Psikologi UPI (Egis)

Halo intipers! Perkenalkan aku Egis Seha dari jurusan Psikologi UPI, Fakultas Ilmu Pendidikan. Yuk, simak beberapa informasi yang akan aku sampaikan tentang jurusanku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Psikologi UPI?

Jurusan ini mempelajari tentang ingkah laku, perilaku manusia. Di S1 itu awalnya belajar tentang tentang aliran-aliran sejarah, aliran psikologi, sampai penyakit mental, seperti depresi.

Adakah Mitos atau stereotip di jurusan ini?

Ada. Misalnya, pernyataan bahwa mahasiswa piskologi itu seperti peramal, karena diyakini bisa membaca pikiran, seperti dukun, padahal sebenarnya untuk mengetahui kepribadian seseorang itu tidak bisa langsung dikenali, harus ada prosesnya, dari teskepribadian, dan tes-tes lainnya.

Slide5

Tugas di Psikologi UPI kaya gimana?

Paling sering itu adalah tugas menyusun proposal psikodiagnostik dan kunjungan. Jadi, langsung dari teori-teori yang sudah dipelajari dan kita aplikasikan dan langsung turun ke lapangan dan tempat-tempat observasi, seperti SLB, panti jompo, panti anak.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Dosen favorit aku adalah Ibu Hani, sebagai dosen psikologi gender, karena beliau lulusan dari luar negeri yang mempunyai wawasan luas dan memiliki sudut pandang yang berbeda, juga perkataan yang beliau ucapkan selalu dikaitkan dengan riset-riset yang sudah terbukti.

Untuk mata kuliah favorit, saya memilih mata kuliah psikologi geriatri, yaitu psikologi yang berhubungan dengan lansia.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan ini?

Di psikologi sendiri, ada lima konsentrasi yang bisa dipilih saat semester 3, yaitu:

  1. PIO (Psikologi, Industry dan Organisasi)

Seperti namanya, konsentrasi ini mempelajari tentang kewirausaahan, dan psikologi di industri.

  1. Psikologi klinis

Konsentrasi ini mempelajari psikologi upnormal, juga psikologi kesehatan.

  1. Perkembangan

Jika intipers menyukai tentang perkembangan anak, remaja, dewasa akhir hingga kematian, nah, konsentrasi ini mempelajari semua hal itu.

  1. Sosial

Mata kuliah yang dipelajari seperti psikologi gender, psikologi sosial 1 dan psikologi sosial 2.

  1. Pendidikan.

Yang terakhir, konsentrasi pendidikan. Konsentrasi ini mempelajari tentang pendidikan yang berhubungan dengan psikologi, mata kuliah BK, dan andragogy.

Aku sendiri memilih konsentrasi perkembangan, karena konsentrasi ini menarik dan tidak hanya membahas satu saja, namun juga mempelajari semua perkembangan manusia.

Prospek kerja Psikologi UPI / alumni kerja dimana aja?

Untuk alumni sendiri, ada yang bekerja di rumah sakit, bank, perusahaan, dosen, dan pengajar.

Tips untuk kuliah di jurusan ini?

Memiliki niat yang kuat adalah tips untuk kuliah di jurusan psikologi ini, jangan hanya karena paksaan orang tua. Lalu, tujuan kuliah yang harus diperbaiki, membangun relasi baik alumni, maupun teman sebaya, serta adaptasi dan menyesuaikan diri dengan baik.

Harapan aku setelah lulus

Semoga bisa mengambil jurusan profesi yang ada di UNPAD, UGM, UI, atau UNDIP. Atau langsung bekerja menjadi guru pembantu psikologi. Selain itu, aku ingin lulus empat tahun dengan cumlaude.

Kode Konten: Y136

Komen dibawah! 30

  1. Fikri Hidayat

    Kak kalo mau masuk psikologi upi jalur sbmptn berapa sih rata rata skor utbk nya?
    terimakasih

    • Eva

      Saya punya putri yg thn ini persiapan kuliah tapi blom terbaca juga passionnya kemana, tolong informasi rata” nilai u jalur undangan di fak psychology dan jenjang kerja kedepannya bgmn, trims

  2. Resha Raudia Rahmah

    Ka, klo sleksi buat masuk psikilogi upi mata pelajaran nya apa saja?

  3. Anti Hurriyatun

    Hallo kak, persiapan apa aja sih kak sebelum masuk jurusan psikologi upi sampai akhirnya bisa masuk?

  4. Desi

    Kak , kalau mau psikologi UPI jalur sbmptn berapa sih skor rata² nya dan apa aja persiapan yang harus dilakukan ?

    • Siti aisah

      Kak maaf mau tanya, anak sy skrang mau masuk sma, klw untuk masuk ke jurusan psikologi upi, itu d SMA nya ambil jurusan ipa atw ips

  5. Deni Hamdani

    Saya mempunyai seorang putri yg sedang sekolah di MAN jurusan agama. Bolehkah dari jurusan agama mendaftar ke jurusan psikologi UPI? dan pelajaran apa saja yang akan di tes? terima kasih

  6. Yona Azzahra

    Kak mau tanya, kalau rata rata nilai raport buat masuk di jurusan psikologi berapa ya kak? terima kasih sebelumnya..

  7. Nadila

    kak, apakah ada peluang siswi smk
    jurusan tata kecantikan untuk bisa masuk jurusan psikologi? terus nilai rata rata rapot untuk jurusan psikologi juga berapa ya kak?

  8. Elin Laesya Suhartin

    Ka mau bertanya,,kalo mau ngambil jurusan psikologi UPI jalur sbmptn berapa skor rata-ratanya, apa saja yang harus dipersiapkan, dan apa saja yang di tes kan?

    Mohon dijawab yah ka:)

  9. Tanti Febriyanti

    Putra saya skg kls 12 jurusan ips , bisakah masuk jur psikologi UPI ? Adakah jalur prestasi tahfidz untuk bisa msk jurusan ini de ?

  10. Netha

    Kak saya dri SMK jurusan tata boga, saya ingin linjur masuk jurusan psikologi UPI apakah kemungkinan anak SMK seperti saya bisa mengambil parodi psikologi?

  11. Nura Anggraeny

    Kak bedanya psikologi yang Ada di fakultas pendidikan sama psikologi yang murni fakultas psikologi soshum itu apa ya? Apa matkulnya sama aja? Terima kasih

    • Sarah

      Halo saya salah satu mahasiswa di Psikologi UPI. Untuk di UPI memang psikologinya masih bergabung dengan Fakultas Ilmu Pendidikan, namun Psikologi di UPI ini merupakan psikologi murni. Jadi ketika lulus tetap akan mendapatkan gelar S. Psi.
      Semoga membantu.

  12. Selly nuramelia

    Ka saya mau nanya klo skor utbk rata rata berapa? Untuk jurusan psikologi , saya juga lulusan smk jurusan animasi apakah bisa?

  13. yuri

    kak, mau tanya
    kalau dari jurusan ipa, apa bisa daftar ke psikolog upi ya?
    atau kalau lwt skor, rata2 brp ya ka
    thank u

  14. tiena

    iya minta penjelasan lagi kalo psikologi upi ini masih kependidikan apa gmn? bt anak saya dr sma jurusan ips, beda gk dg perguruan tinggi lain ?

  15. Elya Tri Revi Mariska

    kak, psikologi upi saintek atau soshum? dan, berapa kira2 nilai utbk agar bisa masuk psikologi upi?

  16. teti yulianti

    halo ka, aku pgn bgt masuk jurusan psikologi di upi, boleh minta saran apaaja yg harus disiapkan? saya baru kls 11 tpi ingin persiapan dari sekarang.

  17. Reyfila Catrina R

    Kak skrang sya kuliah di Sulawesi tengah jurusan PIPS prodi pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dan sya semester 4. Rencana mau ambil S2 di UPI jurusan psikologi. Boleh tidak kak?
    Dan apa saja syarat yang harus di penuhi untuk masuk ke jurusan psikologi di UPI?

  18. alyak

    kak aku mau tanya untuk rata2 nilai utbk/sbmptn untuk masuk jurusan psikologi di tahun kakak itu berapa ya? lalu tes nya pelajaran2 soshum utbk seperti biasa atau bagaimana? terus kalau dari jalur snmptn kebetulan aku itu anak ips apa bisa masuk jurusan psikologi juga di UPI? kalau bisa, biasanya nilai yang di unggulkan itu mata pelajaran apa saja ya kak? terimakasih

  19. Delyana Putri

    Malam kak,
    Kalo jurusan psikologi UPI itu masuk ipa atau ips?

  20. Sela rizki amelia

    Siang kak
    saya mau tanya, rata rata skor utbk/sbmptn berapa ya untuk tahun ini?

  21. Riska rahayu

    kak, kalo psikologi upi itu dominan anak ips atau ipa?
    Semoga di balas, Terimakasih

  22. rani

    siang, kak. maaf mau nanya, aku punya rata-rata nilai rapot 86 jurusan ips, mau ngambil psikologi upi buat pilihan pertama snmptn. kira-kira baik apa ngga ya kak? makasih kak, semoga bisa jawab yaa, jawaban kakak sangat membantu. terimakasih.

  23. Adinda

    Pagi kak..
    Di upi itu kan universitas pendidikan, yg mana setau aku ranah nya emang dituntut menjadi seorang pendidik. Nah kalo untuk jurusan psikologi sendiri apakah berbasis pendidikan psikologi apa psikologi murni saja kak?

  24. Putri Widiyawati

    Kak, aku mau tanya, kalau mau psikologi UPI jalur utbk/sbmptn berapa ya skor rata² nya? Terus, di UPI itu lebih dominan IPA atau IPS?

  25. Peni Suparoh

    ka apa bisa aku yang di SMA nya masuk jurusan IPA, tapi ingin mendaftar ke psikologi UPI yang dimana berlandaskan SOSHUM? kalau bisa apa peluangnya lebih kecil dari yang masuk jurusan IPS? sebelumnya terima kasih ka

  26. Dny

    Halo,kak.. Untuk skor UTBKnya yg aman berapa yah kak? Biar keterima

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *