Psikologi, Universitas Diponegoro

Psikologi Universitas Diponegoro (Dian)

Psikologi Universitas Diponegoro (Dian)

Hallo sobat Intipers! Aku Dian Klarensia Najogi Marbun  dari jurusan Psikologi Universitas Diponegoro angkatan 2019. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya maupun diskusi bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian kok. Pastikan sebelum bertanya kalian baca dulu artikel ini sampai selesai ya.

Secara umum jurusan Psikologi Universitas Diponegoro seperti apa?

Secara garis besar jurusan Psikologi mempelajari tentang jiwa, pikiran, kesadaran dan perilaku manusia. Jadi di jurusan ini akan dipelajari bagaimana kita melihat manusia berfikir, merasa, dan juga bertindak. Salah satu hal yang perlu di highlight yaitu anak psikologi tidak bisa membaca pikiran manusia, karena kita bukan dukun. Selain itu belajar psikologi bukan berarti kita menggampangkan, dan dijadikan pelarian untuk mereka yang gamau bertemu dengan mata kuliah eksak. Di jurusan psikologi tetap akan dipelajari mata kuliah eksak seperti statistika.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Universitas Diponegoro?

Awalnya aku gak ada niatan sama sekali buat ambil jurusan Psikologi. Tapi waktu menginjak kelas 12 SMA aku mengalami keadaan yang sangat bimbang, down, khawatir sama masa depan. Yang ada di pikiran aku saat itu adalah “ada gak ya ilmu yang mempelajari apa yang sedang aku rasakan?” dan langsung terbesit kalau jurusan Psiklogi ini cocok untuk aku.

Apa saja jalur masuk di jurusan Psikologi UNDIP?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Kalau di UNDIP jalur masuk kurang lebih sama dengan PTN lainnya yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Tapi ada satu jalur yang unik yaitu SBUB, jalur ini diperuntukkan bagi temen-temen yang mempunyai prestasi non-akademik.

Adakah mata kuliah atau tugas khusus di jurusan ini?

Mata kuliah umum yang ada di jurusan Psikologi yaitu Psikologi Konseling, mata kuliah ini akan mempelajari cara mendengarkan orang lain, cara kita menanggapi dan merespon orang lain. Mata kuliah selanjutnya yaitu Design dan Teknik Pelatihan, di mata kuliah ini yang akan dipelajari yaitu cara mengimprove skill yang dimiliki oleh berbagai orang.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips untuk mahasiswa baru Psikologi Universitas Diponegoro?

Bagi intipers yang memiliki keinginan mengambil jurusan Psikologi tips dari aku jangan merasa minder karena berbagai stigma dari masyarakat. Untuk temen-temen yang sekarang sudah memasuki dunia psikologi (semester 1 atau 3) mungkin akan berat yang dipelajari di awal, jalani sesuai dengan kemampuan kita.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Di jurusan Psikologi UNDIP adakah konsentrasi (kelompok keahlian) yang disediakan oleh prodi?

Untuk konsentrasi sendiri ada Psikologi Klinis, bidang ini akan membahas tentang kesehatan mental, dan yang berhubungan dengan kejiwaan. Psikologi Pendidikan biasanya akan terjun menjadi Guru Bimbingan Konseling. Konsentrasi dengan peminat terbanyak yaitu Psikologi Industri dan Organisasi, ranah dari konsentrasi ini yaitu bidang HR, People and Development. Sedangkan Psikologi Sosial, memiliki ranah yaitu bagaimana melihat fenomena sosial yang nantinya dikaitkan dengan Psikologi.

Bagaimana prospek kerja jurusan ini?

Ada informasi penting yang harus intipers ketahui jadi untuk menjadi seorang psikolog tidak cukup berkuliah S1 saja, tapi harus lanjut studi S2. Tapi ada cara lain kalau temen-temen yang lulusan S1 Psikologi ingin menerima klient, yaitu dengan cara menjadi konselor. Cakupan yang dimiliki oleh lulusa S1 Psikologi yaitu seorang konselor karena ada mata kuliah yang dipelajari yaitu Psikologi Konseling. Perbedaan dari Psikolog dan Konselor yaitu terletak pada diagnosanya. Seorang konselor tidak boleh mendiagnosa klient mengidap suatu gangguan mental seperti bipolar, depresi, dsb. Nah melanjutkan mata kuliah yang tadi dibahas yaitu Design dan Teknik Pelatihan, kalau mata kuliah ini ditekuni maka bisa menjadi seorang Trainer. Untuk bidang yang lainnya biasanya dari lulusan Psikologi kebanyakan ada yang menjadi HR.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Semoga nanti setelah lulus S1 Psikolog saya bisa lanjut studi S2 Psikologi dan mengambil konsesntrasi Klinis karena dari saya pribadi ada keinginan untuk menjadi Psikolog.

Konten : C798

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.