Psikologi, Universitas Brawijaya

Psikologi Universitas Brawijaya (Rifai)

Psikologi Universitas Brawijaya (Rifai)

Halo sobat intipers! Aku Rifai Anas Amirul Huda dari Psikologi UB angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Psikologi Universitas Brawijaya seperti apa?

Psikologi di UB ini masuknya ke Soshum, menganut mazhab Amerika. Nah, psikologi ini terpecah jadi dua, gak ada bedanya tapi beda sudut pandang aja. Psikologi UNS, Unpad, Udayana itu masuk ke Saintek yang menganut mazhab Eropa. Ada juga Psikologi yang masuk ke fakultas pendidikan seperti di UPI sama Unnes.

Psikologi itu secara umum kan mempelajari tentang perilaku manusia, proses mentalnya. Hal yang dipelajarinya banyak, ada pengantar psikologi, psikologi kepribadian, psikologi perkembangan, psikoterapi, konstruksi alat ukur, psikologi abnormal, psikologi klinis.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Universitas Brawijaya?

Dulu milih jurusan Psikologi karena minat dan passion. Dulu ada tiga pilihan jurusan, salah satunya adalah Psikologi. Jadi dulu aku lulus psikologi UB ini di pilihan kedua, pertamanya akuntansi Undip. Jadi untuk temen-temen yang merasa pilihan kedua atau ketiga itu gak akan keterima, itu mitos. Asal pemilihan dan pemeringkatan dalam memilih jurusan itu tepat. Biasanya kita lihat dari peringkat universitas, sama passing grade jurusan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah jurusan semester 1 itu ada pengantar psikologi, biopsikologi. Semester 2 ada psikologi perkembangan dan psikologi kepribadian. Di semester 3 semakin kompleks, ada psikologi klinis, psikologi industri, psikologi organisasi, psikologi pendidikan, statistika psikologi, psikologi abnormal. Semester 4 aku dapet matkul psikodiagnostik 1, anak berkebutuhan khusus, psikologi anak usia dini.  Nanti akan ditambah sama mata kuliah wajib fakultas dan universitas.

Paling kerasa berkesan itu Psikologi Abnormal, itu kita belajar tentang gangguan mental yang terjadi pada manusia,seperti bulimia, anxiety, gangguan kepribadian, dsb. Kita jadi tahu ternyata manusia itu butuh kesehatan fisik dan mental, karena kalau orang sakit fisiknya itu langsung lari ke dokter, tapi kalau sakit mental itu kebanyakan orang masih belum tahu dan merasa sehat bahkan gak mau berobat gitu.

Psikologi juga ada hitungannya, jangan sampek kuliah psikologi untuk menghindari hitungan. Karena psikologi itu banyaknya pendekatan kuantitatif, jadi semua perilaku manusia itu harus dapat diukur biar valid. Misalnya kita mau nentuin kriteria kebahagiaan seseorang, untuk bisa mengetahuinya kita butuh statistika untuk merumuskan rata-rata, perbandingan, dsb. Ada mata kuliah statistika psikologi 1 dan 2, terus ada psikometri sama konstruksi alat ukur. Tapi mudah sih hitungannya, gak rumit kaya jurusan saintek. Kita pake software, cuma untuk belajar itu manual tapi bisa pake kalkulator kok, santai.

Tugasnya sendiri kebanyakan observasi perilaku manusia. Aku semester 1 mengobservasi perkembangan anak, apakah sudah mengenal konsep berhitung, berbicara, dll. Terus di mata kuliah bipsikologi aku diminta untuk buat kuesioner untuk menentukan masalah psikologi untuk dianalisis secara biologis. Aku juga pernah wawancara ke perusahaan, ketemu HRD langsung. Analisis perkembangan motorik anak juga pernah. Terakhir aku observasi di Yayasan Bakti Mulya yang merupakan tempat anak difabel dan orang yang sakit mental sama di sekolah luar biasa juga pernah.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi itu sebetulnya hanya untuk magang dan ambil topik skripsi. Biasanya itu psikologi industri, psikologi pendidikan sama klinis. Kalau di kuliahnya itu dapet semua mata kuliah. Kalau mau lebih spesifik itu harus lanjut S2.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada jalur SNMPTN, UTBK dan UM. Daya tampung UB itu banyak banget, bisa 2 kali lipat dari universitas lain. Satu angkatan UB itu bisa 15.000 mahasiswa, jurusan psikologi aja sekitar 250 orang siswa. Untuk passing grade yang 2019 itu kurang lebih 600. Ujian mandiri UB itu ada yang pake nilai rapot sama hasil tes UTBK. Fyi, ujian mandiri itu bukan kita banyak-banyakan uang, bukan berarti yang paling berani bayar tinggi dia yang bakal lolos, UM itu tetep diperhitungkan hasil tes, nilai sama rapot. Setelah lolos baru pemberkasan, perumusan UKT dan uang pangkal yang disesuaikan sama penghasilan orang tua. Di UB ada juga jalur khusus difabel. Ini uniknya UB yang ramah difabel.

Ospek Mahasiswa Baru 2018

Ada tips buat mahasiswa baru Psikologi Universitas Brawijaya?

Tipsnya sih kenalin dirimu seperti apa, kuliah itu bukan tentang pekerjaan, gengsi dan penghasilan, kuliah itu tentang kamu menjalani hidupmu. Kuliah berdasarkan apa yang kamu inginkan, apa yang kamu sukai. Kalau kita suka, itu pasti ada ketertarikan lebih. Sesulit apapun jurusan dan mata kuliah itu kalau didasari rasa suka itu kita bakal berusaha lebih. Misal, kalau tidak dilandasi dengan rasa suka, itu memang di awal gapapa, tapi pas dihadapi dengan deadline yang mepet atau tugas yang menumpuk bisa rentan stres, bisa gampang menyerah, mudah menyalahkan sesuatu. Jadi pilihlah jurusan sesuai yang kalian suka. Penting untuk improve skill dan diri sehingga kita punya nilai lebih.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau secara keilmuan itu biasanya jadi HRD karena paling diutamakan dari psikologi. Kita juga bisa jadi konselor, orang yang memberikan solusi atau tempat curhat, beda ya dari psikolog. Bisa juga jadi asisten psikolog. Kita bisa jadi konsultan pendidikan atau bekerja di ranah hukum. Itu ada namanya psikolog forensik. Kan banyak juga kejahatan yang didasari faktor psikologis yang kurang sehat, terus penanganan yang tepatnya seperti apa. Kita bisa bekerja di lapas atau BNN sebagai konselor, menangani masalah napi, rehabilitasi napi. Menjadi motivator trainer juga bisa.

Untuk bisa menjadi psikolog, itu harus lanjut S2, ambil peminatan klinis baru buat surat izin praktik untuk pendirian biro psikologi.

Kode Konten: C126

Komen dibawah! 18

  1. Nabila Ananda

    kak mau tanya, untuk jurusan psikologi di ub kan masuk soshum. Nah, saya SMA nya ngambil MIPA apakah bisa lintas jurusan?
    terimakasih sebelumnya kak.

  2. Charissa

    Mohon izin bertanya ya Kak, kalau psikologi UB itu di soshum. Tapi saya di SMA jurusan MIPA Kak. Jadi harus linjur ya Kak buat, aku masuk psikologi UB. Tapi aku takut gagal Kak, semisal linjur. Karena anak IPS juga banyak yang mau ambil psikologi UB. Kira” Kakak punya solusi untuk kekhawatiran ini?? Namun sebelumnya aku sangat berterima kasih pada Kakak karena udah dibantu jawab.

  3. M rifqi dwi

    kak mau tanya, untuk jurusan psikologi di ub kan masuk soshum. Nah, saya SMA nya ngambil MIPA apakah bisa lintas jurusan?
    terimakasih sebelumnya kak

  4. Karmila

    Mohon izin bertanya ya Kak, kalau psikologi UB itu di soshum. Tapi saya di SMA jurusan MIPA Kak. Jadi harus linjur ya Kak buat, aku masuk psikologi UB. Tapi aku takut gagal Kak, semisal linjur. Karena anak IPS juga banyak yang mau ambil psikologi UB. Kira” Kakak punya solusi untuk kekhawatiran ini?? Namun sebelumnya aku sangat berterima kasih pada Kakak karena udah dibantu jawab.

  5. Siti Haniefa Nursalimah

    izin bertanya kak, saya dari SMA jurusan MIPA, saya ingin daftar psikologi UB, karena UB psikogi Soshum, apakah jika saya linjur peluang nya sedikit atau sama saja dengan anak IPS?

  6. Santika

    Halo. Saya santika, Psikologi ub 2020.. mau bantu jawab buat yang anak mipa dan mau masuk psikologi ub, bisa banget kok.. saya sendiri juga mipa dan linjur.. tapi hanya berlaku buat jalur sbmptn dan mandiri aja. 🙂

  7. Innaki

    Kak Saya dari SMK tapi apa bisa masuk psikologi UB kak?

  8. della

    kak kalau mau masuk jurusan psikologi apa harus pintar public speaking juga?

  9. Dilla Nurfadillah

    Ijin bertanya apakah anak smk bisa masuk kejuruan psikologi UB

  10. Ridho

    Kak mau tanya, untuk jurusan psikologi Brawijaya rata” nilai masuk jalur snmptn nya berapa ya? Saya bertanya untuk zaman kakak dulu, tapi kalo andai kata tau untuk passing grade sekarang juga boleh hehe, terima kasih kak

  11. Ahmed

    kebanyakan menanyakan tentang linjur dari SMA nya MIPA ke psikologi UB yang soshum, jadi jawabannya bagaimana?

  12. Lala

    kak saya mau bertanya jadi di Psikologi UB S1 itu tidak ada peminatan/pemfokusan/konsentrasi ?

  13. Nurannisa

    Kak ijin bertanya saya SMK bisa linjur ke psikologi ub tidak kak?

  14. Virgie

    Kak saya sekarang masih kelas 11 kak nah saya sudah berminat buat masuk ke psikologi ub tapi saya belum tau apaa saja yang saya harus siapkan nah mungkin kaka bisa memberi tau saya untuk apaa saja yang saya harus siapkan

  15. Ghj

    Kak mau bertanya untuk rata rata nilai untuk masuk ke psikologi berapa ya kira kira?

  16. Gigah Ardewi

    Hi kak Rifai,mau tanya dong
    – kuliah psikologi itu mirip sama manajemen sdm atau tidak kak?atau apakah ada mnurut kk jurusan yg relate dgn psikologi? Mksdnya yg mirip” gt kak
    -rata rata nilai nya untuk masuk snmptn psikologi brp kak?
    – kalau pke sbmptn itu walaupun gada alumni di ub ttp berpeluang kyk sekolah lain yang punya alumni disana kan kak?

  17. Manda

    Kak ada saran buku buat dipelajari untuk persiapan jalur tes?, soalnya nilai rapot saya semenjak corona ini jdi menurun padahal dri smp punya cita2 pengen masuk UB ambil jurusan psikolog? tpi kayaknya SNMPTN sama SBMPTN ga bakal lolos☹️

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *