Psikologi

Psikologi Universitas Negeri Makassar (Ilham)

Psikologi Universitas Negeri Makassar (Ilham)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Ilham dari Psikologi Universitas Negeri Makassar angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar itu seperti apa?

Psikologi itu ilmu yang mempelajari tentang perilaku, berbicara mengenai perilaku, tentu cakupannya sangat luas. Psikologi dipetakan atau dibagi menjadi beberapa bidang sepertidalam lingkup pendidikan, perkembangan, sosial, klinis, industri dan organisasi. Sedikit tambahan, dosen saya pernah berkata seperti ini: selama masih ada manusia yang hidup di bumi, maka jurusan psikologi masih dibutuhkan. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Seringkali masyarakat itu menganggap bahwa orang yang di psikologi itu bisa baca pikiran misalnya, padahal sebenarnya dalam hal ini kita bukan dukun, maksudnya sekali liat langsung tau misalnya dia lagi mikir seperti apa atau bagaimana. Jadi di psikologi bahkan misalnya dalam langsung menjudge orang memiliki kepribadian introvert atau extrovert jadi perlu observasi dan alat tes. 

Apa yang jadi alasan masuk Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar?

Kalau berbicara mengenai alasan, yang pertama saya memang suka hal-hal yang berkaitan dengan psikologi, kemudian kedua, di psikologi itu cakupan ilmunya luas. Seperti yang sebelumnya saya katakan, di psikologi itu bisa bekerja di lingkup pendidikan, sosial, klinis, industri, maupun organisasi. Jadi darisini saya pahami bahwa ketika saya kuliah di jurusan psikologi, maka prospek kerjanya itu bisa banya seperti itu. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang paling khas itu statistik. Saya masih ingat waktu awal-awal itu kaget karena peralihan dari SMA kemudian kuliah di jurusan psikologi. Awal-awal kami kan belajar statistik dan lumayan menyita banyak waktu, bahkan setiap malamnya begadang atau tidurnya cuman satu sampai dua jam, dan perlu penyesuaian.

pmb2-min

Mata kuliah khas yang lain yaitu ada psikometri. Kita itu belajar membuat alat ukur. Untuk membuat alat ukur banyak sekali proses yang harus dilakukan. Mulai dengan kita menentukan variabel yang akan dibuatkan alat ukur, kemudian mencari teori yang berkaitan dengan variabel, menentukan indikator, sampai dengan membuat pernyataan. Setelah itu, masih banyak lagi analisis yang dilakukan. Misalnya menguji validitas dan reliabilitas. Itu yang paling sering dilalui oleh mahasiswa psikologi dalam menghadapi mata kuliah. 

Mata kuliah praktikum juga ada di jurusan psikologi. Seperti pengukuran intelegensi, minat dan bakat, penelitian kualitatif, kuantitatif, dan eksperimen. Kemudian yang paling berkesan itu ada beberapa mata kuliah yang kita langsung turun ke lapangan. Misalnya, psiko edukasi, kita memberikan edukasi kepada masyarakat. Baik itu lingkup pendidikan, maupun dalam lingkup masyarakat secara umum. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Seperti yang sebelumnya saya sempat sampaikan, jadi untuk di psikologi itu ada beberapa konsentrasi, misalnya ada konsentras lingkup pendidikan, kalau di psikologi pendidikan itu kita belajar bagaimana mempelajari tentang tingkah laku dalam aspek pendidikan, misalnya bagaimana memahami cara belajar yang efektif untuk siswa misalnya, kemudian yang kedua ada perkembangan.

Konsentrasi psikologi perkembangan mempelajari tentang perilaku dari masa anak-anak, masa remaja, dewasa, dan lanjut usia. Lalu, lonsentrasi yang ketiga itu psikologi sosial, jadi psikologi sosial mempelajari bagaimana kita memahami proses berpikir atau interaksi antar manusia yang dalam hal ini erat kaitannya dengan perilaku. Konsentrasi yang keempat ada klinis, psikologi klinis itu mungkin yang paling umum, mungkin paling banyak dikenal oleh masyarakat. Seperti bagaimana diagnosis, kemudian berkaitan dengan kesehatan mental, dan sebagainya. Konsentrasi yang terakhir itu psikologi industri dan organisasi. Konsentrasi psikologi industri dan organisasi ini berfokus bagaimana aplikasi psikologi di dunia kerja, misalnya proses recruitment kemudian assesment analisis kebutuhan di perusahaan-perusahaan dan lain sebagainya.

Ada tips buat mahasiswa baru Psikologi Universitas Negeri Makassar?

Tipsnya, perbanyaklah relasi dengan kakak tingkat terutama untuk mahasiswa baru karena masa peralihan dari SMA ke perkuliahan. Tentu kita masih perlu banyak memahami jurusan psikologi, walaupun mungkin terkadang kita kewalahan untuk mengajarkan di jurusan psikologi, namun kita tetap mencari kegiatan lain atau ikut di kegiatan organisasi, volunteer, namun perlu juga dibatasi karena jangan sampai kita terlalu banyak atensi kita atau perhatian kita ke organisasi, namun kita harus seimbang dengan akademik kita. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerjanya banyak, tergantung dari kita mau milihnya di bidang apa, bahkan kita bekerjasama dengan jurusan lain, contohnya saja seperti ini: kita misalnya punya teman dari jurusan arsitek, yang kemudian kita bekerjasama membuat projek yang teman kita ini, kita bekerja pada bagaimana bangunan ini nyaman ditempati oleh orang. 

Alumni dari jurusan psikologi juga bisa jadi HRD, kemudian asisten psikolog, peneliti, yang bagusnya itu bisa lanjut S2, kemudian S2 profesi yang nanti mendapatkan gelar psikolog. Apabila kita lulus S1 psikolog hanya mendapatkan gelar S.Psi, kemudian kalau lanjut S2 gelarnya M.Psi, tapi kemudian jika lanjut ke profesi gelarnya M.Psi, Psikolog. 

Kode konten: C313

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *