Psikologi

Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta (Lizza)

Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta (Lizza)

Halo sobat intipers! Aku Lizza Dwi Herawati dari Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta seperti apa?

Ilmu yang mempelajari tentang jiwa dan tingkah laku manusia. Kalo di universitas saya sendiri jurusan psikologi masuk rumpun sosial. Kita mempelajari tingkah laku manusia mulai dari anak usia dini, remaja, dewasa hingga lansia. Tingkah laku manusia itu kedalam beberapa aspek, seperti aspek perkembangan, keprinadian, kognitifnya. Mempelajarinya luas banget, ada psikologi sosial, psikologi perkembangan, psikologi abnormal, kepribadian pendidikan. Di psikologi juga ada hitungannya, jadi orang-orang itu salah kaprah, psikologi ga ada hitungan padahal hitungannya itu rumit. Dari awal salah pasti bab selanjutnya sampai akhir bakal ngulang lagi. Jadi jurusan ini diharuskan berpikir lebih kritis, cermat dan teliti. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Katanya jurusan psikologi kalo ketemu orang lain, eh jurusan psikologi ya, bisa baca pikiran orang, padahal itu salah banget, kita bukan peramal, kita juga mempelajari ilmu dan ada serangkaian alat tes untuk membuktikan orang itu, jadi kita ga bisa langsung menyimpulkan gitu, kebanyakan orang ngiranya paranormal padahal ga.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta?

Dulu backgroundnya lulusan IPA, dulu saya itu kaya tertarik aja, ko jurusan ini paling populer, banyak temen cewenya, ternyata bener, temen saya itu kebanyakan cewelakinya bisa di itung jari, dengan belajar psikologi ini kita bisa belajar untuk memperbaiki diri, kita bisa belajar memahami emosi, perilaku, tindakan orang lain. Tentunya kita belajar menyelesaikan masalah orang lain, kita bisa menjadi diri lebih baik, mendengarkan masalah orang lain yang dateng ke kita, curhat gitu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Tentang psikologi faal, dimana mata kuliah ini mempelajari psikologi yang berkaitan dengan saraf, proses kerja otak. Terus tugas khas di kuliah saya ini kebanyakan kaya studi kasus, seumpama UTS atau UAS soalnya itu paling studi kasus dan itu waktunya mepet banget, kita di suruh berpikir kritis, terus cepat menyelesaikan maslaah, dan juga teori yang dipelajari sangat banyak sekali. Semester ini ada mata kuliah kelompok organisasi dalam komunitas dimana tugasnya mencari komunitas atau organisasi melakukan observasi, wawancara gitu, itu paling menarik menurut aku, karena kita harus terjun ke organisasi sendiri.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi di S1 itu belum, karena S1 psikologi masih mempelajari seecara umum, kalo kita setelah S2 ingin meneruskan, kaya ada magister psikologi klinis, magister pendidikan, psikologi industri dan organisasi. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Kampus aku sendirikan ini kampus swasta, jalur masuknya kalo aku tahun kemarin ada reguler, PMDK. Tapi kemarin dibuka jalur nilai UTBK, aku kemarin masuk lewat jalur nilai UTBK, terus yang reguler kita tes dateng ke kampus dan wawancara, PMDK kita bisa melalui nilai raport. Pendaftaran aku kemarin baru liat di web kampus, sekitar Desember 2020 udah buka pendaftarannya. Sekarang kayanya yang PMDK, tapi aku kemarin habis liat di web juga ada jalur beasiswa, kalo dulu aku 2019 masuk belum ada. Informasi lebih lanjut bisa akses pmb.uty.ac.id

Ada tips buat mahasiswa baru Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta?

Jangan bosan-bosan kuliah di psikologi karena menurut aku ini sangat menarik sekali. Terus rajin-rajin baca jurnal, buku, referensi karena dosen kaya memberikan pengantar, yang lebihnya kita sendiri yang harus mempelajari, kalo kita ga bergerak sendiri kita ga bakal paham juga, luas banget ilmunya menurut aku.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Luas, kita bisa menjadi HRD di perusahaan itu yang mengurus SDM di suatu perusahaan itu, selain itu kita bisa meneruskan S2, kita bisa jadi psikolog, konsultan, guru BK, luas menurut aku karena dimana ada manusia psikologi akan selalu digunakan. Alumni banyak yang jadi HRD di perusahaan, melanjutkan S2 jadi dosen.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya ingin mencoba bekerja terlebih dahulu sambil melanjutkan S2 profesi.

Q&A

  • Apakah setelah lulus S1 psikologi harus melanjutkan S2 psikologi untuk menjadi psikolog?

Jawaban: iya tentu harus lanjut, karena S1 kita masih belajar secara umum dan belum ada konsentrasi, jadi kalo mau jadi psikolog kita harus ngambil S2 psikologi klinis.

Kode konten: C458

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *