Psikologi, Universitas Negeri Jakarta

Psikologi Universitas Negeri Jakarta (Sindy)

Psikologi Universitas Negeri Jakarta (Sindy)

Halo sobat intipers! Aku Sindy Rizky Prisila dari Psikologi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Psikologi Universitas Negeri Jakarta seperti apa?

Psikologi dari bahasa yunani psiko dan logos yang artinya ilmu jiwa. Karena ilmu jiwa susah di ukur, pada akhirnya kita mengukur tingkah laku. Jadi intinya kita mempelajari tingkah laku manusia. ada beberap stigma dianggap bisa membaca pikiran, meramal, bisa hipnotis, selalu tahu jawaban psikotes, padahal nyatanya tidak benar. Karena tidak semua bisa hipnotis dan tidak bisa meramal.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Universitas Negeri Jakarta?

Aku tertarik dengan tes-tes psikologi kaya tes kepribadian. Selain itu, aku juga suka nulis cerita yang berkaitan dengan psikologi abnormal atau gangguan-gangguan psikologi, karena risearc untuk tulisan ini, akhirnya tertarik, ternyata orang bisa seperti ini, ada gangguan yang diluar nalar, manusia ada ego, kepribadian tertentu. Aku baca buku psikologi, biografi sigmun freud menceritakan psikoanalissi, kisah hidup, bentuk teori dan kejeniusannya sangat menarik. Perilaku manusia unik-unik, atas dasar aku ingin eksplor hal itu akhirnya memutuskan mengambil jurusan psikologi di UNJ. 

promo-web

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Psikologi bencana, psikologi abnormal, tes intelegensi, psikologi konseling, dll. Kita belajar filsafat dasar, statistika, yang khas yang tadi mengnaai psikologi. Yang khas psikologi konseling, kalo offline kita harus mencari konseli, karena online kita mengkonseling teman kita sendiri, jadi tau masalah mereka. kemudian tes intelegensi kita menajdi tester, memberi intruksi untuk tes. Ibu dosen melihat melalui laptop, kita berpakaan sesuai dengan profesional.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk S1 di UNJ penjurusan belum ada, jadi kita belajar psikologi secara umum. Tapi kita punya mata kulah peminatan, misalkan kita suka psikologi industri organisasi maka kita ambil mata kuliah itu dari semester 3, kalo aku ambil psikologi bencana. Untuk konsetrasi bisa diambil S2, bisa psikologi klinis, psikologi pendidikan, psikologi forensi, dan masih banyak lagi jurusan menarik lainnya. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, SBMPT, dan ujian mandiri. SNMPTN dan SBMPTN dibimbing oleh sekolah, jadi bisa di tanyakan ke guru Bknya, untuk yang mandiri bisa dilihat Penmaba UNJ atau di pantengin instagram UNJ @unj_Official, banyak informasi di sana dan banyak pengingat juga. Aku dulu masuk SBMPTN, aku gapyear sekitar 6 bulan, dulu aku jurusan akuntasi dan bukan di UNJ, tapi karena emang mau masuk psikologi aku belajar selama 6 bulan masuk SBMPT untuk masuk psikologi UNJ dan akhirnya masuk.

Ada tips buat mahasiswa baru Psikologi Universitas Negeri Jakarta?

Harus rajin baca buku, tertama buku psikologi, terutama psikologi upnormal karena banyak istilah-istilah baru, seperti gangguan mental, dan diluar bahasa indonesia. Rajin melatih menjadi pendengar yang aktif, harus disimak agar bisa memberi respon yang baik terhadap konseli, jangan sampai meminta untuk mengulang kembali apa yang diceritakan oleh klien. Selain itu aktif organisasi, banyak manfaatnya, melatih empaty, pengalaman dan networking yang luas.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja banyak sekali, ada yang menjadi asisten dosen, jadi dosen, HRD, tester di biro konsultasi psikologi, di tempat tes-tes psikologi, bisa kerja sampingan atau kerja tetap disana.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana begitu lulus masih mau cari pengalaman, dari sekarang sudah ikut volunter, cari magang, dan yang paling utama aku mau terbitin buku aku dulu. Kalo udah ada biaya aku mau kuliah S2 psikologi klinis.

Q&A

  1. Apa yang membedakan psikologi UNJ dan kampus lain?

Jawaban: Kalo di psikologi UNJ dulu lulusan untuk pendidikan psikologi, bukan untuk S1 psikologi, kalo sekarang jadi psikologi murni, yang membedakan psikologi UNJ sangat erat kekeluargaannya, karena kita ada satu kampus D kampus Halimun, di Jakarta Sleatan dan isinya mahasiswa psikologi, jadi bener-bener sering ketemu mahasiswa psikologi dan ga asing, dan banyak sekali organisasi yang erat juga antara satu dan lainnya, jadi ga asing untuk nanya-nanya tentang kerjaan, tugas dan yang lainnya.

Kode konten: C337

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *