Psikologi, Universitas Islam Negeri

Psikologi UIN Malang (Hilda)

Psikologi UIN Malang (Hilda)

Holla Intipers! perkenalkan nama saya Hilda jurusan Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Buat kalian yang penasaran dengan jurusan Psikologi di kampus islam dan kehidupan kampus islam seperti apa? Yuk simak!!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apasi Yang Di Pelajari Psikologi UIN?

Banyak yang bilang kalau misal psikologi adalah jurusan yang bisa meramal masa depan. Lulus bakal jadi dukun. Dukun lulusan kampus islam? wkwk salah besar! Psikologi adalah sebuah studi yang mempelajari tentang jiwa. Apapun yang dilakukan manusia dipelajarin oleh psikologi. Selagi ada manusia, psikologi masih dibutuhkan. Jadi jurusan ini tidak akan punah. Sama seperti dikampus-kampus lainnya, psikologi di uin mempelajari semua yang berkaitan dengan manusia. Dari interaksinya, keadaan jiwanya, permasalahan-permasalahan yang dihadapi, simptom-simptomnya, sampai intervensi. Namun, setiap kampus terkadang mempunyai mata kuliah yang berbeda-beda. Tapi intinya yang dipelajari itu sama. Tapi, setiap mata kuliah psikologi di uin itu selalu melihat dari “perspektif islam” dan jujur, sampai saya menulis artikel ini pun masih banyak diantara mahasiswa yang pasti kewalahan dibagian itu. Dosen udah biasa banget ngebantu pas bagian ini, jadi tidak perlu khawatir hehe

Slide5

Kuliah Psikologi Ngapain Sih?

Jujur, saya suka banget sama matkul-matkul yang ada. Dari semester satu, kita sudah diajarkan untuk melakukan mini riset dari beberapa dosen. Biasanya, tahun-tahun pertama kuliah masih satu atau dua mata kuliah saja yang meminta mahasiswa untuk melakukan penelitian ini. Namun, jika sudah memasukin semester 3, hampir semua mata kuliah itu selalu ada tugas penelitiannya tapi tergantung dosen juga sih. Pada semester satu dan dua, cuman ada 2 mata kuliah yang meminta tugas penelitian. Yaitu Sosiologi, Antropologi, PKn, serta kewarganegaraan. Itu merupakan mata kuliah yang berkaitan satu sama lain dan itu dipelajari dalam setahun (2 Semester).

Kemudian, terdapat pula matkul Psikologi Dasar (perkenalan psikologi), Psikologi Kognitif(belajar bagian-bagian otak manusia), Psikologi Perkembangan (tentang spesifik yang terjadi ketika janin dibuahi hingga manusia meninggal), Psikologi Kepribadian(teori kepribadian para tokoh dari zaman freud hingga eksistensialisme), Psikologi Klinis, Psikologi Abnormal, Tes Intelegensi(alat tes), Psikodiagnostik Satu, Dua, Tiga dll. Psikologi Klinis, semester 3, saya mendapatkan tugas untuk melakukan penelitian terhadap anak berkebutuhan khusus di salah satu yayasan di Malang. Dan itu ama sangat seru! Kita berinteraksi dengan mereka, bermain, bahkan ikut sekolah dengan mereka. Mereka akan welcome dengan kita jika kita merespon mereka dengan baik kok.

Psikologi UIN Konsentrasinya Apa Aja?

Kalau misal “dimana ada manusia disitu ada Psikologi” berarti psikologi meliputi setiap kehidupan manusia dong? Yap! Umumnya pada jenjang Strata Satu itu ada beberapa konstrasi di jurusan Psikologi yaitu Klinis, Perkembangan, Sosial, Pio, Pendidikan, Konseling, Eksperimental dan Forensik. Dan setahu saya di UIN Malang itu hampir semua itu ada seperti:

  1. Psikologi klinis, konsentrasi ini khusus menangani permasalahan-permasalahan jiwa secara spesifik dan umumnya akan lebih sering lagi untuk datang ke rumah sakit jiwa jika mengambil konsentrasi ini.
  2. Selanjutnya, Psikologi perkembangan, sebenarnya setiap konsentrasi psikologi wajib memahami ini karena setiap yang terjadi dalam diri manusia melihat juga tahapan atas perkembangannya.
  3. Psikologi sosial, konsentrasi ini mempelajari lebih lanjut permasalhan manusia yang berkaitan dengan orang lain. sehingga tidak hanya melibatkan satu clien kita namun lingkungannya. Biasanya, disini juga akan mempelajari budaya-budaya yang ada.
  4. Psikologi Industri dan Organisasi(PIO), ini adalah konsentrasi yang paling banyak diminati. Kalau kata kating-kating yang sudah ambil konsentrasi, kelas-kelas ini akan full duluan dari kelas-kelas konsentrasi yang lainnya. Fokus ini ke bagaimana kita melihat orang-orang yang berada pada industri/organisasi serta permasalhan-permasalhannya.
  5. Psikologi pendidikan, ini akan mengulik tentang anak-anak di sekolah. lagi-lagi psikologi perkembangan terlibat disini.
  6. Psikologi forensik, jika kalian suka dengan misteri-misteri, nah konsentrasi ini yang cocok. Konsentrasi ini akan mempelajari tentang sesuatu hal yang masih menebak-nebak.

Hal Apasih Yang Menjadi Keluhan Mahasiswa Psikologi UIN?

Kalau ditanya keluhan, banyak sih ya hehe jika saya melihat teman-teman itu ada beberapa permasalahan yang sering mereka keluhkan, yaitu

  1. “Banyak banget sih tugas” nah di jurusan psikologi uin ini memang special. disini kita akan dapat banyak tugas yang berkaitan dengan lingkungan-lingkungan luar seperti penelitian tadi. Biasanya, tugas-tugas ini muncul ketika waktu menjelang UTS hingga UAS. ya lumayan sih 2 bulan terbelenggu oleh tugas hehe. Tapi tips dari saya adalah kalian harus pinter-pinter dalam membagi waktu untuk menyicil mengerjakan tugas-tugas ini. Karena biasanya, deadline yang diberikan hampir bebarengan dengan yang lainnya.
  2. “Banyak penelitian” untuk permasalhan ini, saran saya kamu bisa melihat permasalhan-permasalhan yang ngebuat kamu penasaran banget yang itung-itung bisa menjawab atas pertanyaan besar dalam hidupmu hehe
  3. “Banyak bacaan, banyak teori” yap! pada jenjang S1 memang Psikologi banyak banget teori dari pada prakteknya tapi tenang, kalian tidak perlu menguasai semua teori yang ada. cukup teori-teori dasar dan satu tokoh dalam satu teori saja, tapi kalau kamu mau menghapal semua teori ya dipersilahkan sih bagus juga, tapi biasanya tidak semua tokoh digunakan dalam membahas permasalhan setiap matkul.
  4. “Ini perspektif islamnya apa?” permasalahan yang paling umum banget, terutama buat kalian yang lulusan SMA umum seperti saya. Jujur, waktu kelas psikologi kepribadian, yang mengusung banyak tokoh dan perspektif islamnya, saya kewalahan banget. Setiap presentasi mandiri selalu membahas sekilas saja, namun dosen akan memahami itu dan menjelaskan sedetail mungkin. tapi ya tetep mahasiswa berusaha mencari diinternet atau buku yang berkaitan dengan itu, karena diperpus biasanya sudah disediakan buku-buku terkait.

Kura-Kura Atau Kupu-Kupu?

Kembali lagi ke kalian. Di UIN Malang, memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk aktif dalam melatih soft skill, menambah relasi hingga mengembangkan bakat mahasiswanya, dan itu harus dibuktikan dengan sertifikat yang memiliki poin tertentu yang harus dipenuhi. Ini juga menjadi PR buat kalian yang baru masuk. Terdapat 4 unsur yang harus dipenuhi merata, yaitu Penalaran, Bakat dan Minat, Sosial dan Kemasyaraktan, dan kegiatan khusus. Menurut saya, 3 tahun adalah waktu yang cukup untuk kalian memenuhi minimal kredit yang ditentukan. Jika angkatan saya sekarang ini minimal kredit yang ditentukan adalah 250. Beda-beda untuk setiap tahunnya.

Namun, kunci utama dalam menjalani hidup sebagai mahasiswa psikologi adalah membagi waktu dengan baik. Apalagi jika kalian ingin aktif berorganisasi untuk melatih soft skill kalian. Seperti saya, di dalam fakultas saya mengikuti 2 komunitas yaitu Psychoworld dan APT itu adalah 2 komunitas yang cukup hits difakultas, melalui 2 komunitas itu jika ada project yang dikerjakan, cukup menyita waktu. Nah, belum lagi volunteer yang saya ikuti diluar kampus. Jadi, untuk bisa membagi waktu itu semua biasanya saya menyicil tugas-tugas yang deadlinenya duluan dan belajar sedikit demi sedikit. Pembagian waktu yang baik, kalian bisa memenuhi semua kebutuhan yang harus diselesaikan tepat waktu sebelum pengajuan skripsi.

Lulusan Psikologi UIN Kerjanya Ngapain?

sama kok dengan lulusan dari kampus lainnya. semua tergantung dengan mahasiswa nya mau ambil konsentrasi apa dan kerja dimana. Umumnya sih, jika mengambil konsentrasi pio, kalian bisa bekerja di perkantoran atau organisasi seperti HRD atau support system nya atlet. Saya ingat waktu awal masuk dulu, ada sharing dari alumni yang sekarang bekerja sebagai support system nya alet timnas indonesia, saya lupa untuk posisi jelasnya apa namanya, namun ia sebagai pendukung dan memantau keadaan para atlet.kemudian, pendidikan. Biasanya mereka akan menjadi tempat curhat para siswa dan tempat berkonsultasi.

Dan, jika kalian berharap lulus S1 psikologi udah bisa buka praktek, atau bisa jadi konselor itu salah. Jadi, untuk mencapai itu kamu harus sekolah lagi untuk mendapatkan gelar psikolog, atau S2 profesi. karena setahu saya, jika lulusan S1 psikologi itu hanya bisa menjadi asisten psikolog saja. Dan itu tidak boleh untuk melakukan assessment bahkan intervensi.

Harapan Dan Rencana Setelah Lulus?

Jujur ini adalah pertanyaan menyeramkan bagi saya wkwk tapi sejauh ini planning saya adalah ingin mengambil konsentrasi pada bidang sosial dan dapat menlanjutkan study sesuai dengan bidang yang sama atau berhubungan. Saya ingin membantu dalam berkomunikasi setiap individu, karena komunikasi adalah kunci dalam kerukunan.

so, itu adalah penjelasan saya sebagai mahasiswa psikologi UIN yang awalnya juga merasa takut atau sudah berprasangka dengan keadaan kampus. Semoga tidak menurunkan minat kalian. Sampai bertemu! Saya akan sangat senang jika kalian bertanya..

Kode Konten: X269

Komen dibawah! 11

  1. Saelany Aisyah Kuncoro

    Assalamualaikum Kak Hilda, saya mau nanya apa anak SMK bisa masuk jurusan psikolog ya ? dan mata pelajaran apa yang mendukung untuk bisa masuk jurusan psikolog ? untuk matkul apa ada bidang lain yang di pelajari selain psikolog kak ? lalu apa aja yang harus dipersiapkan untuk masuk jurusan psikolog ? Terima kasih kak 😊

    • hi-shafra

      Halo! Bisa kok dari smk, temen saya dari keperawatan SMK bisa masuk kok.
      Untuk matkul mungkin matematika sama ips kali ya, tapi matematikanya sih lebih ke statistik gitu. Dan jurusan psikologi ini relate banget sama sosiologi, antropologi dll yang berhubungan dengan budaya suatu daerah, karena ya kita terjun di psikologi harus siap ditempatkan dimana saja jadi, belajar budaya juga perlu. Karena pembentuk sifat dan perilaku seseorang tergantung budaya juga kan hehe semangat ya kalau mau masuk psikologi. Kamu bakal dapet banyak sekali ilmu yang berhubungan dengan manusia terutama bagaimana caranya memanjakan diri sendiri hehe

  2. Maya

    Kak apa benar untuk prodi ini kita harus menguasai matematika dan bahasa inggris. ?? Apa semua matkul berhubungan dengan matematika dan bahasa inggris kak??

  3. silvia diah kusuma

    halo kak aku lulusan MAN jurusan ipa kira2 bisa gk kak dan kira2 peluang nya besar gk kak untuk masuk ke jurusan psikologi di uin maliki ini?
    mohon dijawab terimakasih:)

    • hi-shafra

      Hai silvia! Kalau kamu mau coba untuk lintas jurusan kataku gak papa sih, bagus juga. Asalkan kamu mau nih korbanin waktu kamu buat belajar pelajaran ips untuk ujian sbmptnnya. Tapi kalau kamu gak mau lintas jurusan, bisa kok masuk Psikologi. Kalau untuk negeri setauku ada di UNS sama Unpad. Jangan malu untuk mencoba ya! Good luck!

  4. Dewi

    Hallo ka hilda. Kalo saya dari sma dan jurusan ipa trs ikut snmptn psikologi di uin apa bisa?

  5. Bunga rohmatun a'yuni

    Assalamualaikum kak.aku mau tanya kan aku sebentar lagi lulus dari sma jurusan ips .aku sekolah di pondok pesantren dan aku sekarang lagi menghafal alquran dan rencananya kalau kuliah nanti melanjutkan..dan apa bisa kak aku bagi waktu katanya banyak tugas..?? Apa banyak menghafal nya juga kak ?? Apa aku bisa masuk fakultas ini kak ??

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *