem perekrutan yang tepat, menentukan training untuk karyawan, dan memberikan award untuk meningkatkan motivasi para pekerja.
  4. Psikologi Pendidikan. Psikologi pendidikan itu bidang psikologi yang mempelajari fenomena dinamika kejiwaan dan perilaku individu yang ada dalam proses pendidikan. Bahasannya bisa seperti metode mengajar guru dan belajar siswa, motivasi guru & siswa, yang semuanya disesuaikan dengan perkembangan dan usia setiap orangnya. Ada hubungannya juga, loh sama psikologi perkembangan!
  5. Psikologi Sosial. Psikologi sosial ini menjelaskan tentang proses interaksi sosial manusia, secara individu melalui teori-teori psikologi sosial. Perbedaannya dengan sosiologi adalah, sosiologi melihat dalam bentuk berkelompok dan tidak individual. Sementara, psikologi sosial fokus melihat individu yang ada di dalam kelompok.
  6. Metriset / Metode Riset Psikologi. Fokus ini  melakukan penelitian-penelitian dan riset untuk mengembangkan ilmu/alat ukur psikologi. Buat kamu yang tertarik jadi peneliti bisa banget pelajari lebih lanjut mengenai konsentrasi ini!

Tips untuk kamu, nih!

Buat temen-temen yang mau masuk ataupun yang baru masuk kuliah psikologi, usahakan untuk rajin membaca, khususnya artikel ilmiah. Karena banyak banget jurnal ilmiah yang harus kita baca, belum lagi buku untuk perkuliahannya yang hampir seluruhnya berbahasa inggris (kalau di kampus aku khususnya). Jadi, usahakan membiasakan diri membaca. Lumayan kok, sambil belajar untuk kuliah, belajar bahasa inggris juga.  Selain membaca, kita juga harus membiasakan diri bersosialisasi dengan orang lain. Tugas kuliah yang diberikan juga kebanyakan bersifat kelompok. Jadi, kita harus bisa bekerja sama, dan juga nantinya akan berguna kalau kita terjun ke dunia pekerjaan. Toh, psikologi sendiri memicu berhubungan dengan orang lain.

Tapi, cuma bisa jadi psikolog ya prospek kerjanya?

Enggak cuma psikolog, loh! Prospek kerjanya luas banget nih. Masing-masing kelompok keahlian ada prospeknya sendiri. Kamu bisa jadi Human Resources & Development, konsultan, konselor pekerjaan, konselor sekolah, peneliti, dosen, asisten peneliti, dan banyak lainnya! Yang pastinya harus disesuaikan dengan minat dan konsentrasi yang kamu pilih, khususnya gelar ya. Mau aku tekankan kalau yang bisa membuat alat ukur hanya yang lulus S2, tetapi banyak juga profesi yang bisa dilakukan oleh lulusan S1. Misalnya, konsultan, guru BK, konselor, dan lainnya. Untuk profesi seperti psikolog dan dosen, harus minimal S2 ya (untuk psikolog S2 nya harus magister profesi!). Kita juga bisa bekerja di company yang membahas isu kesehatan mental, loh! Pokonya banyak banget deh, prospek kerja untuk lulusan psikologi. Bahkan, jika akhirnya kamu menjadi ibu rumah tangga, ilmu nya sangat bisa digunakan loh untuk parenting kedepannya.

Harapan dan rencana setelah lulus dari Psikologi UI

Aku sendiri masih berpikir antara melanjutkan studi ke magister atau langsung terjun ke dunia kerja. Minat terkuatku adalah di bidang Psikologi Industri & Organisasi. Jadi, saat ini aku sedang mengumpulkan pengalaman di bidang tersebut dengan mengikuti Kelompok Peminatan ataupun magang. Harapanku bisa bekerja sesuai dengan minat dan kemauanku, supaya bisa enjoy dengan pekerjaan. Semoga kita semua bisa mencapai dan cita-cita yang diinginkan, ya!

Kode konten: X418

karinesetiyadi
Karine Setiyadi Putri is an undergraduate psychology student at University of Indonesia, currently looking for experience where I can develop my communication skill, especially in psychology field. I am a fast learner, high in conscientiousness, motivated in learning about new things, and working with other people. I would be very happy if I can share some of my knowledge for those who need it.

Komen dibawah! 11

  1. Nadia Salma Hani

    Hai kak, kalau belum bisa bahasa Inggris. Apa bisa masuk psikologi?

  2. Aldi Chandra

    Halo kak, mau tanya kalau jurusan psikologi Universitas Indonesia itu termasuk saintek/soshum?…..
    Kalau misalnya termasuk soshum, ada nggak pelajaran Ipa? Saya agak lemah di ilmiah, makasih kak

    • karinesetiyadi

      Saintek/soshumnya tergantung univnya, kalau UI masuknya soshum. Tapi, ada juga pelajaran seperti sistem saraf & tingkah laku (nyambung sama biologi), dan juga ada psikologi klinis yaa

  3. Sabina khashillah

    Halo kak, aku mau tanya kak kalo belum bisa bhs inggris bakal kesulitan banget ga kak dalam belajarnya?

    • karinesetiyadi

      Hi! Maaf baru membalas yaa, untuk bahasa inggris sebelumnya di tes nya juga ada yaa, dan dalam proses perkuliahannya banyak jurnal bahasa inggris jadi akan lebih baik kalau kamu belajar lebih lanjut. Goodluck!

  4. Zalfa

    Hai ka
    Kalau blm bisa bahasa Inggris apa bisa masuk psikolog?

    • karinesetiyadi

      Hi! Maaf baru membalas yaa, untuk bahasa inggris sebelumnya di tes nya juga ada yaa, dan dalam proses perkuliahannya banyak jurnal bahasa inggris jadi akan lebih baik kalau kamu belajar lebih lanjut. Goodluck!

  5. aznin yuningtyas

    hai kak ,izin bertanya ya . . aku kan pngen masuk psikologi , tp skrng aku SMK dan jurusannya multimedia. itu bisa mempengaruhi keterima atau enggaknya, ga ya? terutama buat sbmptn.

    • karinesetiyadi

      SBMPTN/UTBK seharusnya tergantung kamu udah mempersiapkan materi/enggaknyaa jadi bedanya kamu harus belajar materi” baru mungkin heheh tapi aku kurang tau mata pelajaran SMK multimedia 🙂

  6. Ardian

    Hai kak! aku mau nanya. kalau belum terlalu bisa bahasa inggris apa bisa masuk psikologi ui? terima kasih kak.

    • karinesetiyadi

      Hi! Maaf baru membalas yaa, untuk bahasa inggris sebelumnya di tes nya juga ada yaa, dan dalam proses perkuliahannya banyak jurnal bahasa inggris jadi akan lebih baik kalau kamu belajar lebih lanjut. Goodluck!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *