Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta

Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (Rio)

Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (Rio)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Rio Wijana Matanggawan dari Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta seperti apa?

Psikologi mempelajari pola perilaku manusia, karena kalo dari bahasa asalnya aja psikis artiya jiwa dan logos itu ilmu, jadi ilmu yang mempelajari jiwa, yang lebih bisa di ukur perilaku manusia jadi mempelajari itu. Psikologi sering banget di kaitkan sama bisa ngeramal atau baca pikiran, padahal ga, karena di psikologi perlu asesment dulu tes atau wawancara biar tau terkait orang lain itu. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta?

Pertama biar bisa bantu diriku setelah itu baru bisa bantu orang lain. Pada saat aku awal masuk, di lingkungan ku belum banyak yang aware sama masalah psikologis mulai dari kesehatan mental dll. Kalo sekarang lebih banyak yang aware sama kesehatan mental, terus realistis aja. Nah kalo menurut aku dan teman-teman yang lain psikologi termasuk jurusan yang mempermudah cari kerja karena salah satu tujuan kuliah juga untuk cari kerja.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kaya asesmen kepribadian, pengantar psikologi, deteksi dini, mata kuliah yang bisa langsung liat alat tes, instrumennya, kita bisa tau administrasi sampai skoring diajarin. Tugas yang khas, awal masuk sampai sekarang tugas review jurnal, bikin makalah, praktikum-praktikum yang ada di mata kuliah aja. Kalo di psikologi UNY praktikum masih satu sama mata kuliah jadi ga di SKS yang berbeda, praktikum bisa sebagai bentuk UTS atau UAS, misalnya kaya kita pegang alat tes, kaya mengukur inteleginsi, kepribadian, kita udah di ajarin dan bisa di aplikasiin di luar, kita tes mereka sampai skoring, tapi kalo interpretasi di pelajarinnya di S2, tapi di S1 di pelajarin dikit-dikit.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 5 peminatan, pertama ada psikologi industri dan organisasi. Itu mempelajari kaya kinerja kariyawan, ke HRD an, sama di industrinya sendiri lebih ke arah psikologi konsumen. Psikologi perkembangan, jadi bisa dari mulai bayi habis lahir kita pelajari sampai dewasa lansia. Ada psikologi pendidikan, masih dekat sama psikologi perkembangan, karena di psikologi pendidikan objeknya di sekolah dan siswa. Itu lebih dalam dari psikologi perkembangan kaya hal belajar, kognitif nya.

schooters

Selain itu ada psikologi sosial, mempelajari ilmu-ilmu sosial, bisa kaya komunitas, lingkungan di luar, interaksi sosial dan ga jauh dari itu. Yang ke lima ada psikologi klinis, gampangnya psikolog yang di temuin di puskesmas, rumah sakit atau tempat medis lainnya, itu biasanya dari lulusan S2 psikolog klinis. Di S1 sendiri ada peminatannya, mulai dari semester  udah ada matkul pilihan, semester sebelumnya kita di paketin, semester 6 kita bisa milih sesuai peminatan kita.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3, ada SNMPTN, SBMPTN dan seleksi madiri. Seleksi mandirinya banyak ada 8 atau berapa, bisa di cek di website UNY.

Ada tips buat mahasiswa baru Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta?

Sepengalaman ku sampai semester 6, kita dari semster awal harus di kuatin dari semester 1 dan 2, harus di kuatin teorinya, biar semester 6 ke atasnya kita tinggal penerapannya dan lebih mudah, jadi jangan sampai lupa sama materi awal. Terus banyak-banyakin belajar, baca pake bahasa inggris, karena ada tugas review jurnal, sebisa mungkin dan kebanyakan jurnal internasional butuh pemahaman. Jangan jadi deadliner karena itu bahaya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kerjanya ada di beberapa jadi PNS, konselor, HRD, wirausaha, terus prospek ke depannya bisa jadi asisten psikolog, guru BK, bisa jadi shadow teacher di sekolahan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Ilmu yang di pelajari dari perkuliahan sampai lulus jangan sampai di lupain karena itu bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, untuk rencananya aku mau kerja dulu, tapi kalo ada perubahan rencana bisa S2, mau S2 dulu.

Kode konten: C490

Komen dibawah! 1

  1. Fendi

    Mohon maaf kak,izin bertanya.Apakah di UNY prodi psikologi bisa untuk anak lulusan SMK?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *