Psikologi

Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Kiki)

Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Kiki)

Halo sobat intipers! Aku W. Rizky Ramadhani dari Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya seperti apa?

Jurusan psikologi mempelajari perilaku manusia, banyak yang dikaitkan kalo kita bisa baca pikiran orang tapi sebenarnya ada ilmunya untuk mempelajari perilaku-perilaku manusia. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya?

Pertama kali saya baca di wattpad sedikit cerita tentang anak ABK tapi dalam cerita itu bukan anak ABK nya yang dibahas tapi kaya orang tua dan tetangganya, disitu ternyata diceritain gimana kondisi keluarganya menrima ABK tersebut, nah disitu saya tertarik banget karena pasti ada pelajaran psikologinya, akhirnya disitu kayanya seru kalo saya mempelajari ilmu psikologi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Banyak sih karena mata kuliah psikologi berkaitan antara semester 1 berkaitan sama semester lainnya, untuk kekhasannya mungkin ada yang lebih seru kalo temen-temen semua masuk ke jurusan psiklogi dan bisa merasakan keseruannya sendiri. Mata kuliah yang menarik bagi saya adalah mata kuliah psikologi klinis karena mempelajari diagnosa gangguan jiwa, terus lumayan sulit jadi lumayan menarik, tugas nya yang paling diingat bedah film, kita dapet tugas bikin podcast untuk bedah film. Kalo saya kebetulan sama kelompok bedah kasusnya adalah aplikasi kencan dan lebih ke ghosting, karena sekarang lagi jaman banget ghosting

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalo di UNTAG ga ada konsetrasi psikologi dan kaya umum aja. Mata kuliahnya sudah dipaket, kalo semseter 1 sama 2 dipaket, untuk semster 3 sesuai dengan indeks prestasi mahasiswa, ditentukan kita bisa ngambil berapa SKS

pmb2-min

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Untuk jalur masuk pasti ada tes kalo swasta. Kalo nilai UN di bawah 7 kita harus tes, terus ada jalur beasiswa OSC untuk temen-temen yang masih di SMA boleh banget dicari OSC ini apa, mumpung belum terlambat karena biasanya seleksinya pas kita masih SMA. Terus ada beasiswa bidikmisi, banyak sih sebenernya beasiswa di UNTAG tinggal kalian ke instagramnya UNTAG Surabaya aja terus disitu nanti bisa DM atau di bionya ada linknya dan bisa cari tahu lewat link itu, untuk cari tau ada beasiswa apa aja di UNTAG dan cara masuknya gimana.

Kalo aku dulu lewat jalur beasiswa bidikmisi, alurnya banyak, ada tes ngisi formulir dan bayar formulir, dan ada persyarata-persyaratan yang harus dipenuhi dan itu bisa ditanyakan di instagram UNTAG surabaya, terus setelah di penuhi kita ada survei juga oleh pihak UNTAG, saya baru diterima beasiswa setelah saya masuk kuliah, jadi dapat email kalo saya lolos beasiswa. Saya daftar waktu saya masuk, instagramnya @untagsurabaya.

Ada tips buat mahasiswa baru Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya?

Jangan males itu yang paling utama, bisa baca-baca buku tentang psikologi atau liat-liat di youtube, bisa diskusi sama temen dan kakak tingkatnya, pskiologi itu denket banget sama lingkunga sekitar kita, jadi bisa diskusi sama lingkungan kita atau temen-temen.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Lulusan S1 psikologi itu bisa jadi asisten psikolog, HRD, trainer, guru bk untuk universitas yng menjurus ke pendidikan, itu paling untuk prospek kerjaannya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencananya mau lanjut S2 dulu dan masih lihat nanti mau ngambil apa di S2 nya.

Q&A

  • Kalo SMA juruan bahasa bisa ambil juruan psikologi ga ya ka?

Kalo dari jurusan bahasa masuk suasta mungkin bisa, tapi kalo untuk negeri saya kurang tau jalurnya sepesrti apa.

Kode konten: C295

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *