Psikologi, Universitas Islam Negeri

Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Sulhan)

Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Sulhan)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,  hai teman- teman. Perkenalkan saya Sulhan Wahid biasanya dipanggil Sulhan, mahasiswa jurusan Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, angkatan akdemik 2018, dan masih menempuh pendidikan ditahun ke- 3. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman selama berkuliah 2 tahun di Psikologi UIN Malang, semoga bermanfaat yah.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Psikologi itu apa sih?

Untuk teman- teman semua yang belum tau, saya akan memberikan informasi nih mengenai Psikologi itu apa. Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang prilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia. serta mempelajari penanganan ketika ada gangguan yang dialami seseorang. sehingga kita harus mempelajari dasar teori yang tujuannya untuk memudahkan kita dalam mempelajarinya. di Psikologi UIN Malang sendiri kita akan mempelajari ilmu Psikologi yang di integrasikan dengan islam, mempelajari Psikologi Dasar, dan mempelajari pengukuran Alat Tes Psikologi yang dikaitan dengan bidang Psikologi seperti, Pendidikan, Perkembangan, Klinis, dan lain sebagainya.

Udah menjadi rahasia umum banget nih kalo mahasiswa psikologi itu bisa ramal masa depan atau bisa baca pikiran seseorang, sebenernya itu stigma yang salah banget teman- teman, mahasiswa Psikologi sama sekali tidak bisa meramal masa depan, apalagi membaca pikiran. Psikologi melakukan serangkaian Tes, Pengukuran, dan Assesment, senghingga tidak menimbulakan dugaan atau diagnosa yang tidak tepat mengenai gangguan yang dialami seseorang.

Bedanya Psikolog dengan Psikiater?

Saat ini masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara psikolog dan psikiater. Pasalnya, mereka menganggap jika psikolog dan psikiater adalah dua jenis pekerjaan yang sama, karena sama-sama menyangkut masalah kejiwaan.Tidak jarang, hal inilah yang membuat banyak orang sering tertukar antara psikolog dan psikater ketika ingin konsultasi masalah kesehatan mentalnya.

schooters

Psikolog

Untuk menjadi seorang psikolog, seseorang harus menyelesaikan pendidikan S1 di fakultas psikologi terlebih dahulu. Setelah itu, baru bisa meneruskan program profesi untuk belajar praktik menjadi psikolog, dimana pada pendidikan Magister (S2) Psikologi dibagi menjadi tiga yaitu Magister Sains, Magister Terapan, dan Magister profesi, perbedaan yang paling terlihat ada pada gelar tiap- tiap Magister. Jika ingin melanjutkan studi Profesi yang bisa melanjutkan hanya mahasiswa sarjana psikologi (S.Psi) saja, berbeda dengan Magister Sains bisa dari lulusan sarjana yang bukan Psikologi, begitu juga dengan terapan.

Pekerjaan psikologi yang paling dekat dengan psikiater adalah psikologi klinik yang menangani kasus-kasus kejiwaan, mendiagnosis gejala psikologis pasien, dan melakukan psikoterapi sebagai bentuk penanganannya. Itu sebabnya, psikolog berkompeten untuk melakukan serentetan tes psikologi yang nantinya akan diinterpretasikan sebagai jawaban dari masalah yang dialami pasien, contohnya; tes IQ, minat bakat, tes kepribadian dan lain sebagainya. Seorang psikolog tidak dapat meresepkan obat-obatan namun fokus pada terapi psikososial untuk perilaku, pikiran, dan emosi pasien.

Psikiater

Sedangkan psikiater sebenarnya adalah spesialisasi dari ilmu kedokteran. Jadi orang yang akan menjadi psikiater harus menempuh sekolah kedokteran S1 terlebih dahulu. Setelah selesai sekolah dan mendapatkan gelar dokter umum, psikiater akan berlanjut menjalani pelatihan residensi selama empat tahun yang mengkhususkan diri dalam bidang psikiatri.

Komen dibawah! 17

  1. Dini Suryaningsih Jayamartini, S.Psi

    Sangat bermanfaat, infomasi lengkap dan mudah dipahami.

  2. yau

    assalamualaikum mas. saya salah satu maba yang baru diterima disini. mau tanya. di atas disebutkan tentang bahasa arab, sedangkan saya ngga ada basic sama sekali. itu bagaimana ya? harus bisa? terimakasih

    • sulhanwahid07

      Ngaak harus bisa bahasa arab nanti bakal ada tes gitu untuk nentui kelas kalian apa semisal bahasa arab kalian bagus kalian bakal di arahkan ke dosen atau kelas yg sesuai dengan kemampuan kalian, kalo tidak atau di bawah rata rata kemampuan bahasa arabnya kaya aku bakal diajarin mulai dari awal

  3. Maya

    Mas mau tanya , jurusan psikologi nya itu apa banyak pilihannya atau hanya jurusan psikologi saja ??

    • sulhanwahid07

      Sebenrnya gak kepikiran buat ke psikologi karan dulu pengen banget ke medis kaya kedokteran dan sejenisnya, udah usaha banget sih cuman yaudah lah yah mungkin ada rencana tuhan yg lebih baik jadi milih psikolog, jadi bukan pilihan tunggal atau utama banget sih jurusan ini

    • sulhanwahid07

      Maaf salah kirim yg tadi wkwkkw, jadi kalo di sikologi bidang peminatannya ada 6 secara umum tapi kalo di luar negeri banyak banget bidang peminatannya, kalo di indonesia itu ada klinis, perkembangan anak, dewasa, dan manula, pendidikan, industri dam organisasi, sosial, forensik kurang lebih itu yg aku pahami

    • sulhanwahid07

      Jadi bukan jurusan lebih ke bidang peminatan kita atau konsentrasi kita, kalo mau kerja di rumah sakit atau klink pastinya bidang peminatannya klinis sama kaya yg lainnya juga

      • Maya

        Wajib bisa matematika sama bahasa inggris ta mas ?? Apa semua mata kuliah nya gak lepas dari matematika sama bahasa inggris juga ???

        • Sulhanwahid77

          Izin menjawab yah, sebenernya kalo dibilang matematika banget nggak, tapi di semester tertentu kita bakal di kasih matakuliah yang berhubungan sama hitungan dan angka, tapi tenang aja gak sesulit yang dibayangkan kok, terus apa kah semuanya pake bahasa inggris, gak semua tapi ada beberapa mata kuliah yang mungkin kalo pake refrensi luar lebih komplit gitu, dan psikologi juga ilmu yang kita pelajari dari luarkan otomatis para tokohnya juga ke banyak dari luar jadi refrensi buku ataupun jurnal pasti banyak yang berbahasa inggri, tapi terap ada refrensi ada refrensi Indo, semoga terjawab semangattt

  4. Suci

    Assalamu’alaikum mas
    Maaf mau tanya itu fakultas psikologinya ngikut dari psikologi barat atau psikologi Islam?

  5. Mai

    Assalamu’alaikum, kak
    Mau tanya klo di UIN sndiri apa memungkinkan lintas jurusan pakai jalur snm?

  6. Nur wildah

    Assalamu alaikum kak, kalau psikologi di UIN Malang masuk di saintek atau soshum ya?

    • Buat kak Nur

      Aku baru tahu ada fitur reply ya Allah wkwkwk ㅠㅠ
      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

      Kalau itu, psikologi kami masih di kelompok ips (kalau tidak salah), karena menekankan pada pengaruh lingkungan dan lainnya dalam pembelajarannya.

      Tapi selanjutnya bisa dikoreksi kembali ya kak Sulhan

  7. Buat kak maya

    Saya juga mahasiswa di jurusan yang sama dengan mas nya, dan engga kok kak. Ga ada kebutuhan spesifikasi spt itu. Matematika juga basic kok kak. Semangattt

  8. Buat kak suci

    Saya kuliah di tempat itu juga jadi bantu jawab ya hehe, psikologi di kampus kami berkiblat pada nilai keislaman, masih tetap ada nilai barat, namun tidak seditekankan nilai keislaman kakk

  9. Buat kak mai

    Waalaikumsalam kak, saya sendiri di SMA anak jurusan IPA dan alhamdulillah diterima scr SNMPTN di UIN malang kak, snm kan pada akhirnya bermain di putaran takdir ya kak, bismillah.

  10. Meiva

    Assalamu’alaikum ka,maaf mau tanya,utk masuk jurusan psikologi di uin malang itu bisa lewat jalur span ptkin g ka?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *