Psikologi, Universitas Muhammadiyah

Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (Rara)

Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (Rara)

Hallo ker, perkenalkan aku Addini Fahira. Kalian bisa panggil aku Rara. Mahasiswi Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2018. Saat ini aku memasuki tahun ke-3 tepatnya memasuki semester 5. Disini aku akan membagikan pengalaman kuliah aku selama di jurusan Psikologi, sekaligus tips and tricknya. Yuk ikutin pengalaman aku.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Kenapa Harus Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang?

Jurusan Psikologi UMM wajib untuk kalian cantumin di pilihan pertama saat mendaftar perguruan tinggi. Emangnya kenapa kak? sini aku kasi tahu tipsnya. Untuk kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, pertama kalian harus tentukan kota mana kalian ingin berkuliah, yang kedua kalian wajib tahu akreditasi kampus dan jurusan yang kalian inginkan.

Trus kenapa harus Psikologi UMM kak? Psikologi UMM sudah 15 tahun sejak 2006 telah memiliki Akreditasi A oleh BAN-PT dan menjadi satu-satunya jurusan Psikologi di Kota Malang yang terakreditasi A. Tidak hanya itu saja, di Psikologi UMM setiap tahunnya selalu menghadirkan pengajar asing baik untuk mengajar dalam kelas, memberikan kuliah tamu maupun menjadi pembicara dalam seminar ataupun konferensi yang diselenggarakan oleh Psikologi UMM. Selain itu, Psikologi UMM juga sering menerima mahasiswa asing sebagai bagian dari pertukaran pelajar yang mengikuti short course maupun magang di Fakultas Psikologi UMM. Wah gimana menarik bukan!

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Jurusan Psikologi Belajar Apa Saja, ya?

Pasti banyak dari kalian beranggapan kalau mahasiswa jurusan Psikologi bisa membaca pikiran orang dan sering disebut dukun? Memang betul, sampai sekarang stigma itu masih muncul dan sangat melekat dengan mahasiswa jurusan Psikologi. Eits, tolong buang jauh-jauh stigma itu ya. Belajar ilmu psikologi di Psikologi UMM bukan hanya bernarasi, namun berkontribusi nyata bagi kesejahteraan manusia,  sesuai slogan dari Psikologi UMM yaitu “Applying Psychology, Welfaring Humanity”. Bagaimana menjadikan psikologi sebagai sebuah ilmu yang nyata diterapkan untuk mensejahterakan kehidupan manusia lainnya.

Tidak hanya itu saja, kalian juga mempelajari bagaimana memahami perilaku orang lain sekaligus mulai memahami diri sendiri. Tidak jarang anak-anak yang jurusan psikologi sering mengatakan “berobat jalan”, yaps karena selain itu kita bisa mengetahui diri kita sendiri dan bisa konseling secara gratis. Tapi tenang saja, di tahun pertama mahasiswa dibekali diri dengan konsep-konsep dasar psikologi. Di tahun kedua, mahasiwa belajar metode penelitian serta bermacam asesmen psikologi (intelegensi, bakat minat, kepribadian, anak berkebutuhan khusus, kinerja dsb). Tahun ketiga mahasiswa mengasah kemampuan intervensi, baik konseling individu, group maupun keluarga, mendesain dan melaksanakan training pada perusahaan-perusahaan, maupun intervensi pemberdayaan komunitas. Di semester tujuh, mahasiswa akan menjalani magang kerja, bisa di perusahaan maupun lembaga pendidikan, sembari menyelesaikan tugas akhir.

Selain itu, hanya di Psikologi UMM yang menyediakan beberapa laboratorium untuk menunjang pembelajaran seperti laboratorium psikoneurologi, laboratorium asesmen dan intervensi, serta laboratorium eksperimen dan psikometri. Tidak berhenti disitu saja, Psikologi UMM juga memiliki empat Laboratorium Psikologi Terapan (LPT), yaitu: LPT Psikososial, LPT Keluarga dan Tumbuh Kembang Anak (LPT KA), LPT Pengembangan Individu Berkebutuhan Khusus (LPT PIBK), serta LPT Industri dan Pendidikan (LPT IP). Menyenagkan bukan?!

Mata Kuliah Favorit dan Spesialnya Kuliah di Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang?

Di Psikologi UMM memiliki banyak mata kuliah yang menarik seperti yang aku jelasin diatas dan cocok untuk kita kepoin lebih lanjut. Aku sendiri dibuat kepo dan selalu ingin tahu lebih saat mempelajari ilmu psikologi itu sendiri. Mata kuliah terfavorit selama belajar psikologi yaitu asesmen psikologi (intelegensi, bakat minat, kepribadian, anak berkebutuhan khusus, kinerja dsb). Alasannya karena disatu sisi aku bisa ngetes diri aku sendiri dan dari situ aku juga bisa tahu diriku lebih jauh. Selain itu, dari belajar asesmen psikologi banyak hal yang aku dapat seperti aku dilatih untuk dapat mengetes individu lainnya dan secara tidak langsung aku juga dilatih untuk berani bicara didepan orang lain. Lalu aku juga belajar menganalisis hasil asesmen, walaupun masih dibawah supervisi dosenku yang sebagai psikolog. Tetapi serunya juga kuliah di psikologi, kita bakal banyak banget ngerjain laporan hasil asesmen dan kita juga bakal ribet buat nyari orang untuk dijadikan subjek kita.

Cerita sedikit ya, aku pernah gagal praktikum gara-gara subjekku tiba-tiba di hari praktikum ngebatalin kalau tidak bersedia. Aku juga pernah dapet subjek anak kecil, yang mana anak kecil moodnya berubah-ubah. Tapi dari semua itu aku sangat menikmati setiap prosesku belajar di psikologi dan aku selalu dibuat kepo dengan mata kuliah di semester-semester selanjutnya.

Lulus dengan 3,5 Tahun, Apa Bisa?

Psikologi UMM mendesain kurikulum untuk mengantarkan mahasiswanya lulus 3,5 tahun dan secara rata-rata tidak lebih dari 4 tahun, dengan kompetensi unggul yang siap memenangkan peluang kerja maupun menjadi psikopreuner. Tidak itu saja loh, Psikologi UMM memberi kesempatan mahasiswa untuk mengikuti konferensi international maupun pertukaran pelajar. Ada dalam skema transfer credit (kuliah 1 semester–1 tahun) atau sekedar short course yang beberapa diantaranya memberikan beasiswa untuk tuition fee (biaya kursus gratis). Selain itu, beberapa kerjasama tingkat universitas seperti dengan ERASMUS Mundus dan AISEC juga memberi kesempatan mahasiswa untuk mengikuti pertukaran pelajar, short course, kerja volunter bahkan studi lanjut di negara-negara Eropa dan Asia. Tidak berhenti disini saja, Psikologi UMM juga memiliki kelas International yang menerima mahasiswa Indonesia dan asing. Seluruh pengajaran akan dilakukan dalam bahasa Inggris dan mahasiswa akan dilibatkan kegiatan international seperti konferensi dan short course di luar negeri. Wow sangat menarik bukan?

Kegiatan lapang di salah satu SD di Kota Malang yang mayoritas anak-anaknya ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

Tips untuk Calon Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang!

Aku saranin yang pertama kalian harus yakin dan percaya dengan kemampuan kalian. Kedua kalian harus tahu juga bahwa Psikologi UMM adalah psikologi soshum. Itu artinya kalian harus memiliki daya ingat yang kuat karena kalian bakal banyak sekali menghafal tokoh, teori-teori, dll. Eits tapi tidak perlu takut, seiring berjalannya waktu pasti bisa kok! Tokoh dan teori akan kita ingat apabila kita sering menggunakan teorinya. Jadi tidak perlu takut sebelum mencoba masuk psikologi. Dan yang terakhir, kalian wajib mengetahui kalau jurusan psikologi bakal mempelajari bagaimana tingkah laku manusia dan proses mental didalamnya. Jadi mulai dari sekarang yuk mulai tumbuhin rasa empati dan simpati kepada individu lainnya.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Lulusan Psikologi Bisa Jadi Apa?

Banyak banget yang masih ragu dengan prospek yang disediakan bagi lulusan psikologi. Tenang aja, peluang mahasiswa psikologi sangat luas selama masih ada manusia. Yaps, karena sasaran kita manusia. Selama manusia masih ada, disitulah psikologi dibutuhkan. Untuk kalian lulusan Psikologi banyak sekali prospek kerja seperti HRD, konselor, guru bimbingan konseling, terapis, konselor karier, psikolog klinis, psikolog forensik, trainer, dll. Tetapi untuk kalian yang ingin menjadi psikolog, kalian wajib melanjutkan S2 terlebih dahulu yaa.

Dan kalau kalian tanya rencana dan harapanku setelah lulus, insyaAllah aku bakal melanjutkan S2. Cita-citaku menjadi psikolog klinis dan aku berharap apapun yang aku berikan ke orang lain dapat bermanfaat. Sesuai dengan jurusanku yang dapat membantu sesama individu lainnya.

Kode konten: X392

Komen dibawah! 9

  1. yuuhi

    kak, kalo program internasional itu gimana ya?

  2. Dilla

    Mau tanya, saya mahasiswa psikologi universitas Jambi. Angkatan 2019. Untuk psikologi UMM sendiri, apakah ada kerjasama dengan univ luar negeri? Dan menawarkan program student exchange? Dan apakah itu berlaku untuk S2 juga? Terimakasih

  3. bseee

    halo kak, mau tanya itukan psikologi umm soshum, nah kalau dari sma nya saintek apakah ada kemungkinan peluang diterima di psikologi umm kak?

  4. Amirah Najla

    Assalamualaikum kak
    Saya ingin bertanya apakah benar jurusan psikologi UMM itu pusat psikologi Terapan berbasis nilai Islam ? Kalo boleh tau jg . Apa kita belajar nya nanti di sangkut pautkan juga dengan hukum Islam? Terima kasih sebelumnya nya kak ?

  5. devi sakinah

    assalamualaikum kak
    aku tertarik dengan jurusan psikologi. mau bertanya kak, apakah jurusan psikologi ini bisa cocok dengan seorang introvert? karena jujur aku tipe orang yg pendiam banget kak dan agak susah berkomunikasi kecuali sama orang yang sudah kenal dekat. aku ingin masuk psikologi karena ingin melatih diri supaya bisa bersosialisasi dengan baik dengan orang sekitar dan melatih public speaking aku kak, apakah bisa kak masuk jurusan psikologi. semoga di jawab ya kak, lagi butuh masukan banget :’) terima kasih kak 🙂

  6. Intan Afrillingga

    Kuota untuk jurusan psikologi di umm berapa ya kak?

  7. dyan

    assalamu’alaikum kak apa ketentuan masuk jurusan psikologi ya
    terimakasih kak
    wassalamu’alaikum wr wb??

  8. Elma Nabila

    Assalamualaikum, ka izin bertanya apakah di UMM terutama jurusan psikologi diperbolehkan Bagis mahasiswi Yang sudah menikah. Dan apakah ada batasan umur juga saat pendaftaran nya ka ?. Jujur aku pengen banget kuliah di UMM jurusan psikologi cita2 dari kecil ka , semoga di jawab ???

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *