Psikologi

Psikologi Universitas Gunadarma (Elisa)

Halo sobat intipers! Aku Carolina Elisa Damayanti dari Psikologi Universitas Gunadarma angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Psikologi Universitas Gunadarma seperti apa?

Psikologi itu ilmu yang mempelajari perilaku dan pikiran manusia, bisa dari anak-anak, remaja, orang tua, dewasa bahkan lansia. Belajar kesadaran, mimpi, perilaku sosial, sama gangguan mental, contohnya takut ketika sendirian sama mau bantu orang yang kesusahana kalo di psikologi namanya altruisme. Psikologi itu mitosnya bisa ngeramal, sebenarnya salah, psikologi kalo mau tau sifat orang harus observasi, wawancara, ga langsung liat aja.

  • Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Universitas Gunadarma?

Awalnya waktu SMA dari IPA dan diminta untuk nentuin mau masuk jurusan apa kuliah, rata-rata pada milih teknik kaya gitu, sedangkan aku kurang berpasion, akhirnya aku masukin psikologi, kebetulan aku seneng dengerin temen cerita, aku juga ngerasa ada sesuatu dari pribadi aku yang mengganjal, jadi aku kebantu banget, karena dapat dosen dari psikolog, psikiater, bahkan HRD. Setelah masuk jurusan ini, seru banget, aku lebih enjoy di psikologi dibandingkan pas aku SMA, karena di jurusan aku lebih mudah mengaplikasikannya ke temen-temen, lingkungan sekitar.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Psikodiagnostika, observasi sama wawancara. Observasi itu mengamati perilaku orang lain, terus kita tulis gerak-geriknya secara detail, kaya tangannya kemana-kemana apa yang udah dilakuin sama subject. Kita juga komunikasi secara dua arah, dengerin keluh kesah dari subject, kita pakai teori-teori, metode-metode wawancara yang udah dipelajari di kelas, kemudian kita tulis apa saja percakapan sama subject, kalo di psikologi namanya verbatim, kenapa khas karena psikodiagnostik ada labnya juga, setiap minggu dikasih tugas terus-terusan, seminggu sekali kita kumpulin, lalu kita ngasih laporan ke dosen, dan di minta presentasi, kemudian dosen ngasih pertanyaan dari hasil presentasi, kurang lebih kaya sidang gitu kalo kata kating ku. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, contohnya di mata kuliah psikologi klinis, ada psikologi abnormal, psikologi konseling. Psikologi abnormal mempelajari konsep perilaku gangguan mental, ada asessment klinis. Ada psikologi industri dan observasi, ada mata kuliah cabangnya kaya ergonomi, psikologi manajemen, psikologi konsumen, kita belajar gimana sumber daya manusia meningkat dan membantu perusahaan atau industri, kemudian kita mengefektifkan kinerja dan menyelesaikan permasalahan di perusahaan. Terus ada psikologi kepribadian, ini yang paling aku suka karena kita belajar humanistik, behavior, sama psikoanalisis, karena ini tuh fondasi kita.

schooters

Konsentrasinya bisa di ambil dari semester 2, bobot SKSnya banyak masing-masing 3. Kalo aku pengen fokus ke psikologi industri dan organisasi, gimana cara kita membantu sumber daya kariyawan yang optimal untuk perusahaan.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalurnya macam-macam, ada dari nilai raport, ada tes masuk, kalo aku dulu tes masuk, sebelum masuk ada tes dulu, kalo kita lolos dapat grade berapa, untuk psikologi sendiri kita ada tes buta warna, kemudian ada juga tes anti narkoba. Pendaftaran biasanya dibuka sampai akhir november masih buka. Seangkatan bisa hampir 1000 mahasiswa baru dari jurusan psikologi aja, itu data yang aku ambil tahun 2018. Informasi lebih lanjut bisa di akses di gunadarma.ac.id. atau bisa langsung ke instagramnya Gunadarma.

Ada tips buat mahasiswa baru Psikologi Universitas Gunadarma?

Cukup fokus, perdalam materi psikologi umum, karena menurut aku itu kaya fondasi kalian di mata kuliah selanjutnya membahas teori dasar banget, soal presepsi, kognitif, behavior, sama kalian juga dalemin kuliah filsafat dan antropologi, karena akan ada terus di semester-semester selanjutnya, kaya antropologi biasanya akan masuk di psikologi lintas budaya, psikologi sosial.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospeknya banyak banget, tapi untuk lulusan sarjana psikologi belum masuk magister atau profesi. Banyak banget kaya di bidang penelitian untuk LSM. Bisa berperan di masyarakat, seperti di pengadilan, rehabilitas, komunitas, pembinaan individu baik di daerah berkonflik, perkotaan, daerah perumahaan kumuh, disabilitas, pengangguran dan komunitas lainnya. Sarjana psikologi juga bisa membantu proses pelatihan dan pembinaan. Semisal ada acara ibu PKK, remaja mengenai pendidikan seks, persiapan psikologis sebelum memasuki pernikahan. Bisa kerja sama dengan psikolog, dokter, terapis, neurolog, ahli nutrisi di rumah sakit atau klinik kesehatan, jadi banyak banget prospeknya, ga harus ke jenjang S2 atau apa, alumninya juga banyak banget.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapannya aku pengen banget kerja di start-up, bagian HRD. Karena aku seneng banget bisa liat potensi dan bakat orang yang masuk di perusahaan. Gimana kita bisa membantu mereka berkembang, menempatkan mereka di divisi-divisi yang sesuai, terus di bagian training. Aku pengen membantu mereka dalam bekerja, lebih puas, dan termotivasi juga.

Kode konten: C561

Komen dibawah! 2

  1. Muti

    Halo kak, aku mau nanya psikologi di Gunadarma itu masuk ke saintek atau soshum? dan kampusnya ada dimana kak?

    • Carolina Elisa

      Halo Muti, Psikologi di Gunadarma bisa saintek dan soshum ya
      Kampus Gunadarma ada 3 region di Bekasi, Depok dan Jakarta kamu bisa pilih mau kuliah di region mana.

      Semoga membantu ya ^^

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *