Psikologi

Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Farida)

Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Farida)

Hi intipers, Pekenalkan saya Farida biasa dipanggil Faraway, mahasiswi jurusan Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya angkatan 2017. saya tinggal di Cikarang dan kuliah di Bekasi, setiap hari saya Pulang pergi berangkat pagi-pagi dan pulang menjelang malam. Disini saya ingin sharing pengalaman kuliah yang telah saya tempuh selama 6 semester di jurusan psikologi. kepo kan? yuk, intip dan simak pengalaman saya dibawah ini.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa itu “Psikologi”?

Psikologi berasal dari bahasa latin, yaitu “psyche” dan “logos”. Psyche berarti jiwa, sedangkan logos berarti pengetahuan. Jadi psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia.

Mitos dan Stigma tentang Psikologi

Ketika orang tau kalau kamu kuliah di jurusan Psikologi maka mereka akan bilang “bisa baca pikiran dong?” atau ” bisa tau kepribadian saya dong?” Wah seolah-olah kita kaya cenayang ya hehe. Stigma yang beredar di masyarakat lulusan psikologi akan bekerja di RSJ nanganin orang sakit jiwa. Padahal kita gak melulu terjun kesana, bisa ke perusahaan dan juga pendidikan sesuai minat kalian.

Apa yang dipelajari di Psikologi Universitas Bhayangkara?

Di jurusan psikologi kalian akan belajar beberapa mata kuliah. Pertama Filsafat seperti pengantar filsafat, filsafat ilmu & logika, dan filsafat manusia. Kedua Statistika buat kalian yang mikir kalau di jurusan Psikologi ngga ada hitung-hitungan kalian salah. Ketiga psikologi kepribadian ini merupakan mata kuliah yang seru abis! Di sini kalian akan mempelajari tentang dasar-dasar kepribadian dan berbagai macam bentuk kepribadian seseorang. Pada mata kuliah ini kamu akan mengetahui dan mempelajari kepribadian dirimu sendiri. Keempat psikologi klinis, disini kalian akan mempelajari tentang masalah kejiwaan, jenis penyakit kejiwaan hingga penanganan masalah kejiwaan yang tepat.

Kelima psikologi perkembangan, mata kuliah ini mempelajari tentang ilmu perkembangan manusia dari sejak lahir hingga lanjut usia. Keenam biopsikologi, disini akan mempelajari ilmu tentang bagaimana proses mental manusia berlangsung. Akan banyak istilah biologi hingga kedokteran yang akan ditemukan pada mata kuliah ini. Ketujuh mata kuliah mengenai alat-alat tes, di mata kuliah ini kalian akan diperkenalkan dengan berbagai macam alat tes seperti Tes Intelegensi, Tes Inventori dan Tes Proyektif. Nah karena saya kuliah di Universitas Bhayangkara maka saya juga belajar psikologi forensik ini merupakan mata kuliah yang seru abis karena disinu kita akan mempelajari ilmu psikologi dalam ranah hukum.

Apa bedanya dengan psikiater?

banyak yang mengira bahwa psikologi dengan psikiater itu sama, nyatanya kedua disiplin ilmu ini berbeda lho. yang pertama kita lihat dari latar belakang pendidikannya, untuk menjadi psikolog ia menempuh pendidikan sarjana psikologi kemudian setelah lulus mengambil profesi psikolog untuk bisa membuka praktik. sementara psikiater perlu menempuh pendidikan sarjana kedokteran untuk mendapatkan gelar dokter umum kemudian mengambil pelatihan residensi selama 4 tahun dengan pengkhususan di bidang psikiatri, baru kemudian psikiater mendapatkan gelar spesialis kedokteran jiwa. yang kedua dalam memberikan treatmen, meskipun keduanya sama-sama mendalami ilmu kejiwaan dan perkembangan manusia, hanya saja psikiater boleh memberikan terapi berupa obat-obatan atau farmakoterapi. sementara psikolog lebih fokus memberikan terapi psikologi atau psikoterapi.

konsentrasi di jurusan Psikologi Universitas Bhayangkara?

Psikologi memiliki beberapa cabang konsentrasi yang bisa kamu pilih, yaitu Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial dan Psikologi Forensik.

Prospek kerja Psikologi Universitas Bhayangkara ?

lulusan psikologi memiliki banyak prospek pekerjaan yang bagus dan menjanjikan lho, ini dia pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan psikologi :

  1. HRD (Human Resources Development), HRD merupakan bagian dari sebuah perusahaan baik negeri maupun swasta yang pekerjaannya berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan.
  2. Konselor, melakukan konseling bagi orang yang membutuhkan masukan atau pendapat tentang masalah pribadi, pekerjaan dan lain-lain.
  3. Psikolog
  4. Dosen Psikologi
  5. Peneliti
  6. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus
  7. Guru Sekolah Kepribadian
  8. Psikolog Forensik

Ketika kegiatan KKN

 Tips-tips untuk Maba di Jurusan Psikologi

mata kuliah di jurusan psikologi ini banyak berkaitan dengan perilaku manusia. maka kita harus banyak melatih kepekaan sosial, empati dan latih diri kalian untuk menjadi pendengar yang baik. psikologi tidak lepas dari biologi dan matematika, maka jika kalian yang ingin masuk ke jurusan psikologi harus siap dengan hitung-hitungan ya.

Hal-hal yang hanya dirasakan oleh mahasiswa psikologi

  1. Sering disuruh baca kepribadian, berdasarkan golongan darah, bentuk wajah dan lain-lain
  2. dianggap bisa baca pikiran, kalau kita kenalan nih sama orang asing pasti dibilang “waduh bisa baca pikiran orang dong? duh aku harus hati-hati nih, nanti kepribadianku kebaca” padahal ya untuk ‘membaca pikiran’ seseorang yang baru dikenal itu merupakan hal yang mustahil.
  3. diminta tips dan trik mengerjakan psikotes, karena kita diajari alat tes maka tak jarang ada orang yang meminta tips kepada kita.
  4. secara enggak sadar menganalisa diri sendiri dan orang lain, karena kita belajar berbagai teori psikologi maka tak jarang kita tanpa sadar mempraktikannya pada kehidupan kita.
  5. menjadi sumber solusi segala permasalahan hidup, mahasiswa psikologi memiliki citra sebagai tempat curhat yang baik, kita dianggap memiliki solusi dari segala macam permasalahan dalam hidup.
  6. sering banget ditanya ‘apa bedanya psikolog dengan psikiater’, karena masih banyak orang yang belum tahu perbedaan antar keduanya

Harapan dan rencana setelah lulus?

Jujur saya memiliki harapan untuk bisa melanjutkan ke S2 dan mendapat gelar Psikolog. Namun rencananya setelah lulus saya ingin bekerja dulu di sebuah perusahaan dan juga di sekolahan. kenapa saya memilih untuk bekerja dulu setelah lulus? karena saya ingin melanjutkan S2 saya menggunakan uang saya sendiri. saya juga setelah lulus ingin mengikuti pelatihan-pelatihan untuk mendapatkan sertifikat keahlian. Mohon Doa nya ya teman-teman semoga semuanya lancar, Aamiin.

Kode konten: X323

Komen dibawah! 9

  1. Ade Septia

    Assalammu’alaikum kak
    Perkenalkan kak nama aku Tia, dari Padang, sekarang aku kls 12 jurusan IPA.
    Kak, kau mau nanya, aku bercita2 ingin kuliah jurusan psikologi kak, bukan hanya sekedar keinginan aja kak, tapi aku merasa minat dan bakat aku di jurusan psikologi. Nah yg aku pengen tanyain kak, setiap universitas kan beda2 kan kak psikologi nya ada yg ngambil nya dari jurusan IPA ada juga yg IPS, trus perbedaan dari psikologi IPA sama IPS itu apa kak ?? Knp ada psikologi dari IPA, knp ada psikologi dari IPS ??
    Kakak dulu jurusannya apa pas SMA ??
    Trus, apa tips dan trick supaya bisa lulus di jurusan psikologi kak ?? Aku perlu fokus di pelajaran apa aja kak ??
    Itu dulu kak yg mau aku tanyain,

    Sebenarnya masih banyak lagi kak…
    Makasih kakak, sukses terus yaa kak

    • faraway

      waalaikumsalam de.. maaf sebelumnya baru dibalas, perbedaan psikologi ipa sama ips itu terdapat di mata kuliahnya de, biasanya psikologi ipa lebih menekankan ke mata kuliah yang basic theory dan analisis, disini materi yang dipelajari lebih ke arah biologi dan kimia seperti kepribadian, kognitif, biopsikologi. namun tetap ada ilmu sosial dan humaniora tapi tidak dominan. sedangkan kalau psikologi ips lebih menekankan pembelajaran pada mata kuliah yang sosial humaniora, tapi tetap ada ilmu sains nya juga namun tidak detail. psikologi ips juga lebih ke arah aplikasi gejala sosialnya. kaka pas SMA jurusannya IPA. tips and trick nya agar lulus di jurusan psikologi lihat dulu peluang kesempatan yang ada dan sesuaikan dengan universitasnya, univ nya itu memasukkan ilmu psikologi kedalam rumpun soshum atau saintek agar nanti kamu bisa fokus mempelajari materi-materi yang sejalur. semangattttt

  2. Delbert Amadeus Tan

    Permisi kak, mau bertanya beberapa pertanyaan
    1. Alasan kakak masuk ke sarjana psikologi pertama kali kenapa sih?
    2. Gimana sih rasanya melalui kuliah psikologi, aku denger orangnya lebih sensitif dan pengertian ya dari jurusan lain, bener ngak kak
    3. Pelajarannya gimana aja sih kak, boleh dicontohin ngak
    4. Apakah menurut kakak ilmu psikologi akan makin relevan ke masa depan dan kalau begitu kira-kira di sub bidang apa ya yang akan makin populer

    • faraway

      Hai Delbert, selamat malam, maaf baru balas emailmu..
      alasan pertama kali aku masuk psikologi karna jujur aku orang yang suka sekali dengerin curhatan orang lain,senang berbagi saran dan sekaligus penasaran sama kepribadian manusia yang berbeda-beda. rasanya masuk jurusan psikologi itu seru dan ku kira awalnya psikologi ga ada hitung2an tapi ternyata ada hehe, memang benar anak psikologi lebih peka dan perasa terhadap lingkungan sekitar. pelajarannya ya, contoh mata kuliah kepribadian ni nah kita bakal belajar terkait jenis2 kepribadian kaya introvert ekstrovert ambivert dll gitu. ilmu psikologi menurut aku akan selalu relevan karna ilmu ini kan terkait dengan manusia dan ilmu ini bisa diterapkan selagi masih ada manusia. yang makin populer itu psikologi positif.

  3. umi

    assalamualaikum ka … aku tertarik banget pengen kuliah ambil jurusan psikologi di universitas bhayangkara … tapi aku bekerja jadi masih terkendala di jadwal kerja .. ka aku mau nanya ada kah kelas malem untuk jurusan psikologi di universitas bhayangkara ?

  4. manda

    assalamualaikum,kak mau tanya nih di universitas bhayangkara itu psikologinya masuk ke rumpun soshum atau saintek kak?
    trus untuk tes masuknya itu ada tes apa aja?trmksh

  5. Diah Tri Pitaloka

    kak saya diah masih kls 12 saya jurusan teknik elektro di sekolah penerbangan bisa kan kak masuk univ jurusan psikolog? soalnya saya pikir minat dan bakat saya disini, saya suka dengerin cerita tmntmn saya niat nya lulus mau masuk jurusan psikologi tapi ada ragu nya tentang pekerjaan. saya mau tanya kak Apa masuk jurusan psikologi terjamin akan kerjaan nya kak? dan apakah di universitas Bhayangkara ada yg di Jakarta? terima kasih kak sebelumnya

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *