Psikologi

Psikologi USU / Universitas Sumatera Utara (Nefo)

Psikologi USU / Universitas Sumatera Utara (Nefo)

Halo kawan-kawan. Perkenalkan saya Neforius Halawa biasanya dipanggil Nefo, mahasiswa jurusan Psikologi di Universitas Sumatera Utara stambuk 2016. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membagikan pengalaman setelah kuliah selama 3,5 tahun di Psikologi USU, semoga bermanfaat yaa. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apasih yang Kita Pelajari di jurusan Psikologi USU?

Nah untuk kawan-kawan yang belum tau, di jurusan psikologi sendiri kita akan mempelajari mengenai perilaku manusia, mengapa dia berperilaku seperti itu, dan apa yang bisa kita lakukan ketika ada gangguan yang dialami oleh seseorang. Akan tetapi terlebih dahulu kita pastinya akan mempelajari dasar-dasar teorinya terlebih dahulu untuk memudahkan kita. Untuk teman-teman yang pernah mengikuti tes psikotes maka di jurusan inilah kita akan belajar mengenai dasar teori pembuatan alat-alat tes yang biasa digunakan pada saat psikotes, belajar memberikan instruksi untuk mengerjakan tes hingga nantinya kita akan belajar bagaimana memberikan skor dari tes yang udah dikerjakan. Selain itu kita juga akan belajar bagaimana mendajadi konselor yang baik dalam berbagai bidang misalnya pendidikan, klinis dan lain sebagainya. Ini hanyalah bagian kecil kegiatan yang akan kita alami ketika kita kuliah di jurusan psikologi khususnya USU.

unisa

Nah pasti teman-teman juga udah sering mendengar kalau anak Psikologi itu bisa membaca pikiran orang yang sebenarnya merupakan stigma yang salah mengenai orang-orang yang  kuliah di jurusan ini. Mahasiswa Psikologi sama sekali tidak bisa membaca pikiran orang yang ditemuinya dan juga Psikologi bukanlah ilmu yang mempelajari mengenai jiwa. Jiwa merupakan sesuatu hal yang abstrak atau tidak terlihat, namun bagaimana keadaan jiwa kita akan terlihat melalui perilaku kita (misalnya ketika kita lagi sedih maka perilaku kita biasanya tidak bersemangat, menangis dll). Nah di Psikologi yang dipelajari adalah perilaku yang diperlihatkan oleh seseorang untuk melihat bagaimana keadaan dari diri individu tersebut.

Apa itu Psikolog dan Apa Bedanya dengan Psikiater?

Psikolog sendiri merupakan sebuah gelar sekaligus profesi yang kita dapatkan setelah melanjutkan kuliah di Magister Profesi. Setelah kita lulus dari Psikologi maka kita akan disebut sebagai Sarjana Psikologi (S.Psi). Jika kita akan melanjutkan perkuliahan ke jenjang magister atau s2 maka kita akan melanjutkan studi ke bagian magister profesi dimana akhirnya kita akan mendapatkan gelar Psikolog dan bisa membuka praktek sendiri setelah memiliki izin sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Di Psikolgi USU sendiri terdapat dua sekolah Magister atau s2 yaitu Magister Profesi dan Magister Sains. Perbedaannya adalah yang bisa melanjutkan studi ke Magister Profesi hanyalah mahasiswa yang pada saat kuliah sarjananya adalah jurusan Psikologi (S.Psi) yang setelah tamat dari Magister Profesi ini akan mendapatkan gelar M.Psi, Psikolog. Magister Sains bisa diikuti oleh semua sarjana dari berbagai jurusan yang ketika selesai akan mendapatkan gelar M.Si (Magister Sains). Beda Psikolog dengan Psikiater adalah Psikiater merupakan salah satu spesialisasi dari jurusan kedokteran. Awalnya mereka berkuliah sarjana di jurusan kedokteran dan melajutkan spesialisasinya menjadi seorang psikiater.

pmb2-min

Mata Kuliah dan Dosen Psikologi USU

Akan ada begitu banyak mata kuliah yang akan kita pelajari selama kuliah di Psikologi USU. Semester 1 misalnya kita akan belajar mata kuliah umum misalnya Filsafat, Psikologi Umum 1, Agama, Bahasa Indonesia dan mata kuliah umum lainnya. Setelah selesai semester 1 dan memasuki semester 2, disinilah semua mata kuliah kita sudah merupakan mata kuliah mengenai Psikologi misalnya Kepribadian 1, Psikologi Industri Organisai, Psikologi Pendidikan dan lain sebagainya.Sementara itu ada sesuatu hal yang akan selalu kita lakukan ketika kuliah yaitu presentasi di depan kelas. Setiap mata kuliah mengharuskan kita untuk mempresetasikan bahan kuliah (secara kelompok) di depan kelas. Hal ini untuk melatih kita dalam berbicara dan banyak hal lainnya. Selain itu ketika kuliah di Psikologi USU, kita juga akan sangat sering melakukan tugas ke lapangan baik itu untuk melakukan observasi ataupun melakukan intervensi maupun pengabdian terhadap masyarakat.

Mata kuliah favorit

Saya pribadi memililiki beberapa mata kuliah favorit dan salah satunya adalah mata kuliah Psikologi Kepribadian. Saya menyukai mata kuliah ini karena kita akan mempelajari diri kita sendiri atau apa yang pernah kita alami berdasarkan teori dari tokoh-tokoh Psikologi terkenal. Misalnya ketika kita pada waktu kecil mendapatkan ranking 1 di kelas dan orang tua kita memberikan hadiah maka otomatis kita akan semakin giat dalam belajar, juga sebaliknya ketika kita salah dan orang tua kita menghukum kita maka kita akan berhenti melakukan hal tersebut. Setelah mempelajari teori tersebut maka kita akan sadar dan  bilang “oh ini ternyata yang saya alami selama ini” dan lain sebagainya. Mata kuliah selanjutnya adalah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (PABK). Di mata kuliah ini kita akan belajar bagaimana memperlakukan kawan-kawan yang kebutuhan khusus (tuna netra, tuna daksa dan lainnya). Kita akan berinteraksi langsung dengan mereka melalui tugas-tugas yang diberikan selama perkuliahan.

Untuk dosen sendiri ada keunikan di Psikologi USU yaitu kebanyakan dosen Psikologi USU lebih senang dipanggil kak dibandingkan dengan ibu, mungkin biar tetap kelihatan muda kali yaaa. Walaupun ini harus kita sesuaikan dengan preferensi setiap dosen dan juga tidak bisa kita sama ratakan.

Konsentrasi di Psikologi USU

Ada 6 konsetrasi atau disebut juga dengan departemen di Psikologi USU dengan gambaran:

  1. Industri dan Organisasi : Fokus pada Pengembangan SDM, rekrutmen dan hal terkait lainnya.
  2. Pendidikan                        : Fokus pada Pendidikan dan masalah-masalahnya.
  3. Sosial                                  : Fokus pada masyarakat, komunitas dan permasalahan sosial
  4. Klinis Anak dan Dewasa : Fokus pada permasalahan klinis anak dan dewasa
  5. Perkembangan                  : Fokus pada perkembangan yang dialami oleh manusia
  6. Umum dan Eksperimen  : Fokus pada statistikal, alat ukur, penelitian, dan hal terkait lainnya.

Setiap semester kita akan mengikuti minimal satu mata kuliah per departemen ini untuk memperdalam pemahaman mengenai semua departemen.

Tips Kepada Mahasiswa Baru ataupun yang Mau Menjadi Mahasiswa Baru Psikologi USU

Akan ada beberapa tantangan yang akan dialami selama perkuliahan. Pertama kita selama kuliah di Psikologi akan belajar hitung-hitungan di mata kuliah statistik dan beberapa mata kuliah lainnya. Jadi kalau mau masuk Psikologi agar terhindar dari hitung menghitung lebih baik alasan itu segera diubah deh. Tipsnya banyak kenal senior aja jadi bisa belajar dari mereka yang udah duluan ngejalanin mata kuliah tersebut.

Tantangan selanjutnya adalah kebanyakan buku teks yang digunakan selama kuliah adalah berbahasa inggris. Jadi kalian harus mulai belajar dari sekarang dan beradaptasi dengan cepat ya. Kemudian seperti jurusan-jurusan lainnya, akan ada banyak tugas yang mampu membuat kita tidak tidur jika sering menunda-nunda. Tipsnya jangan sering nunda ngerjain tugas kalau gak mau gak tidur karena udah terkejar deadline. Selain itu kita juga harus belajar peka terhadap semua hal baik lingkungan, teman atau bahkan orang yang tidak kita kenal sekalipun. Pada dasarnya kita akan selalu berhadapan sama manusia sebagai orang-orang yang berkecimpung dalam dunia psikologi.

Prospek Kerja dan Dimana Alumni Biasanya Bekerja?

Ada banyak peluang ketika kita sudah menjadi seorang Sarjana Psikologi. Biasanya alumni Psikologi USU ada yang bekerja di perbankan, menjadi HRD, Tester, pemilik Biro Psikologi, menjadi dosen di universitas dan banyak lainnya. Kita juga bisa membuka praktek psikologi sendiri di rumah setelah mengambil Magister Profesi atau s2.

Kode Konten: X168

Komen dibawah! 33

  1. Nadya

    Halo kak, mau tanya dong kakak dulu masuk usu dari jalur apa. Kalau snmptn kakak cantumin sertifikat apa aja, dan kalau sbmpt, tips cara belajar dari kakak supaya masuk psikologi usu gimana?
    Terimakasih kak

    • nefosha

      Halo Nadya, aku dulu lulus Psikologi USU lewat jalur SBMPTN. Kalau tips sih aku dulunya banyak bahas-bahas soal aja. Trus ikut belajar sama teman, pintar-pintar membagi waktu sama yang paling penting jangan lupa berdoa heheheh

      • Romauli limbong

        Halo kakk, saya di sma jurusan IPA, tapi mau ambil psikologi soshum usu, untuk persiapan sbmtpn, bagaimana ya kak ? Apakah saya harus membahas soshum atau saintek ? Mohonn penjelasannya kak. terimakasih..

        • nefosha

          Halo Romauli, iya Psikologi USU itu masuk Soshum jadi otomatis harus banyak bahas” soal Soshum yaa, nah beda lagi kalau Psikologinya di Jawa soalnya disana ada beberapa yang Psikologinya itu masuk ke Saintek, tapi kalau Psikologi USU masuk ke Soshum yaa.

    • nefosha

      Hallo maaf baru balas. Dulu aku masuk USU jalur SBMPTN, tipsnya banyak belajar dan ngerjain soal” khusus soshum soalnya Psikologi USU itu masuk soshum, trus ikut try out juga sih kalau bisa sama jangan lupa berdoa juga. Semangat ya semoga bisa masuk Psikologi USU nantinya.

  2. Review Jurusan & Pengalaman Kuliah > Psikologi UGM (Akhmad)

    […] Psikologi USU / Universitas Sumatera Utara (Nefo) […]

  3. Enika sitompul

    Hallo kk kalau kita ambil jurusan psikologi itu bisa dari smk gak kk

  4. Palen Panjaitan

    Halo kk, saya sudah selesai menempuh sarjana pend. bahasa inggris pada tahun 2017, ketika dilingkungan kerja banyak anak murid itu yg kurang minat dalam belajar, apalagi saya ditempatkan pemerintah didaerah yg bisa dibilang pesisir, dan saya pengen sekali mengubah mindset mereka, dan langkah pertama yg saya pikirkan itu adalah mengetahui kepribadian mereka, dan hubungan sosial mereka, maka dari itu saya berencana mau lanjut belajar dengan mengambil dijurusan psikolog. Bagaimana pendapat kk, beri saran dong?

    • nefosha

      Halo kak, wah boleh banget sih. Cuman kalau kakak sendiri background S1 nya bukan Psikologi maka S2 nya gak bisa masuk ke Magister Profesi Psikologi tapi nantinya masuk ke Magister Sains. Kalau di USU sendiri ada Magister Profesi dan juga Magister Sains, semoga membantu yaa.

  5. Elisabeth

    Kak kalo mau jurusan Psikologi bisa nerima yang bidikmisi ga kak??:’)

    • nefosha

      Halo Sabeth bisa banget. Ada kok Mahasiswa Psikologi jalur Bidikmisi jadi jangan patah semangat yaa, semangat persiapan, kalau mau nanyak lebih lanjut boleh lewat IG ya

  6. Dea nisa

    Halo kak, saya skarang msih kelas 2 sma, tpi keinginan saya jadi seorang psikolog sangat besar, bahkan smnjak prtama masuk sma saya udh ngrencanain persiapan snptn/sbmptn,walaupun sbnrnya saya juga gaprnah les privat, karna mahal:),akhirnya belajar sendiri deh. pngen kli jdi seorang psikolog, gatau knapa, pernah ikut tes minat bakat, dan hasilnya skitar 86%cocok,cuman saya bingung, ntar kalau kuliah, gapunya biaya, gimana mau ngelanjutin cita-cita ya? Smpat punya mainseat ‘gaharus jdi apa yg aku mau’tapi aku juga bingung ,tolong sarannya dong ka,terimakasih banyak:)

    • nefosha

      Halo Dea jangan khawatir coba daftar SNMPTN/SBMPTN nya lewat jalur Bidikmisi yaa biar nanti kalau beasiswa bidikmisinya lulus maka uang kuliahnya gratis sampai semester 8.

  7. Nur uswatun

    Halo kak kalau masuk jurusan psikolog memng harus dri sbmptn ya? Atau dri SNMPTN juga bisa?

  8. Aisyah putri

    Halo kak, saya ingin bertanya, berapa skor utbk yg di butuhkan untuk masuk ke dalam fakultas psikologi usu?

  9. Lilis

    Halo kak, saya lilis. saya tertarik banget nih menjadi mahasiswa psikologi, apalagi psikologi usu.
    Menurut kakak, bagaimana sih cara saya agar saya tahu sebenarnya saya cocok untuk kuliah di psikologi atau lebih baik ke jurusan lain??

    • nefosha

      Coba cari tau Psikologi itu tentang apa, misalnya apa yang dipelajari, bagaimana kuliahnya dll baru nanti kamu cocokkan ke diri kamu sendiri apakah sesuai apa gak.

  10. Nur agustin anwar

    Hay kak aku nur agustin anwar aku mau tanya nih kak apakah anak keagamaan bisa masuk ke jurusan psikologi di usu kak? Kalok bisa itu saya harus memilih soshum apa saintek kak?
    Mohon dijawab yah kak soalnya saya lagi bimbang nih(

    • nefosha

      Halo Nur iya bisa kok, beberapa teman seangkatan juga ada yang latar belakang sekolahnya itu tentang keagamaan. Nah kalau mau masuk Psikologi USU itu masuk ke soshum, berbeda dengan beberapa Psikologi di pulau Jawa yang masuk ke saintek.

  11. Dwi gea

    Kak saya sma di pesantren,
    Nah jdi saya pengen persiapan ikut sbmptn psikologi usu.
    Trus saya harus belajar lebih ke sosum atau saintek?

  12. tataa

    Halo kak aku tata, mau tanya nih kak. kalo orang yang public speaking nya kurang bagus bisa gak kak masuk jurusan psikologi?

  13. Sugiartati Maria Utami

    Hallo kak
    Mau nanyak nih kalau bahasa Inggris kita sangat kurang bagaimana kak? banyak maba yang bahasa Inggrisnya kurang atau rata” maba pada pinter bahasa Inggris

  14. Angel

    Hallo kk
    Mau nanya,apakah bahasa inggris sangat di perlukan dalam jurusan psikologi.
    Dan mau nanya apakah soal SBMPTN psikologi lumayan susah kk?

  15. Renita Sidauruk

    Kak aku dari jurusan IPA di SMA ,ingin lintas jurusan bisa nggk kak diterima di pisikologi USU?

  16. Qamarina

    Ka aku dari malaysia pen kuliah disana kira” tahun depan 2022 disni aku ambil jurusan ekonomi gada fizika/biologi . Bakal diterima ga ka trs kalo mo daftar lewat jalur apa ya ?

  17. Norva

    Saya mau bertanya kk,apakah jurusan fisikolog ini harus mengetahui bahasa Inggris??
    Soalnya saya lemah di plajaran b.inggris.

  18. Syafira Atiya Azhara

    hallo kak,selamat siang, saya Syafira Atiya Azhara kak izin bertanya kak,kira kira untuk masuk ke fakultas psikologi USU itu yang diambil dari nilai apa ya kak? terimakasih kak

  19. Adit

    Hallo kak, apa di jurusan psikologi bisa lintas jurusan kak? Soalnya saya ipa kak. Mohon bantuannya kak

  20. Lusi nurmala sari

    Hi kk, mau nanya nih,aku sekarang kelas 11 , dan rencananya setelah tamat SMA nanti mau lanjut ambil psikologi di usu. Tapi aku SMAnya jurusan IPA dan yg aku tau ternyata di USU itu psikologinya masuk rumpun soshum, apakah bisa jurusan ipa masuk psikologi di usu jalur snmptn/sbmptn kk ? Atau di usu hanya menerima yg jurusan ips ? Kalo bisa seberapa besar peluang jurusan ipa bisa masuk psikologi usu dari jalur snmptn/sbmptn kk ?

  21. Damaris Mutiara

    Halo kak saya Damaris mau bertanya kak, saya di SMA jurusan IPA saya minat bgt dgn jurusan psikologi apakah di usu memperoleh kan linjur kak? Dan bagaimana peluang keterima nya? Saya juga berpikir untuk linjur di SNMPTN apakah bisa kak? Mohon arahan nya, dan kalau boleh tau apakah sertifikat merupakan yg paling berpengaruh untuk lulus di Usu? Atau bnyk mana yg lulus USU tanpa sertifikat? Terimakasih kak mohon di jawab

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *