Psikologi, Universitas Negeri Malang

Psikologi Universitas Negeri Malang (Fedora)

Psikologi Universitas Negeri Malang (Fedora)

Halo, Intipers! Perkenalkan, namaku Fedora Aletheia Putri Leuwol, biasa dipanggil Fedora. Saat ini aku berstatus sebagai mahasiswi Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2019. Walaupun baru berkuliah empat semester, rasanya tidak ada salahnya aku membagikan beberapa pengalamanku yang aku kira bisa memberikan gambaran kepada Intipers tentang jurusan Psikologi di Universitas Negeri Malang. Langsung baca aja, yuk!

Fakultas Pendidikan Psikologi? Psikologi Universitas Negeri Malang kayaknya beda, ya?

Hal ini cukup sering aku jumpain setiap ketemu orang. Waktu aku bilang aku kuliah di jurusan Psikologi UM, reaksi orang juga sudah berbeda.

unisa

            ‘Ooo… di UM itu psikologinya beda, langsung konsentrasi ke psikologi pendidikan ya? Jadi gelarnya nanti bukan S.Psi?’

            ‘Nama fakultasnya bukan Fakultas Psikologi, tapi Fakultas Pendidikan Psikologi? Jadi nanti kamu dapet gelarnya S.Pd dong?’

            ‘UM kan kampus keguruan, nanti jadinya dosen atau guru BK dong.’

pmb2-min

Nah, yang aku mau bilang di sini, jurusan Psikologi di UM itu sama seperti jurusan Psikologi di kampus lain, contohnya seperti di UI, UGM, atau Undip. Kalian akan tetap mendapatkan gelar S.Psi kok di kampus ini. Prospek kerjanya akan sama seperti lulusan psikologi di kampus-kampus lain. Dan walaupun namanya Fakultas Pendidikan Psikologi, fakultasnya sama seperti Fakultas Psikologi di kampus-kampus lainnya. Hanya beda penamaan sedikit, jadi kalian nggak usah khawatir ya!

Mata kuliah apa saja sih yang dipelajari di Psikologi Universitas Negeri Malang?

Jika membahas mata kuliah, apalagi mata kuliah dari jurusan Psikologi, tentu saja akan sangat beragam. Sewaktu menjadi mahasiswa baru di kampus UM, aku ingat kami pernah ditanyai oleh dosen, “apa motivasimu masuk jurusan psikologi?”, dan beberapa menjawab ingin kabur dari hitungan.

Padahal… di jurusan Psikologi, kita akan bertemu dengan banyak sekali hitungan dan data, jadi kita tidak mungkin bebas dari yang namanya MATEMATIKA (mimpi buruk aku juga ini, hahaha). Dan satu lagi, Intipers… di Psikologi tidak ada mata kuliah yang mengajarkan kita untuk menjadi ahli hipnotis, apalagi tukang meramal. Ilmu Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan ataupun psikis manusia, jadi ilmu Psikologi itu bukan ilmu perdukunan ya! Berikut aku ingin memberikan beberapa contoh mata kuliah yang telah kudapatkan dari semester 1 hingga semester 4 :

  • Di semester 1 : filsafat psikologi, psikologi perkembangan, kode etik, sejarah psikologi
  • Semester 2 : filsafat manusia, statistika dasar, biopsikologi, psikologi kepribadian
  • Ketika semester 3 : metode observasi dan wawancara, statistika komputasi, psikologi industry dan organisasi, psikologi sosial, psikologi kognitif
  • Semester 4 : asesmen, psikometri, psikologi klinis, psikologi pendidikan

Sedikit catatan, mengingat kurikulum dan kebijakan kampus yang berbeda, bisa saja mata kuliah yang kudapatkan di semester 2 kalian dapatkan di semester 1, begitu juga sebaliknya. Nah, sudah ada gambaran belum di Psikologi belajarnya apa saja?

Kak, Psikologi Universitas Negeri Malang itu masuknya Soshum atau Saintek? Terus bedanya memang apa?

Nah, buat kalian yang mau masuk ke jurusan Psikologi, kalian pasti menemukan bahwa di Indonesia, jurusan Psikologi terbagi dalam dua rumpun : yaitu Saintek (Sains Teknologi) dan Soshum (Sosial Humaniora).

            Kok, bisa?

Ya, itulah yang membuat jurusan Psikologi itu unik banget. Walaupun kebanyakkan jurusan Psikologi masuk ke rumpun Soshum. Kita tetap nggak akan luput dari ilmu sains juga, lho! Kita akan mempelajari tentang otak, syaraf, dan ilmu-ilmu sains lainnya! Jadi, Psikologi sebenarnya ilmu yang mencampur ilmu sains dengan ilmu sosial.

Perbedaan Psikologi Saintek dan Psikologi Soshum adalah di konsentrasinya. Psikologi Saintek akan lebih memfokuskan pembelajaran melalui sudut pandang ilmu sains, sementara Psikologi Soshum lebih memfokuskan pada gejala sosialnya. Tinggal dicocok-cocokkin deh, minatnya dimana! Akan tetapi, kebanyakkan mata kuliah, prospek kerja, dan gelar yang dimiliki oleh jurusan Psikologi Saintek dan Soshum akan tetap sama. Hanya berbeda di konsentrasi studi saja.

Dan tentu saja, karena berbeda rumpun, jalur masuknya juga berbeda. Untuk masuk ke jurusan Psikologi Saintek, kalian harus mengikuti UTBK berbasis Saintek. Sementara itu Psikologi Soshum, kalian harus mengikuti UTBK berbasis Soshum. Aku mau share sekilas kampus-kampus mana saja yang menyediakan Psikologi Saintek dan Soshum.

  • Psikologi Saintek tersedia di : Unpad, UNS, Unhas, Unand, Unsri
  • Sementara itu Psikologi Soshum tersedia di : Univ. Negeri Malang (UM), Undip, UI, UGM, Unair, UNESA, UNJ, dll.

Ya, jadinya di kampusku, jurusan Psikologi-nya masuk ke rumpun soshum. Jadi, untuk teman-teman yang berminat mengambil Psikologi di rumpun soshum, UM bisa jadi salah satu pilihan kalian, ya! J

Psikologi Universitas Negeri Malangada peminatan selain pendidikan, nggak?

Peminatan, atau konsentrasi di Psikologi UM sendiri ada lima loh, Intipers! Jadi, kalian tidak usah khawatir… walaupun jurusan ini berada di kampus yang dulunya merupakan kampus keguruan, peminatan yang disediakan oleh Fakultas Psikologi UM relatif banyak dan bisa di bilang lengkap, loh! Peminatan yang disediakan adalah :

  • Pertama, Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental ; di peminatan ini kalian akan mempelajari tentang gangguan mental (cth : schizophrenia), penanganan, konsep dasar mengenai sehat mental, dll. Bagi kalian yang sangat menyukai pembahasan mengenai kesehatan mental ataupun gangguan mental, peminatan ini cocok untuk kalian.
  • Psikologi Industri dan Organisasi ; di peminatan ini kalian akan mempelajari tentang hal-hal psikologis yang berkaitan dengan perusahaan (cth : manajemen sumber daya). Kalian yang tertarik pada dunia psikologi sekaligus dunia perkantoran, atau tertarik menjadi HRD, kayaknya bisa pilih ini!
  • Lalu, Psikologi Perkembangan ; di peminatan ini kalian akan mempelajari mengenai perkembangan psikologis seorang manusia, dari masa bayi hingga lansia. Lingkungan yang berbeda-beda tiap individu dapat menghasilkan perkembangan psikologis yang berbeda, jadi peminatan ini menarik sekali loh!
  • Psikologi Pendidikan ; di peminatan ini kalian akan mempelajari ilmu psikologi dalam dunia pendidikan, jadi prospeknya tidak hanya menjadi guru BK yang memberikan konseling, tapi kalian bisa mengkaji mengkaji sistem pendidikan yang mungkin masih kurang baik di suatu sekolah, dan mencari solusinya. Keren banget, deh, pokoknya!
  • Psikologi Sosial ; di peminatan ini kalian akan mengkaji gejala-gejala sosial, menganalisa, memberikan solusi terhadap suatu fenomena yang terjadi di suatu

Tips-tips untuk Mahasiswa Baru di Psikologi UM

Untuk kalian-kalian para maba yang mungkin melarikan diri dari hitungan, biologi, bacaan banyak bahasa Inggris… kalian harus mengerti bahwa semua yang aku sebutkan tadi itu sudah pasti bakal kalian temui di jurusan ini. Hitungan? Banyak. Biologi? Walaupun Psikologi UM berada di rumpun soshum, kita tetap ketemu hal-hal yang berbau biologi. Banyak bacaan yang berbahasa Inggris? Yap! Karena dosen relative selalu memberikan rujukan buku-buku yang berbahasa Inggris. Tapi kalian nggak usah khawatir jika kalian ada kekurangan di salah satu hal yang kusebutkan, karena hal itu bisa kalian asah dan usahakan selama empat tahun kuliah berlangsung.

Selain itu, sering-seringlah membaca buku Psikologi. Dan kalau bisa juga membaca jurnal-jurnal yang berkaitan dengan mata kuliah. Karena hal tersebut sangat penting untuk menambah pengetahuan kita. Dan jangan lupa mencatat! Mengingat ilmu Psikologi yang sangat kompleks dan harus dipahami betul-betul, catatan akan sangat membantu kita dalam belajar. Dan terakhir, untuk masalah peminatan, jangan memilih peminatan karena ikut-ikut teman; tapi pilihlah karena itu yang kamu rasa cocok untuk kamu. Karena masa depan itu kamu akan menjalaninya sendiri, tidak bersama teman yang kamu ikut-ikuti.

Perlu gak sih, ikut organisasi atau magang?

Kalo menurut aku perlu! Saranku, gabung saja, selain menambah relasi, rasanya asyik lho punya kegiatan lain selain belajar. Coba cari siapa tahu ada organisasi yang bisa mendorong kalian untuk melatih kemampuan yang kalian perlukan. Lebih bagus lagi, jika menemukan organisasi yang bisa menambah pengetahuan dan kemampuanmu dalam mendalami ilmu Psikologi. Dan mengenai magang, Menurut aku harus banget ikut! Kalian kan, nanti dapat pengalaman. Setidaknya kalian pmnya gambaran tentang dunia pekerjaan. Dan lumayan lho, bisa dimasukkan ke CV juga kelak. Tapi ingat, jangan terlalu fokus organisasi atau magang sampai kewajiban utama kalian untuk berkuliah jadi terbengkalai, ya!

Prospek Kerja?

Prospek kerja dari jurusan Psikologi tidak terbatas menjadi psikolog saja, tapi (khususnya untuk lulusan S1) kalian bisa menjadi asisten psikolog sebelum mengambil Profesi Psikolog, R (Research & Development) konselor, dosen psikologi, guru, HRD, staf konsultan, trainer, dan masih banyak lagi. Pokoknya luas banget, deh!

Harapan dan rencana setelah lulus?

Harapanku, aku bisa lulus tepat waktu dengan nilai yang baik, dan nantinya mendapatkan pekerjaan yang bagus. Rencananya aku ingin mengambil profesi psikolog nanti. Mungkin aku akan bekerja dulu selama satu tahun baru mengambil profesi psikolog. Karena buatku, pengalaman yang banyak merupakan kunci untuk menuju kesuksesan! ^^

Kode Konten: X473

Komen dibawah! 5

  1. aliyarayha

    maaf bgt kak mau tanya, ak pgn kuliah jurusan sikologi di UM , tp aku bukan dari jurusan ipa atau ips kak, melainkan jurusan agama hehe, kira2 bisa g y kak, trs sama mau tanya biaya persemester untk sikologindi UM kisaran brp ya?

    • Fedora Aletheia

      halo, selamat siang. setahuku bisa dari jurusan apa aja yaa asal nanti waktu UTBK kamu milih rumpun soshum, karena Psikologi UM ada di rumpun soshum. Soalnya ada kok temenku anak SMK, anak bahasa, tapi bisa masuk krn dulu waktu UTBK ambil soshum. Untuk uang kuliah, berada di kisaran 3.5-6.5 juta yaa. 6.5 udah paling mahal. begituu^^?

  2. Aurell

    Kak aku dari jurusan ipa kalo mau daftar jalur mandiri rapot bisa ngga? Atau jurusan ips yg diprioritaskan?

    • Fedora Aletheia

      Halo, selamat malam. Berdasarkan dari surat resmi dari UM sendiri mengenai jalur mandiri (bisa diakses di sini ; http://home.seleksi.um.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/Pengumuman-pendaftaran-Mandiri-Portofolio-2021-jadi.pdf ) tidak ada keharusan harus berasal dari jurusan yang sebidang ya. jadi seharusnya dari jurusan IPA bisa. mengenai penilaiannya, lebih diprioritaskan IPS tidaknya tidak disebutkan dalam surat tersebut, jadi mengenai sistem penilaian ini saya kurang paham. akan tetapi tetap bisa mendaftar ya☺️?

  3. Ardha Daniar Royani

    Kak mau nanya, di um peminatan psikologi nya kan ada 5,nah itu kita harus pilih salah satu ya?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *