Psikologi, Universitas Islam Negeri

Psikologi UIN Semarang Walisongo (Aulin)

Psikologi UIN Semarang Walisongo (Aulin)

Hallo Intipers!!!!! Perkenalkan saya Siti Aulin Ni’mah biasa dipanggil Aulin, mahasiswa Psikologi UIN Semarang Walisongo semester 4. Saya angkatan 2018, dan termasuk angkatan ke-4 di jurusan Psikologi UIN Walisongo. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, yuk simak artikel dibawah ini!!!!!

Bagaimana sih jurusan Psikologi di UIN Semarang Walisongo?

Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan di UIN Walisongo ini termasuk dalam jurusan baru di UIN Walisongo. Jadi, sebelumnya itu jurusan Psikologi UIN WS termasuk salah satu jurusan di FUHUM (Fakultas Ushuludin dan Humaniora), tetapi sekitar tahun 2014-an jurusan Psikologi UIN WS ini mendirikan fakultas sendiri yaitu fakultas Psikologi dan Kesehatan. Angkatan pertama dari jurusan ini yaitu tahun 2015 sekaligus menjadi lulusan pertama ditahun 2019. Tapi jangan khawatir, akreditasi jurusan PSikologi UIN WS ini sudah terakreditasi B lhooo… kereen kaan.

Apa yang dipelajari di jurusan Psikologi UIN Semarang Walisongo?

Jurusan Psikologi di UIN Walisongo sendiri termasuk dalam psikologi umum, maksudnya tidak menekankan soshum ataupun saintek. Dalam jurusan ini kita diajarkan tentang bagaimana memandang suatu peristiwa bukan hanya dari satu sudut pandang saja. Kemudian jurusan psikologi itu memfokuskan pada bagaimana tingkah laku seseorang itu, di jurusan ini juga melatih kepekaan kita terhadap lingkungan sekitar. Dan banyak dari angkatan-angkatan sebelum saya mengatakan bahwa, masuk ke jurusan psikologi itu sama dengan kita mengobati diri sendiri, kita jadi tahu bagaimana diri kita dan bagaimana mengendalikan diri kita. Menarik bukaan?

Slide5

Mitos/stigma/asumsi yang salah tentang jurusan Psikologi UIN Semarang?

Banyak sekali bukan stigma/asumsi/mitos tentang Psikologi ini? ya benar, yang sering sekali saya temui itu ketika saya ditanya tentang jurusan psikologi mereka pasti merespon dengan asumsi bahwa orang yang ada di jurusan psikologi itu orang yang mengobati orang-orang yang tidak normal, kemudian nanti kerjanya di Rumah Sakit Jiwa. Kemudian ada juga yang saya temui mereka meminta saya untuk meramal dan memprediksi mereka itu seperti apa. Ya,, itu stigma dan asumsi mereka tentang Psikologi. Merka tidak salah memberikan asumsi seperti itu, kenapa? Karena mungkin saja yang mereka ketahui memang seperti itu, dan kita tidak boleh menyalahkan nya melainkan kita harus meluruskannya. Bahwa jurusan Psikologi itu fokusnya pada tingkah laku seseorang, bagaimana seseorang itu bertingkah laku, apa yang menyebabkan seseorang itu bisa bertingkah laku seperti itu. Kemudian bagaimana cara mengatasi ketika tingkah laku seseorang itu dianggap sudah tidak wajar atau tidak normal bagi lingkungannya.

Mata kuliah Psikologi UIN dan Dosen favorit?

Mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan Psikologi UIN WS ini banyak sekali diantaranya, Psikologi Umum, Sejarah daan Alira-Aliran Psikologi, Biopsikologi, Psikologi Kognitif, Psikologi abnormal, Psikologi Kepribadian, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Antopologi, Sosiologi dan masih banyak lagi. Karena Psikologi di Universilas Islam maka ada mata kuliah berupa Sejarah Peradaban Islam, Bahasa Arab, Ilmu Tauhid, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadis, Akhlak Tasawuf, Filsafat Manusia dan masih banyak lagi. Untuk tugas-tugasnya kalian akan mulai observasi pada semester 2 dan menurut kakak tingkat ketika semester 5 akan ada praktikum-praktikum terkait tes-tes Psikologi.

Mata kuliah favorit aku yaitu Psikologi Kepribadian, karena ketika belajar mata kuliah ini, aku sadar bahwa manusia itu unik dan ada alasan dibalik tingkah laku mereka. Kemudian ada Psikologi Perkembangan, mata kuliah ini paling berkesan karena adanya tugas observasi dan wawancara kepada subjek-subjek tertentu dengan tema yang ditentukan. Dan tema-tema yang ditentukan itu cukup membuat adrenalin kita diuji (hehehehe), pada mata kuliah ini juga kita bisa tau perkembangan dalam diri kita itu seperti apa. Kemudian ada Psikologi Klinis, mata kuliah ini tugasnya hampir sama dengan Psikologi Perkembangan, tepi bedanya di Psikologi Klinis ini kita mencari subjek dan juga tema sendiri berdasarkan materi yang sudah ada. Melalui observasi ini aku menjadi lebih bersyukur, karena ketika aku mengeluhkan tentang apa yang terjadi dalam diriku, ternyata diluar sana masih banyak yang memiliki masalah yang lebih berat dari aku dan mereka tidak mengeluh, itu sungguh pelajaran yang luar biasa.

Dosen favorit aku itu Bu Rani dan Bu Lucky, menurutku beliau merupakan dosen yang mengerti akan mahasiswanya dan juga bisa untuk memposisikan sebagai dosen maupun sebagai teman. Dan juga dalam memberikan materi dan memberikan penjelasan bisa dengan mudah dipahami oleh semuanya.

Konsentrasi di jurusan Psikologi UIN WS?

Jurusan Psikologi UIN WS ini ada 3 konsentrasi dan baru bisa diambil ketika semester 5 diantaranya;

  • PIO (Psikologi Industri dan Organisasi); focus pada tingkah laku orang-orang yang ada di indutri dan organisasi, di perusahaan dan rumah sakit, dan di organisasi-organisasi.
  • Psikologi Klinis; focus pada perilaku-perilaku yang dianggap abnormal menurut budaya dan lingkungan sekitarnya.
  • Psikologi Pendidikan; focus pada tingkah laku dan perkembangan anak pada masa sekolahnya.

Prospek kerja dan lulusan Psikologi UIN WS

Jurusan Psikologi UIN WS merupakan jurusan yang baru dan baru ada lulusan di tahun 2019. Tapi jangan khawatir, meskipun lulusannya baru sedikit, tapi sudah ada yang jadi asisten Psikolog dan ada juga yang sudah bekerja di perusahaan dan Rumah Sakit lhoooo….

Tips untuk mahasiswa baru Psikologi di UIN WS

Jurusan Psikologi di UIN WS ini berkaitan dengan tingkah laku manusia. Jadi, kepekaan kalian dibutuhkan disini. Selain itu keramahan, ketelitian, kedisiplinan juga diperlukan. Tetap semangat, nanti pasti akan banyak tugas yang akan diberikan oleh Dosen. Pesan saya pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion, minat, bakat kalian serta ikuti kata hati kalian. Jangan pilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan setelah lulus, semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi semua orang, dan barokah llmunya. Untuk rencana setelah lulus, aku pengen kerja di perusahaan atau menjadi asisten Psikolog dulu. Setelah itu, aku pengen melanjutkan S2 dan mengambil profesi Psikolog. Manusia hanya bisa merencanakan, semoga saja semuanya tercapai dengan baik sehingga dapat membehagiakan kedua orangtua, Aamiin.

Kode Konten: X116

Komen dibawah! 21

  1. Ja

    Hai kak saya mau nanya saya maba tahun ini dan diterima di uin ws, kira2 ada kemungkinan ga ya kak di uin ws konsentrasi psikolognya bertambah? Kan prodi baru dan baru ada 3 konsen saja. Terimakasih kak

    • aulin-n

      Sebelumnya terimakasih kak udah mampir ke artikel intip kuliah. Waah selamat ya kak udah jadi maba di psikologi UIN WS 🙂 Untuk konsentrasi psikologi di UIN WS bisa diambil pada semester 5 dan untuk konsentrasinya juga tergantung voting dari angkatan kak. Kalo kemarin angkatan aku ada 5 konsentrasi yang ditawarkan, psikologi perkembangan, sosial, klinis, pendidikan dan psikologi industri dan organisasi. Jadi tergantung angkatan kamu. Untuk saat ini memang baru 3 kak, mungkin nanti kalo angkatan kamu banyak yang minat di psikologi sosial dan psikologi perkembangan, kemungkinan akan dibuka. Kemarin pun di angakatan aku ada beberapa yang pilih psikologi sosial dan psikologi perkembangan, cuman belum memenuhi syarat, krn syaratnya min ada 15 mhs yg nge voting dan diangkatan aku ndak ada 15 mhs yg pilih psikologi sosial dan psikologi perkembangan.
      Semoga bisa sedikit membantu ya 🙂 Terimakasih,

      • Ja

        Terimakasih kak sudah menjawab, jadi konsentrasi bisa bertambah tergantung voting dari angkatan kita juga ya kak. Semoga ketika voting nanti hasilnya cukup buat diizinkan buka karena aku agak tertarik dibidang sosial juga.
        Kalau boleh tau kita belajar semua konsen atau kita pilih salah satu saja ya kak?

        • aulin-n

          Alhamdulillah, Iya, semoga pas tahun nya kamu nanti dibuka konsen baru, krn sejauh ini rata2 baru 3 konsen itu aja.
          Untuk smstr 1-4 kita belajar semua konsen. Nah nanti pas smstr 5/6 baru konsen ke pilihan kita.

      • Ms

        Assalamualaikum kak, izin bertanya.
        Saya kan di SMA ambil jurusan Bahasa.
        Apakah bisa masuk ke Psikologi UIN WS?

        • aulin-n

          Waalaikumsalam,
          Bisa ko. Semua jurusan bisa masuk ke psikologi UIN WS. Bisa atau tidak nya masuk ke psikologi uin ws itu bukan di lihat dari jurusan pas SMA ko 🙂
          Temen2 aku ada juga yg dari jurusan bahasa dan bahkan SMK juga lumayan banyak lho. Tetap semangat yaaa, apapun jurusan kamu pas sma, ttep belajar dan berusaha untuk masuk ke jurusan impianmu 😊

        • aulin-n

          Sama2 😊
          Makasiiih, sehat selalu juga 😊

  2. Dea

    Hi kak, psikologi di UIN Ws ini lebih menjerumus ke Saintek apa soshum ya kak?
    Soalnya saya dari MIPA kak, takut peluangnya lebih besar untuk anak soshum. Terimakasih kak

    • aulin-n

      Psikologi di UIN Ws ini lebih menjerumus ke soshum, tapi ada beberapa materi saintek yang masih disinggung di sini. Dea ndak usah takut, jalani dulu aja, dea belajar terus. Dulu aku juga dari mipa kok. Semangat ya dea 😊

      Sent from Mail for Windows 10

  3. Nur Azizah

    Jadi psikologi di uin semarang termasuk soshum atau saintek kak?

    • Aulin

      Hallo, maaf ya baru balas, psikologi uin ws termasuk soshum kak, jadi bisa milih utbk nya rumpun soshum yaa 🙂
      Semangaaat

  4. Vika Farahilda Utami

    Mau tanya kak di UIN WS ini jurusan psikologi nya islam atau umum? Dan soshum ya?

  5. Aris

    Psikologi Uin Walisongo itu utbk nya rumpun saintek apa soshum?

  6. aulin-n

    Hallo kak, di UIN ws ini psikologinya umum ya kak 🙂
    Semangaaaat

  7. Tikaa

    Assalamu’alaikum ka saya pengen kenal sama mba mau tanya2 tentang jurusan psikologi boleh?:)

  8. Tikaa

    Mba kalo nanya lewat wa boleh?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *