Psikologi, Psikologi Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (Putri)

Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (Putri)

Hallo sobat Intipers! Aku Siti Putri Wulandari dari jurusan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2019. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya maupun diskusi bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian kok. Pastikan sebelum bertanya kalian baca dulu artikel ini sampai selesai ya.

Secara umum jurusan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang  seperti apa?

Dari definisi Psikologi sendiri yaitu ilmu yang mempelajari tentang proses mental, perilaku dan juga pikiran. Tapi ruang lingkupnya luas sekali, lebih spesifiknya kita akan mempelajari tentang kepribadian, bagaimana proses pembentukan kepribadian seseorang, tentang emosi dan lain-lain. Jadi kesimpulannya psikologi itu ilmu yang mempelajari manusia secara internal dan eksternal.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang ?

Kalau falshback ketika saya masih SMK, dulu saya mengambil jurusan Akuntansi. Tetapi sampai tahun ketiga saya sudah tidak mendapatkan feel lagi. Kemudian saya baca-baca tentang berbagai jurusan perkuliahan dan menemukan jurusan Psikologi, dan saya tertarik di jurusan ini. Dan untuk meyakinkan pilihan, saya termasuk orang yang suka mendengarkan cerita orang lain untuk curhat. Jadi saya yakin dengan jurusan ini.

Apa saja jalur masuk di Jurusan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang ?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

DI UMM sendiri ada dua jalur yaitu Jalur Prestasi dan Jalur Reguler. Untuk Jalur Prestasi seleksinya menggunakan nilai rapor, biasanya diawal tahun sudah dibuka. Sedangkan Jalur Reguler ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilakukan.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa saja mata kuliah dan tugas yang mengesankan di jurusan Psikologi UMM?

Mata Kuliah yang paling mengasankan selama 5 semester yang sudah saya lalui adalah mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi. Mata kuliah ini saya dapatkan ketika semester 4 kebutulan bobot SKSnya lumayan banyak yaitu 5 SKS dan tugasnya lumayan menantang. Di mata kuliah ini kita belajar membuat alat ukur psikologi. Kurang lebih seperti membuat instrumen penelitian yang bisa digunakan ketika skripsi dan biasanya berbentuk kuesioner.

Ada tips untuk mahasiswa baru jurusan Psikologi UMM?

Kalau untuk tips mungkin jangan terdistrac oleh omongan orang lain seperti “anak psikologi tidak boleh stress” atau “anak psikologi kan calon psikolog masa stress”. Padahal kenyataannya mahasiswa Psikologi juga manusia jadi wajar jika mengalami stress. Mungkin analoginya seperti dokter ya, kalau dokter sakit juga perlu disembuhkan oleh dokter yang lain.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Bagaimana prospek kerja jurusan ini?

Prospek kerja dari jurusan Psikologi tidak sesempit hanya menjadi Psikolog saja, namun bisa beragam tergantung bidang mana yang kita geluti contohnya bidang klinis kita bisa menjadi konselor, kalau suka dibidang pendidikan bisa menjadi konsultan pendidikan. Atau kebanyakan dari lulusan Psikologi terjun di dunia industri organisasi seperti HR.

Apa rencana kedepannya setelah lulus?

Setelah lulus S1 ini saya ingin fokus kerja dulu kalau ada rezeki nanti ada keinginan untuk lanjut studi yang lebih tinggi.

Konten : C785

Komen dibawah! 1

  1. Elzandra Angelynora

    Kak mau tanya, apa kalau anak psikologi harus bisa menggunakan aplikasi pengolah data seperti spss lisrel excel dsb. Oiya kak, apa orang introvert cocok untuk kuliah di psikologi?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.