Psikologi, Universitas Negeri Malang

Psikologi Universitas Negeri Malang (Farah)

Psikologi Universitas Negeri Malang (Farah)

Halo intipers. Perkenalkan saya Farah Aliyah Syahidah, mahasiswa jurusan Psikologi UM (Universitas Negeri Malang) angkatan 2017. Di sini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 6 semester di jurusan Psikologi. Yuk, simak pengalaman saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Jurusan Psikologi UM?

Psikologi berasal dari dua kata psyche dan logos dari bahasa Yunani yang artinya ilmu jiwa. Psikologi mempelajari proses mental dan perilaku pada manusia. Kami banyak diajarkan berbagai teori yang membahas manusia dari berbagai sisi. Masing-masing tokoh memiliki sudut pandang berbeda sehingga dapat menjelaskan manusia dengan lebih kompleks jika kita dapat menggabungkan teori-teori ini dengan baik. Tenang, meskipun nanti kita akan dipertemukan banyak teori serta buku-buku tebal berbahasa Inggris, tapi sungguh menyenangkan belajar psikologi karena kita dapat memahami orang lain dan diri sendiri lebih baik sehingga dapat meningkatkan kepekaan kita terhadap lingkungan. Selain itu, banyak ujian-ujian di program studi ini dilaksanakan open book karena berbasis studi kasus, jadi jangan keburu pusing menghafal teori-teorinya ya, akan lebih mudah jika kita memahami dan mengkaitkan teori-teori itu dengan diri kita serta kehidupan sehari-hari.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa bedanya dengan BK?

Saya sempat beberapa kali diskusi dengan teman-teman dari jurusan BK dan kami menemukan persinggungan yang lumayan mirip, dimana beberapa teori yang kami pelajari sama, tentu saja karena kami sama-sama mempelajari unsur manusia. Namun, yang membedakan keduanya adalah kami mempelajari kasus-kasus ringan sampai berat, orang yang sehat mental sampai yang sakit, tidak hanya itu, kami juga belajar tentang anak-anak berkebutuhan khusus yang biasanya dipelajari teman-teman jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB). Jadi, psikologi mengkaji lebih luas dan mencakup beberapa mata kuliah yang diajarkan di BK serta PLB, tapi kami hanya belajar sekilas dan tidak terlalu mendalam.

Mata kuliah dan Dosen favorit Psikologi UM?

Dari sekian mata kuliah yang saya pelajari, mulai dari psikologi umum, psikologi perkembangan, statistika, antropobiopsikologi, faal, psikologi kognitif, asesmen kecerdasan, asesmen kepribadian, teori kepribadian, psikologi sosial, psikologi industry dan organisasi, manajemen sumber daya manusia dan lain-lain, mata kuliah yang pertama kali membuat saya jatuh cinta adalah antropobiopsikologi, dimana mata kuliah ini mengkaji proses internal dalam tubuh manusia, di antaranya hormon, otak, sumsum tulang belakang, saraf memengaruhi kinerja fisik manusia dan perilsaya manusia. Banyak teman-teman saya yang dulunya anak IPS kewalahan pada mata kuliah ini, saya pun demikian di beberapa pertemuan awal, tapi karena dosen kami terus memberikan motivasi kami untuk giat belajar, akhirnya saya berusaha untuk menyempatkan belajar setiap hari. Setiap hari buku biopsikologi karangan J.W. Kallat tergeletak di meja belajar saya karena saya sangat sibuk mencatat bagian-bagian detail otak dan saraf manusia. Saya juga senang belajar melalui youtube, tapi saya sama sekali tidak merasa beban karena saya merasa senang.

schooters

Mata kuliah kedua yang membuat saya jatuh cinta dan sering terbawa pada kehidupan sehari-hari adalah teori kepribadian, di sini saya seringkali membaca teori kepribadian dan berusaha mengkaitkannya dengan diri saya sendiri serta orang di sekitar saya, hal ini yang membuat saya dengan cepat memahami materi dan sangat sulit untuk lupa, bahkan seringkali saya menganalisis seseorang yang sedang berbicara melalui teori-teori yang sudah saya baca, dan semua itu berjalan secara otomatis tanpa saya perlu berpikir keras atau memerintahkan otak saya secara sadar. Dosen favorit saya, tidak ada. Saya menyukai semua pengajar di sana karena masing-masing dari dosen saya sangat unik, memiliki karakter khas dan saya sangat menghargai beliau-beliau. Beberapa dosen saya gaul, beberapa yang lainnya tampak sangat dewasa, beberapa yang lain tampak tegas, beberapa yang lain lemah lembut.

Konsentrasi di Psikologi Universitas Negeri Malang?

Konsentrasi di jurusan Psikologi disebut peminatan. Kami memiliki lima peminatan yang biasanya diambil di semester lima. Setiap peminatan terdapat dua mata kuliah yang harus diambil, beberapa kakak tingkat kami mengambil dua sampai tiga peminatan di setiap semesternya. Peminatan yang di ambil selama semester lima dan enam akan menjadi acuan saat PPL (Program Pengalaman Lapangan) yang biasanya dilaksanakan saat semester antara antara semester enam ke semester tujuh. Dari kedua atau ketiga mata kuliah peminatan yang sudah diambil selama semester lima dan enam kita akan memilih mata kuliah mayoring untuk PPL. Biasanya mata kuliah mayoring diambil semester lima dan enam, sementara minoring hanya diambil semester lima. Misalnya, jika kita mengambil peminatan psikologi sosial di semester lima dan enam, artinya mayoring kita adalah psikologi sosial, jika kita mengambil peminatan psikologi perkembangan hanya di semester lima, artinya peminatan ini menjadi peminatan minoring.

  • Pendidikan: mempelajari sistem sekolah, peserta didik, kurikulum, cara belajar dan mengajar.
  • Perkembangan: mempelajari proses perkembangan manusia sejak lahir sampai lanjut usia.
  • Klinis : mempelajari beberapa gangguan mental dan proses terapi yang efektif.
  • Sosial: mempelajari hubungan dan interaksi antar manusia, kadang bersinggungan dengan antropologi.
  • Industri dan Organisasi : mempelajari struktur, dunia industri dan organisasi serta sumber daya manusia dan memposisikan sesuai dengan modalitas yang dimiliki.
  • Pengerjaan tugas penelitian pembuatan alat tes psikologi

Tips-tips untuk Maba di Jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang

Untuk teman-teman mahasiswa baru yang berniat melarikan diri dari hitung-hitungan maupun biologi kemudian berjuang melalui tes SBMPTN / UTBK SOSHUM, kalian salah besar. Justru psikologi adalah prodi kedua terbanyak yang menggunakan statistik setelah prodi  statistik itu sendiri. Selain itu, nanti kita juga bertemu dengan mata kuliah yang mirip dengan biologi. Di sini kita mendapat tugas kelompok yang pastinya akan memudahkan kita untuk berinteraksi dengan teman-teman baru. Jadi kita bisa belajar bersama, membentuk kelompok berlajar untuk saling berbagi dan belajar materi yang belum dipahami selama di kelas. Selain itu jangan sungkan untuk bertanya pada dosen di kelas karena kemungkinan besar kalian akan mendapat nilai tambahan. Semangat!

Ikuti organisasi/magang yang kita banget!

Selain itu, tips selanjutnya adalah ikuti organisasi/magang yang kita banget. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan di universitas. Diantaranya mengikuti kegiatan himpunan Jurusan, BEM Fsayaltas, BEM Universitas, UKM, magang, dll. Ikuti yang sesuai kata hati agar tidak ada paksaan dalam menjalaninya. Hl ini nantinya akan membawa dampak cukup besar pada kehidupan kalian di masa depan. Terutama untuk menambah daftar curriculum vitae hehe…

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja dan Alumni Jurusan Psikologi UM biasanya kerja dimana?

Alumnni ada yang bekerja di SLB menjadi kepala sekolah, bekerja di berbagai lemabaga sosial, sekolah. Ada juga di lembaga bimbingan belajar bagian pengembangan manusia, bekerja di banyak perusahaanserta di PAUD. Ada juga kakak kelas saya yang belum lulus, tapi sudah mendapat tawaran bekerja di kantor kepolisian yang dulunya pernah dijadikan tempat PPL. Beberapa alumni juga bekerja di polikinlinik perkembangan anak yang menangani anak berkebutuhan khusus. Di sana melayani proses terapi dan beberapa ikut biro psikologi untuk menjadi tester alat tes psikologi.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Jujur, setelah lulus saya memiliki tiga pilihan yang sampai saat ini saya bimbang untuk memilih. Di antaranya saya ingin fokus melanjutkan hafalan Al-Quran di pondok. Menghafal memerlukan waktu dan tempat yang kondusif untuk fokus dan mencapai mutqin. Pilihan lain. bekerja karena di semester lima saya sempat bekerja di salah satu rumah tahfidz balita dan homeschooling. Saya mendapat banyak pengalaman di sana. Mengaplikasikan banyak teori yang sudah saya pelajari selama lima semester atau melanjutkan ke program magister dengan beasiswa. Mohon doa supaya pilihan yang saya ambil nanti adalah yang terbaik. Terima kasih teman-teman, semoga bermanfaat.

Kode konten: X246

farahasyahidah
Assalamualaikum semua, aku Farah. Mahasiswa psikologi Universitas Negeri Malang. Mari saling mendoakan untuk tumbuh dan berproses~

Komen dibawah! 59

  1. Rahmat

    Utk uang kuliah dan sumbangan apa bisa di cicil, anak sy mau daftar psikologi tpi sumbangan pembangunan nya sekitar 20juta, apa bisa di cicil ?

    • farahasyahidah

      Hemm kalau boleh tau 20juta itu kampus mana? Kan masing masing kampus kebijakannya beda beda. Biasanya yang pakai uang gedung itu yang kampus swasta atau negeri dengan jalur tes mandiri. Di UM uang gedungnya 12 juta, bisa dicicil kok:)

  2. Maulidiyatul ulya

    Apakh lulusan SMK jurusan tkj bisa msuk jurusan psikologi sdngnkn saya selama jurusan tkj tdk prnh bljr tntng fisika kimia dan biologi

    • farahasyahidah

      Halo? Lulusan SMK bisa banget kok masuk psikologi:) temenku ada anak akuntasi diterima prodi psikologi UM. Heumm, kamu uda tau kalau jalur tes psikologi itu ada banyak, salah satunya LMPTK atau UTBK atau SBMPTN. Nah di sini ada 2 jalur soshum (pelajaran IPS) dan saintek (pelajaran IPA). Prodi psikologi ada yang pakai jalur ips ada yang ipa tergantung kampus. Kalau memang merasa keberatan di ipa, kamu bisa ikut jalur ips. Kampus yang menyediakan psikologi jalur ipa : unpad, uns. Ips : UI, UGM, UNAIR, UM, UIN dan masih banyak lagi

  3. Fitri Wulandari

    Assalamualaikum kak. Saya mau bertanya. Saya ingin sekali masuk psikologi UM,selain saya sudah capek hitung- hitungan saya juga senang sekali mengamati perilaku orang sekitar. Seberapa banyak si matkul yang hitung-hitungan?

    • Farah Aliyah S

      Psikologi adalah prodi kedua paling banyak menggunakan statistik setelah statistik itu sendiri, jata dosen statistik saya hehe

  4. nadiraa

    Assalamu’alaikum kak, apa jurusan saintek bisa masuk kak?

  5. Melanikmah

    Assalamualaikum kak,
    Saya anak ipa, apa bisa linjur SNMPTN di UM psikologi?

  6. Emawati

    Assalamualaikum kak
    Saya mau nanya biaya apa aja yg harus di persiapkan dan kapan pendaftaran jalur bidik misi di UM psikologi??

  7. junia purnama sari

    assalamualaikum kak mau nanya donk..kalo anak ips bisa gak ya…buat ambil jurusan psikolog..

  8. Afifah Wishal

    Assalamualaikum kak, saya anak IPA. Saya ingin psikologi soshum kaa, apa bisa linjur kak? Mohon dijawab ya kaa

  9. Lutfia Cempaka

    Assalamualaikum kak,saya mau bertanya.Berarti SBMPTN psikologi UM itu soshum bukan saintek ya kak?

  10. Hibbah afwah

    Assalamualaikum kak aku mau tanya nih, emm sebelumnya mau cerita dulu hehe jadi gini kak aku tertarik dgn psikologi udaa lama kak tpi orang tua ku nggk setuju kalo aku ambil jurusan psikologi disuruh ambil jurusan yg pedidikan saja katanya biar bisa jadi PNS, nahh ini yg mau saya tanyakan kak. Apakah lulusan/sarjana Psikologi bisa jadi PNS?

    • farahasyahidah

      Waalaikumussalam, halo? Mohon maaf yam baru masuk emailku. Bisa kok PNS, bisa jadi guru bk, kalo ke dosen juga PNS. Aku dulu IPA linjur IPS, harus kerja keras, tp tenang, ips ga sesusah ipa, pasti bisa? sepahamku psikolog juga bisa pns, tp peluangnya lebih gede dosen atau guru

  11. Lia Yuna

    Kak, kalau boleh tau kakak masuk UM jalur apa? Karena saya ingin masuk fakultas psikologi tapi lintas jurusan. Apa SNMPTN yang linjur peluang diterima nya sedikit kak? Semoga terjawab kak?

  12. Charissa

    Mohon izin bertanya ya Kak, kalau psikologi UM itu di soshum. Tapi saya di SMA jurusan MIPA Kak. Jadi harus linjur ya Kak?? Namun saya takut kejar SNMPTN tapi linjur dan pilihan prodi di psikologi UM, takutnya saya akan gagal karena kalah sama anak IPS yang milih prodi psikologi UM duluan gimana Kak?? Semisal Kakak punya solusi untuk kekhawatiran ini, terima kasih banyak Kak sudah membantu.

  13. Hilda Ahsanta Salsabila

    Halo kak, aku mau tanya aku kan pengen banget masuk psikolog, nah psikolog UM ini akreditasinya apa ya kak sekarang? Terus apakah akreditasi itu nanti mempengaruhi saat kita melamar pekerjaan nanti? Makasih kak sebelummya

  14. Nurkhalis majid

    Assalamualaikum.kak semisal saya masuk jalur mandiri apa ada biaya siswa.y soalnya saya rencana daftar thn depan karna ekonomi keluar gk memungkinkan,jadi y kalau saya kuliyah saya cari biaya sendiri.

  15. Fathitsa

    Assalamu’alaikum ka, izin bertanya, kalau psikologi UM itu masuknya ke psikologi umum atau pendidikan ya kak? Di Fakultas nya tertera fakultas pendidikan psikologi. Lalu jika saya ingin berkuliah s1 disini, apakah saya bisa melanjutkan s2 psikologi klinis?

    • farahasyahidah

      Wa’alaikumussalam. Psikologi UM, FPPsi karena UM dulu bekas IKIP. Jadi profesor dan doktornya kebanyakan expert di psikologi pendidikan. Nah, di semua prodi psikologi di Indonesia, ada 5 peminatan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perkembanban dan psikologi industri organisasi. Semua tidak berpengaruh ke pekerjaan, semua peminatan itu hanya digunakan untuk memudahkan skripsi dan KPL. Kita mudah atau sulit mendapat pekerjaan ini tergantung soft dan hard skill kita dalam berkomuniasi, menjaljn relasi, menguasai materi dll selama kuliah, ada banyak yang kuliah S1 ambil peminatan psikologinindustri organisasi, kerjanya jadi guru. Ada yang S1 peminatan klinis kerja di perusahaan, tergantung kitanya

  16. Fathitsa

    Assalamu’alaikum ka, izin bertanya, kalau psikologi UM itu masuknya ke psikologi umum atau pendidikan ya kak? Lalu jika saya ingin berkuliah s1 disini, apakah saya bisa melanjutkan s2 psikologi klinis?

    • farahasyahidah

      Wa’alaikumussalam. Psikologi UM, FPPsi karena UM dulu bekas IKIP. Jadi profesor dan doktornya kebanyakan expert di psikologi pendidikan. Nah, di semua prodi psikologi di Indonesia, ada 5 peminatan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perkembanban dan psikologi industri organisasi. Semua tidak berpengaruh ke pekerjaan, dan gelar. semua peminatan itu hanya digunakan untuk memudahkan skripsi dan KPL. Kita mudah atau sulit mendapat pekerjaan ini tergantung soft dan hard skill kita dalam berkomuniasi, menjaljn relasi, menguasai materi dll selama kuliah, ada banyak yang kuliah S1 ambil peminatan psikologinindustri organisasi, kerjanya jadi guru. Ada yang S1 peminatan klinis kerja di perusahaan, tergantung kitanya

  17. Putri

    Assalamualaikum kak,apakah setiap buku/pertemuan/Quiz beberapa menggunakan bahasa inggris???

  18. najihaa

    Assalamualaikum, ka..
    Terimakasih banyak artikelnya bikin tambah semangat masuk jurusan psikologi apalagi di UM.
    Mohon bantuannya kak, saya ada beberapa pertanyaan:

    1. Sebenernya di UM sendiri itu pendidikan psikologi atau psikologi umum ya? kalau misal pendidikan psikologi, bisakah S2 nya ambil psikologi klinis?

    2. Kalo boleh tau, ka farah masuk psikologi UM lewat jalur apa ya kak? kalau sbmptn, boleh kasih tips gak ka terkait cara belajar, atau pembobotan materi di fapsi, apalagi ka farah lintas jurusan juga kan :<
    Terimakasih banyak kaa ?

    • farahasyahidah

      Wa’alaikumussalam. Psikologi UM, FPPsi karena UM dulu bekas IKIP. Jadi profesor dan doktornya kebanyakan expert di psikologi pendidikan. Nah, di semua prodi psikologi di Indonesia, ada 5 peminatan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perkembanban dan psikologi industri organisasi. Semua tidak berpengaruh ke pekerjaan, semua peminatan itu hanya digunakan untuk memudahkan skripsi dan KPL. Kita mudah atau sulit mendapat pekerjaan ini tergantung soft dan hard skill kita dalam berkomuniasi, menjaljn relasi, menguasai materi dll selama kuliah, ada banyak yang kuliah S1 ambil peminatan psikologinindustri organisasi, kerjanya jadi guru. Ada yang S1 peminatan klinis kerja di perusahaan, tergantung kitanya. Untuk ke S2 bisa ke klinis

      Sbmptn hehe hmm…setiap hari belajar matematika dan tes potensi akademi, setiap pagi wajib setelah subuh sampai jam setengah 7. Lainnya ganti2 hari ini geo besok sej besoknya eko besoknya sosiologi besoknya bahasa

  19. Yayuk Mujirahayu

    Sebenernya di UM itu Psikologi atau Pendidikan psikologi?kak

    • farahasyahidah

      Wa’alaikumussalam. Psikologi UM, FPPsi karena UM dulu bekas IKIP. Jadi profesor dan doktornya kebanyakan expert di psikologi pendidikan. Nah, di semua prodi psikologi di Indonesia, ada 5 peminatan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perkembanban dan psikologi industri organisasi. Semua tidak berpengaruh ke pekerjaan, semua peminatan itu hanya digunakan untuk memudahkan skripsi dan KPL. Kita mudah atau sulit mendapat pekerjaan ini tergantung soft dan hard skill kita dalam berkomuniasi, menjaljn relasi, menguasai materi dll selama kuliah, ada banyak yang kuliah S1 ambil peminatan psikologinindustri organisasi, kerjanya jadi guru. Ada yang S1 peminatan klinis kerja di perusahaan, tergantung kitanya. Gelarnya psikologi murni S.Psi.

  20. Fian SANDI ASIH Weeding Creative

    Halo kak, nilai utbk buat masuk psikologi UM kalau mau aman main diangka berapa kak

  21. karimah

    kak aku mau nanya, kan di UM psikologi masuk ke pendidikan yaa, sebenarnya ituu berpengaruh besar ga si ,atau beda bgt gaa sama psikologi yang ada di UNAIR/UB yang bukan masuk ke pendidikan.
    maksihh kak

    • farahasyahidah

      Wa’alaikumussalam. Psikologi UM, FPPsi karena UM dulu bekas IKIP. Jadi profesor dan doktornya kebanyakan expert di psikologi pendidikan. Nah, di semua prodi psikologi di Indonesia, ada 5 peminatan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perkembanban dan psikologi industri organisasi. Semua tidak berpengaruh ke pekerjaan, semua peminatan itu hanya digunakan untuk memudahkan skripsi dan KPL. Kita mudah atau sulit mendapat pekerjaan ini tergantung soft dan hard skill kita dalam berkomuniasi, menjaljn relasi, menguasai materi dll selama kuliah, ada banyak yang kuliah S1 ambil peminatan psikologinindustri organisasi, kerjanya jadi guru. Ada yang S1 peminatan klinis kerja di perusahaan, tergantung kitanya. Gelarnya tetap S.Psi tetap bisa S2 ke semua peminatan

  22. Yuni ayu larasatI

    Kak saya mau tanya klau lulusan SMA bisa masuk ke jurusan psikologi gak kk saya ingin sekali masuk ke jurusan psikologi yang ada di UM kk
    Tolong dijawab kk saya butuh banget informasinya kk
    Assalamualaikum. Wr. Wb
    Dari yuni ayu larasati

  23. Anisa

    Permisi kak, apa anak bahasa bisa masuk psikologi jalur snmptn?

  24. Isabella Rizky P.

    Permisi kak mau tanya. Jurusan psikologi di UM nanti kalau lulus dapat gelar S.Psi atau S.Pd ya? Soalnya saya lihat di webnya UM, psikologi masuk fakultas pendidikan psikologi, tetapi untuk S1 nya psikologi. Terima kasih ??

    • farahasyahidah

      Psikologi sejak 2012 punya fakultas sendiri, fakultas pendidikan psikolologi. Wa’alaikumussalam. Psikologi UM, FPPsi karena UM dulu bekas IKIP. Jadi profesor dan doktornya kebanyakan expert di psikologi pendidikan. Nah, di semua prodi psikologi di Indonesia, ada 5 peminatan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perkembanban dan psikologi industri organisasi. Semua tidak berpengaruh ke pekerjaan, semua peminatan itu hanya digunakan untuk memudahkan skripsi dan KPL. Kita mudah atau sulit mendapat pekerjaan ini tergantung soft dan hard skill kita dalam berkomuniasi, menjaljn relasi, menguasai materi dll selama kuliah, ada banyak yang kuliah S1 ambil peminatan psikologinindustri organisasi, kerjanya jadi guru. Ada yang S1 peminatan klinis kerja di perusahaan, tergantung kitanya. Gelarnya sama seperti psikologi murni, S.Psi.

  25. sesil

    assalamu’alaikum ka, mau tanya ya
    aku dari SMK jurusan tataboga
    kira2 bisa ga ya masuk psikologi? pgn banget jadi psikolog .
    tapi sempet takut karena beberapa kali searching katanya beberapa ptn jurusan psikologi ga menerima lulusan SMK
    mohon jawabannya ya kak terimakasih..

  26. Checee

    ka, kalau kita ndak bisa bhs inggris nantinya apa akan mengalami kesulitan yang besar di bidang psikologi ini?

  27. Lala

    Kak apa kah smk jurusan tkj bisa masuk di psikologi pake jalur mandiri??
    Mohon dijawabkak..

  28. farahasyahidah

    Halo, Kak. Bisa atau tidak kembali ke kemampuan diri sendiri ya☺ teman saya ada anak SMK lolos SBMPTN. Jadi, monggo disesuaikan dari segi finansial (karena ada uang gedung yang terbilang lumayan), kemampuan tes juga. Jika sekiranya selama ini kakak sudah mempersiapkan mata pelajaran soshum atau IPS dan matematika dengan baik sebelum tes dan yakin, boleh dicoba

  29. Elis

    Selamat siang kak saya mau bertanya, untuk tugas tugas di psikologi UM itu seperti apa aja sih kak? Apakah skill berbahasa inggris sangat dibutuhkan di jurusan ini? Terima kasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *