Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (Akhmad)

Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (Akhmad)

Hallo sobat Intipers! Aku Akhmad Dwi Haryrizki dari jurusan Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya maupun diskusi bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian kok. Pastikan sebelum bertanya kalian baca dulu artikel ini sampai selesai ya.

Secara umum jurusan Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta seperti apa?

Secara garis besar jurusan Psikologi mempelajari tentang tingkah laku, dan karakter manusia. Jadi selama ada manusia maka, ilmu psikologi masih dibutuhkan. Namun yang mengganjal sebagian orang, mereka menganggap anak psikologi bisa membaca pikiran. Ini salah kaprah dan seharusnya bisa membedakan antara psikolog dengan dukun. Kita sebagai mahasiswa psikologi tidak bisa mengetahui secara langsung bagaimana kepribadian dari orang tersebut. Perlu dilakukan assesment menggunakan alat ukur, observasi dan wawancara. Baru kita bisa memberikan kesimpulan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta?

Saya sudah memiliki ketertarikan dengan Psikologi ketika menentukan jurusan untuk berkuliah. Namun, saya tidak tertarik dari segi prospek kerjanya karena saya dulu berpikiran akan menangani orang dengan gangguan jiwa. Setelah saya mempedalami Ilmu Psikologi di dunia perkuliahan, pikiran saya terbuka kalau Psikologi tidak hanya menangani orang dengan gangguan jiwa saja, bisa masuk ke dunia industri seperti HRD.

Apa mata kuliah dan tugas khusus di jurusan Psikologi UMBY?

Menurut saya salah satu mata kuliah di jurusan Psikologi yang perlu di kuasai oleh seluruh mahasiswa yaitu Psikodiagnostika. Mata kuliah ini mempelajari alat-alat test untuk mendiagnostik atau melakukan assesment. Selain mempelajari alat test kami juga belajar mengadministrasikan, dan menginterpretasikan hasil dari test tersebut. Terdapat psikodiagnostika kognitif yang berfungsi untuk mengukur IQ (Intelligence Quotient), kemudian ada juga untuk mengukur kepribadian seseorang.

Apa saja jalur masuk di Univeristas Mercu Buana Yogyakarta?

Untuk jalur masuk yang ada di Universitas Mercu Buana Yogyakarta intipers bisa melalui jalur prestasi (raport) dan jalur reguler. Lebih lengkapnya intipers bisa cek di webiste https://mercubuana-yogya.ac.id/

intipkuliah-web1

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips untuk mahasiswa baru Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta?

Tips dari saya yaitu tetap semangat karena tugas di jurusan Psikologi sangat banyak, tapi disisi lain ini adalah kesempatan kita untuk belajar mengatur waktu. Nantinya akan banyak tugas kelompok, jadi saran saya temen-temen silakan cari circle yang memiliki ritme yang sama dalam bekerja. Kemudian mata kuliah Psikodiagnostika sebaiknya dikuasai karena akan menjadi nilai jual temen-temen ketika bekerja. Selain itu cari pengalaman lain yang relate dengan dunia kerja misalnya magang, asisten dosen.

Bagaimana prospek kerja jurusan ini?

Secara umum lulusan S1 Psikologi belum bisa disebut dengan Psikolog. Jadi kalau temen-temen ingin menjadi seorang Psikolog maka syaratnya yaitu harus mengambil Magister Profesi Psikologi dan nanti akan ada peminatan yang dipilih. Selain itu bisa menjadi HRD, bagi temen-temen yang mengambil peminatan PIO ilmu yang dipelajari sangat berguna ketika menjadi seorang HRD. Kurang lebih seperti membuat draft wawancara kerja, membuat analisis training. Kemudian untuk teman-teman yang ingin memasuki dunia pendidikan bisa menjadi Guru BK, Dosen, dan juga bisa menjadi skorer ketika bergabung dengan Biro Psikologi. Untuk ranah kesehatan lulusan Psikologi bisa menjadi Terapis Anak Berkebutuhan Khusus. Dan yang terkahir yaitu Konselor.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Saya pribadi ada keinginan untuk lanjut Studi S2 namun, saya juga ingin mengerti dunia pekerjaan realitanya seperti apa. Harapan saya setelah lulus saya bisa bekerja terlebih dahulu untuk memantapkan hati mengambil konsentrasi apa nanti ketika mengambil S2.

Konten : C802

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.